Cek Status KTP di Internet

Jumat, 26 Desember 2008

Waki Wali Kota Batam Ria Saptarika berjanji, mulai Januari 2009, warga yang mengurus KTP, dapat mengecek sejauh mana proses pembuatan KTP-nya melalui internet. Pemerintah Kota (Pemko) Batam segera menyiapkan website yang dapat dikses warga yang membuat KTP.
Fasilitas ini diberikan seiring penarapan standar pelayanan minimal (SPM) pembuatan KTP, yaitu maksimal dua pekan. Dengan software SIAK yang digunakan saat ini, pemerintah dapat memantau berapa hari sebuah kecamatan menyelesaikan pembuatan satu KTP. “Jika melampaui dua pekan, akan ada semacam peringatan kepada camat,” kata Ria.
Masyarakat yang ingin mengecek sudah sampai dimana proses pembuatan KTP mereka, dapat memasukkan nomor pendaftaran pembuatan KTP dan mengklik fasilitas ‘cari’. Setelah itu, sebut Ria, pengakses dapat mengetahui KTP-nya sudah selesai atau masih dalam tahap entri. “Saat ini, fasilitas serupa ini bisa dicoba di http://humasbatam.com/siak Tapi nanti akan ada website resminya,” tukas Ria. ***

7 thoughts on “Cek Status KTP di Internet

  1. KtP lagi lagi Ktp, lagi lagi soal “jani soal kemudahan akses” benahi dulu “SDM yang bermental Tempe (PNS) gaji sudah naik 15 %, heey para PNS sadarlah anda-anda sekalian , bahwa kalian di gaji Oleh Rakyat !!!!
    ———-
    Ya Insya Allah, kedua duanya! walaupun tentu tidak bisa ces pleng kan!
    Wassalam
    Ria

  2. Kayaknya masih belum terhubung dengan database sesungguhnya, demo version tuch.
    Salut Pak.
    Mana ada pemda/pemko mbuat tools kayak gini.
    ———
    Ya Mas Younan anda benar! Namanya juga belum di launching… tunggu saja tanggal mainnya.
    Wassalam
    Ria

  3. Assalamu’alaikum Pak Ria,

    Wah sudah sekitar 2 bulan tidak mengunjungi blog Bapak saya ketinggalan cerita nich. Kemajuannya pesat sekali dalam pelayanan KTP SIAK bahkan sudah pakai barcode juga. Pengalaman Pemkot Surabaya KTP juga ber-barcode tapi setelah saya coba scan pakai Scanner Barcode nggak terbaca jadi barcode masih menjadi sekedar “Accessories”. Menurut pengamatan saya yang digunakan oleh Pemkot Surabaya u/ generate barcode adalah Font Barcode dan printernya pakai jenis Ink Jet Printer sehingga cetakan barcode tidak presisi. Semoga tidak demikian dengan Pemko Batam. Trus u/ pelayanan OnLine, Pemkot Denpasar menyediakan layanan perpanjangan KTP OnLine lewat email disertai Attach image foto yg sesuai ketentuan dan setelah jadi KTP diantar ke alamat pemohon dan pemohon membayar biaya KTP, tentunya lebih mahal dari pengurusan biasa. Jadi dimanapun pemohon berada, selama ada akses internet, bisa melakukan perpanjangan KTP asalkan pemohon sudah terdata di Data Base. Saya yakin Pemko Batam bisa lebih maju lagi dalam pelayanan dengan Digital Teknologi yang dimiliki. Maju terus Pemko Batam.

    Wassalamu’alaikum🙂
    ———
    Hi Mas Fajar, Assalammu ‘alaikum wrwb.
    Terimakasih atas masukan dan study banding nya menarik sekali dan apa yg mungkin akan kami coba terapkan, BTW: Mengenai barcode kami vs Surabaya, ada sedikit perbedaannya, kami masih menggunakan Ink Jet, tapi space antar bar dan tinggi bar nya kami buat cukup memadai untuk antisipasi bila terjadi sedikit luberan hasil print Ink Jet tsb sehingga tidak sampai menggangu pembacaan barcode scanner.

    Kami sudah cobakan dengan beberapa printer yg kuran baik dan bahkan dengan dot matrix dan kesimpulannya, masih bisa terbaca dengan baik dengan Barcode Scanner.

    Seperti Bali, wah menarik tuh!

    Senang sekali atas masukkannya & Wassalam
    Ria

  4. Assalamu’alaikum Pak Ria
    Semoga bapak dan keluarga senantiasa sehat dalam lindungan Nya.
    Ada pertanyaan sedikit Pak, Saudara saya KTP siaknya hilang dan belum ada fotokopinya. Pada saat mengurus ulang tidak bisa karena datanya sudah ada database di Kecamatan. Bagaimana prosedur untuk mendapatkan KTP Siak lagi.Yang ada cuma fotokopi KTP kuning yang expired.
    Mohon penjelasannya Pak. Terimakasih.

    Wassalam
    ———
    Hi Anwar, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas do’a nya semoga Allah juga mengabulan do’a ini untuk anda!
    Mengenai KTP SIAK saudara Anda, Insya Allah bisa dan tidak ada masalah.
    Cuma anda tetap harus mendapatkan bukti hilang tersebut, gunanya adalah justru untuk mengamankan saudara anda sendiri, contohnya, bila penemu KTP tersebut menyalahgunkannya, saudara anda sudah putus dari jerat hukum tsb, karena telah melaporklannya kepada pihak berwajib.

    Silahkan diurus sgr, kalau ada masalah anda bisa meng-email saya.
    Wassalam
    Ria

  5. Dear pak Wawako,

    Salut buat Bapak atas kreatifitasnya memberikan kemudahan kepada warga untuk proses pengecekan KTP melalui internet.
    Namun kalau boleh, saya minta penjelasannya mengenai cara
    pengecekannya. Nomor yang harus dimasukkan itu, nmr yang mana………….?
    yang dikeluarkan oleh Kelurahan, Disduk, Atau kecamatan….?
    Terimakasih,

    Wassalam.
    ——–
    Hi Mas Sultan,
    TErimakasih atas perhatian dan apresiasinya.
    Walaupun hal ini sudah berjalan untuk percontohan di Kec.Lubuk Baja tapi sesungguhnya program ini baru akan diluncurkan kira tgl.18 Januari 2009 jadi sementara ini belum dapat dicek untuk kecamatan lain, hanya Lubuk Baja saja.

    Sedangkan cara pengecekannya, cukup memasukkan no.registrasi/Resi permohonan KTP atau KK yg anda miliki dari kantor kecamatan nomor tsb merupakan nomor seri 9 digit dan dilengkapi barcode nya!

    Demikian semoga bermanfaat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  6. Apa kabar Pak Ria? Smg Allah selalu memberkahi kita semua. Amin

    Kalau yang saya sampaikan ini salah sambung, maaf sebelumnya.

    Pak, tiap saya ke kantor kelurahan Baloi Permai Batam Kota, kok tidak dilayani dengan baik ya? (maksudnya, petugasnya melayani tapi ga ramah, kurang cooperatif, kadang kesannya cuek, gt lho). Pernah saya mau bikin KTP, udah bilang permisi Bu…eh, mrk cm ya….gt aja. Sambil terusin baca tabloid nova. Kira2 5 menit baru dia nanya, urus apa Bu?

    Kalau dibandingkan dengan karyawan di Bank BCA atau Mandiri….jauuuuh…!Security nya aja lebih care, ramah. Kpn majunya PNS yg melayani rakyat kl mental nya spt ini trs ya Pak?

    Wassallam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s