25 Tahun Pemerintahan Kota Batam

Jumat, 26 Desember 2008
Tepat pada tanggal 24 Desember 2008, penyelenggaraan Pemerintahan Kota Batam, genap 25 tahun. Pada usia yang beranjak dewasa tersebut Kota Batam senantiasa berada pada garis terdepan sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional. Beberapa kebijakan umum yang menyangkut pelaksanaan tata kelola birokrasi pemerintahan yang baik telah dirancang, dan selanjutnya diterapkan berdasarkan visi Kota Batam, yakni terwujudnya Batam menuju bandar dunia yang madani dan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional.

Berawal dari sebutan sebagai Kota Madya Administratif Batam, Pemerintahan Kota Batam ketika itu hanya menjalankan tugas adminstrasi semata. Urusannya hanya mengurus KTP warga, tak lebih tak kurang.

Setelah 18 tahun berikutnya barulah Pemerintah Kota Batam sepenuhnya berstatus sebagai kota otonom. Pemerintahan yang bersandar kepada kekuatan diri sendiri. Sejalan dengan status yang disandangnya kini, Batam sebagai kota otonom bertanggungjawab penuh menyejahterakan kehidupan masyarakatnya kendati dalam kondisi kehidupan yang belum begitu mapan. Namun patut juga menjadi catatan, dalam soal kewenangan, Pemko Batam saat ini masih saja dibatasi tidak seperti daerah otonom lainnya.

Kendati masalah kewenangan atas tanah masih menjadi kendala sampai sekarang, Pemko Batam terus berbuat demi menyejahterakan rakyatnya. Kadang kala hal itu memang menyulitkan. Semisal dalam penyediaan lahan untuk membangun sebuah sekolah dasar.

Kemajuan yang diperoleh Kota Batam setelah 25 tahun penyelenggaraan Pemerintahan Kota Batam cukup luar biasa. Jika dibandingkan dengan kota lain di Indonesia yang seusia dengan dengan Kota Batam, maka pembangunan di kota ini sudah jauh lebih maju.

Kemajuan yang diraih Kota Batam saat ini tidak hanya dinyatakan oleh Walikota Drs H Ahmad Dahlan dan Wakil Walikota Batam Ir Ria Saptarika serta Ketua DPRD Kota Batam Dr H Soerya Respationo, SH MH.

Kemajuan Kota Batam yang senantiasa dinamis tersebut juga diakui mantan Walikota Batam Drs H Nyat Kadir dan mantan Ketua DPRD Kota Batam H Taba Iskandar SH MH.

Menurut Nyat kemajuan Kota Batam selama 25 tahun penyelenggaraan Pemerintahan Kota Batam sudah luar biasa pesat. Namun dalam mengukur keberhasilan itu jangan bandingkan Batam dengan Jakarta yang sudah berumur lebih dari 400 tahun atau Singapura yang sama luasnya dengan Batam. Sebab Singapura adalah sebuah negara yang kotanya juga sudah ada sejak tahun 1819.

Banyak keberhasilan yang sudah dicapai dan patut disyukuri seperti penghargaan Piala Adipura, penghargaan tata pemerintahan, penghargaan pelestarian kehutanan dan lain sebagainya.

Ketika Kota Batam telah banyak mendapat berbagai penghargaan juga patut diingat bahwa semua penghargaan itu hanyalah simbol. Yang paling penting dari penghargaan itu adalah aplikasi dan kondisi riil yang ada di masyarakat.

Sejauh ini, kendati Batam mendapat Adipura, penanganan sampah justru mengalami kemunduran. Sementara itu di saat Kota Batam mendapat penghargaan di bidang kehutanan, ternyata masih banyak persoalan kehutanan dan lahannya yang tak tertuntaskan.

Demikian juga dengan persoalan kesehatan dan pendidikan. Persoalan kekurangan lokal dan tidak tertampungnya siswa baru menjadi persoalan setiap tahun. Sementara di bidang kesehatan, wabah DBD merebak setiap tahun, namun belum tertangani secara maksimal. Selamat ulang tahun, semoga ke depan akan lebih baik. **

2 thoughts on “25 Tahun Pemerintahan Kota Batam

  1. maaf pak wawa ganggu dikit, ini keluar dari konteks ultah Kota Batam. ini saya mau laporan, hotspot di pasar tiban center listriknya mati tuh, udah di segel ama PLN karena gak bayar tagihan. mohon bantuannya .. ato disediakan kotak amal aja disana, siapa tau ada donatur yg mau bayarkan listrik
    ———
    Hi Mikail,
    Terimakasih atas laporannya, Insya Allah akan kita tindak lanjuti.
    Mertinya ini tidak terjadi.

    Wassalam
    Ria

  2. Assalammu’alaikum wrwb,
    Pak ria, kalau boleh tau berapa target untuk HOTSPOT daerah batu aji dari Pemko sendiri dan dimana aja titik lokasi.

    Terima kasih

    uzer
    ——–
    Hi Mas Uzer, Assalammu’alaikum wrwb.
    Rencana free hotspot kita di Batu Aji adalah satu titik di depan Makam Pahlawan, sekarang dalam proses perataan tanah lokasinya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s