Ria: Saya Minta Kejelasan BKD

Written by anto
Sabtu, 27 Desember 2008

Ria: Saya Minta Kejelasan BKDBATAM, TRIBUN – Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika berulang kali mengecek daftar nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus administrasi dan lulus tes tertulis. Untuk meyakinkan 14 nama yang bermasalah dinyatakan lulus tes tertulis, dengan teliti Ria mengeceknya.

Bahkan sampai tiga kali Ria membuka daftar nama CPNS yang dibawa Tribun baik itu yang lulus administrasi dan lulus tes tertulis, di Masjid Baitul Rahman, Sekupang, Jumat (26/12).

Setelah meyakini 14 nama yang dinyatakan lulus tes tertulis tidak tercantum namanya di daftar CPNS lulus administrasi, Ria mengatakan akan meminta penjelasan kepada Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Batam, Husnul Hafil, kenapa bisa terjadi seperti ini.

Padahal, BKD sebelumnya telah menjelaskan bahwa jika ada persyaratan administrasi sedikitpun cacat maka akan ditolak dan tidak berhak ikut tes selanjutnya.

Alasan BKD ini agar jangan sampai CPNS yang dinyatakan lolos tes tertulis dalam proses Nomor Induk Pegawai (NIP) tiba-tiba ditolak oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Jakarta, karena administrasinya dinyatakan cacat.

“Nah sebenarnya BKD telah meyakinkan saya, bahwa sebelumnya mereka telah menjaga hal-hal yang akan ditolak oleh BKN jika cacat administrasi. Jadi dalam penerimaan CPNS ini tidak ada yang ditoleransi, karena kita takut proses NIP-nya ditolak oleh BKN,” ujar Ria.

Namun dengan kejadian ini, dari 14 nama yang tidak ikut tes tertulis namun dinyatakan lolos, bisa dilihat dari nomor pesertanya. Karena 14 nama ini nomor pesertanya adalah angka-angka besar jika dibandingkan nomor peserta CPNS yang lain.

“Tentu saya akan minta penjelasan mengapa ini terjadi kepada BKD. Tadi saya sudah minta kepala BKD untuk menghubungi saya melalui ajudan saya. Karena saya tidak mengetahui nomor mana yang bisa dihubungi.

Kalau dicari oleh ajudan saya, berarti beliau nantinya bisa menghubungi saya,” harap Ria.

Jika 14 nama tersebut merupakan nama-nama cadangan dalam CPNS ini, seharusnya transparan dan juga diumumkan. Ria mengatakan, alasan nama cadangan yang dimunculkan tidak ada di mekanisme dan administrasi seleksi CPNS. Kecuali peserta CPNS lulus administrasi dan lulus tes tertulis, dalam pengumumannya ada peserta cadangan lulus.

“Ya seperti peserta yang lulus tes tertulis itu ada yang wafat, atau pindah ke daerah lain dan tidak inggin melanjutkan maka cadangan tadi bisa menggantikannya sesuai dengan rangkingnya,” sebut Ria.

Soal sanksi jika terbukti ada penyelewengan dalam penerimaan CPNS oleh BKD, Ria mengaku belum bisa menentukan tindakan apa yang harus diambil. Dia masih menunggu penjelasan dari BKD atau pembahasan secara internal. (bur)

Leave a Reply

