Ria: PHK Tak Bisa Dihindari

Ria: PHK Tak Bisa Dihindari
Rabu, 24 Desember 2008
BATAM CENTRE —Gejolak pemutusan hubungan kerja (PHK) massal sebanyak 100 ribu seperti yang digulirkan Ketua Apindo, Abidin Hasibuan tidak bisa dihindari lagi. Ini karena perusahaan tidak mampu lagi menanggung beban produktifitas yang semakin tinggi. Namun, tidak dibarengi dengan pemasukan yang sesuai. Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika mengatakan hal itu kepada wartawan usai mengikuti acara sosialisasi penetapan proses pengadaan barang dan jasa secara elektonik (e-procuremen) di Goodway Hotel, Selasa (23/12) kemarin.

Ria mengatakan, tanda-tanda akan terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) di Batam sudah terlihat. Tapi ini tidak selalu berkaitan dengan UMK, namun karena pendapatan perusahaan menurun akibat pengaruh negatif resesi keuangan yang terjadi di Amerika Serikat (AS).

Ria mengatakan dampak krisis global memang sangat dahsyat melanda pengusaha di Kepri, khususnya Batam yang berakibat banyaknya PHK dan tentunya terjadi pengangguran. Namun demikian pemerintah telah mengambil langkah-langkah salah satunya mempercepat konstruksi proyek-proyek Pemko yang bisa menyerap banyak tenaga kerja. Selain proyek,pemerintah juga akan menganggarkan dana bergulir lebih besar lagi kepada UKM, bekerjasama dengan bank dan memberikan pelatihan kewirausahaan agar masyarakat bisa bekerja secara mandiri.

Sekedar diketahui, Ketua Apindo, Abidin, dua hari lalu mengungkapkan, sekitar 100 ribu karyawan akan di PHK disejumlah perusahaan. Karena sudah tidak sanggup lagi untuk menanggung biaya operasional yang begitu besar. Untuk Sat Nusa Persada, sekitar 2 ribu karyawan yang akan di PHK pada 2009 mendatang.

Disamping akan terjadinya PHK besar-besaran di sejumlah perusahaan, pada tahun yang sama diperkirakan akan ada investor yang masuk di Batam belum mampu mengatasi permasalahan pengagguran yang terjadi di Batam, karena jumlah karyawan yang dibutuhkan investor baru lebih kecil dibanding tingkat pengangguran yang ada.(sm/23)

5 thoughts on “Ria: PHK Tak Bisa Dihindari

  1. Untuk Sat Nusa Persada, sekitar 2 ribu karyawan yang akan di PHK pada 2009 mendatang

    hah abidin mau me PHK karyawannya, jiah wong satnusa pada karyawan kontrak kok nggaya make kata kata PHK segala🙂
    ———😕
    Wassalam
    Ria

  2. back to ’98 crisis😦
    ————-
    Insya Allah Badai pasti berlalu…. memakai istilah Mas Dede.
    Be optimistic
    Wassalam
    Ria

  3. , yang datang yang menang dan Berjaya , Krisis dan krisis, jadi ingat teman di daerah jakarta timur yg kemarin sms, “(slama 3 bulan ini tidak ada orderan untuk penjualan komputer di tokonya)” dunia pekerja dan Usaha apalagi (UMKM) :(( sedih tapi ttp Tabah, dan Tenang , Badai pasti berlalu
    ———
    Itulah contoh orang yang sabar dan tetap optimis.
    Innallaha Maashabirin!
    Semoga Allah SWT. Allah berkenan merahmati dan meberkahi kita semua Amiiin.
    Wassalam
    Ria

  4. Wah, PHK besar-besaran neh. Pengangguran di Batam bakalan meningkat dan bisa di pastikan tingkat kriminal bakalan tinggi. Btw, proyek-proyek Pemko yang banyak menyerap tenaga kerja seperti apa ya🙂
    ———–
    Hi Ahmadi,
    Terimakasih atas comment nya.
    Pekerjaan pekerjaan konstruksi umumnya menyerap tenaga kerja lebih banyak, didalam APBD 2009 ini banyak dimasukkan pekerjaan2 konstruksi… Selain itu kami juga memprogramkan penyaluran dana bergulir bagi UKM.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. Pak Ria,

    Jika takdir Allah menetapkan anda tidak terpilih menjadi wali kota,terlempar dari partai politik, gak punya harta lagi,bahkan gak dianggap orang bahwa anda dulu seorang pejabat… jawablah dengan jujur ikhlas tulus dan dari hati nurani yang dalam sesuai dengan Al Qur’an dan As Sunnah, apa anda masih mau dan akan peduli pada masyarakat? Berjuang demi masyarakat? Apa menjadi wali kota merupakan niat yang tulus untuk mensejahterahkan ummat? Menerapkan keadilan meski keadilan itu kadang menyakitkan bagi sebagian orang? Atau anda hanya bagian dari lingkar orang2 yang haus kekuasaan, kedudukan dan harta?

    buat PKS!!!
    jadilah partai yang bener2 mengedepankan Ummat, jangan ikutan mencari pangkat kedudukan semata, massa jadi tumbal seperti kebanyakan partai yang ada. Rangkul semua elemen massa, terutama yg MUSLIN karna banyak dari massa yang tergiur pada UANG hingga menjual akidah dan agama tanpa mereka sadari…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s