Pemko Terapkan Lelang Proyek Online

Jumat, 26 Desember 2008
BATAM CENTRE – Pemerintah Kota (Pemko) Batam segera menerapkan sistem lelang proyek secara online. Tahapan menuju lelang proyek terus digesa dan rencananya Maret 2009, program tersebut diluncurkan. Berdasarkan hasil rapat koordinasi unsur pimpinan dengan Kepala Tata Usaha,Kepala Bidang Program pada masing-masing satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) termasuk camat di lingkungan Pemko Batam, pada Selasa (23/12), Wakil Walikota Batam, Ir Ria Saptarika menyebutkan kegiatan lelang bersifat online tersebut segera diterapkan.

Bahkan, Ria mengaku dia dan Walikota, telah mengeluarkan regulasi setingkat Peraturan Walikota (Perwako) yang mengatur secara teknis acuan lelang dan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Tim Unit Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Batam, yang ditunjuk sebagai fasilitator dan pengelola pelelangan secara online. Penanggungjawab tim tersebut ditetapkan Sekretaris Daerah Kota Batam.

Sementara tugas tim LPSE yang ditunjuk meliputi, pengoperasian sistem pelayanan pengadaan barang/jasa secara elektronik, melakukan registrasi dan verifikasi penyedia barang dan jasa untuk memastikan penyedia barang/jasa memenuhi persyaratan yang berlaku. Selain itu melakukan pelatihan/training kepada panitia lelang dan penyedia barang/jasa untuk menguasai aplikasi sistem pelelangan secara online dan sebagai help desk, menyediakan layanan sistem penyedia barang/jasa yang memerlukan panduan bagi pemakai untuk mengikuti tahapan lelang online.

Ria mengatakan penerapan sistem lelang online Pemko Batam dibimbing sepenuhnya oleh tim LPSE Bappenas. Sementara di Batam, pengelolaan program ini dipercayakan kepada tim LPSE Kota Batam, yang diangkat sesuai SK Walikota. Sedangkan keanggotaannya di level pelaksana terdiri dari Asisten Ekbang, Syamsul Bahrum dan Kepala Bagian (Kabag) Bina Program Setda Kota Batam, Ismeth Djohar. Tim pelaksana kemudian diperkuat sedikitnya oleh 20 orang anggota tim administrasi teknis, yang terdiri dari trainer, administrator, help desk, dan tim verifikator berkas. Mereka adalah pegawai pemko Batam yang selama ini bertugas di Bagian Bina Program Setda Kota Batam, Bagian Hukum, Bagian Asset/Perlengkapan,Badan Kominfo, Bagian Umum, Tata Pemerintahan, Ortal, Keuangan dan Bagian Perekonomian.

” Mereka sudah ikut program ToT (Trainer of Trainer di LPSE Bappenas. Ruang kerja tim LPSE Kota Batam telah dipersiapkan, bersebelahan dengan ruangan bagian aset di lantai 1 (satu),” sebut Ria .

Penerapan sistem lelang proyek secara online Pemko Batam merupakan bagian yang tak terpisahkan dari visi misi Walikota/Wakil Walikota yang kemudian dituangkan dalam RPJMD Pemerintah Daerah. Oleh karenanya, wajar bila kemudian, keduanya pada pertemuan Selasa (23/12) menuntut komitmen tim LPSE dan para Kepala SKPD Pemko Batam, untuk mendukung pelaksanaan program ini seratus persen.

“Kalau saya dan pak Wali, anda jangan ragu,” tegas Ria

Sebenarnya, penerapan sistem online ini menguntungkan semua pihak. Pejabat daerah selaku aparat birokrasi yang selalu diintai lembaga pengawas, tak perlu risau menanggapi ulah kontraktor, karena melalui sistem ini, peserta lelang akan terseleksi secara elegan. Apalagi, sistem ini membatasi secara langsung tatap muka pejabat dengan peserta. Terjadi pun, hanya ketika pemenang lelang sudah diketahui.

Tahap awal penerapan sistem lelang online ini untuk tahap awal dilakukan di Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Tata Kota. “Pak Hari Rukamto adalah pejabat paling bersemangat atas penerapan program ini. Yang lain, silahkan susul karena program ini masih lama diterapkan yaitu pada Maret 2009 ,” ujar Ria.(sm/r/ik)

4 thoughts on “Pemko Terapkan Lelang Proyek Online

  1. Boleh tidak saya mengetahui di web/situs mana akan di adakan nya lelang online tersebut,..??

    saya tunggu jawaban anda dari e-mail atau pun dari http://www.riasaptarika.web.id
    —–
    Hi Febrin,
    Senang sekali karena anda sangat tertarik dengan e-proc Pemko Batam, saat ini kami belum menyiapkan website tersebut tapi dalam sosialisasi dan percobaan kami telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepri, dan karena nantinya kami sama2 menggunakan sistem yg sama yakni yg di keluarkan oleh Bapenas atau LKPP pusat maka anda dapa mencoba dan melihat lihat website e-prov Provinsi Kepri di http://www.kepriprov.net/eproc/app

    Demikian harap maklum.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. salam sukses, mdah2an dgn program lelang baru ini bisa memberi kesempatan untuk para pelaku usaha kecil maupun menangah dgn persaiangan yang sehat.
    sukses slalu pemko batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s