Ria Telusuri 14 CPNS Siluman

Sabtu, 27 Desember 2008
BATAM-Perihal munculnya 14 nama pelamar tes CPNS yang sebelumnya tak lulus seleksi administrasi pada pengumuman kelulusan tes CPNS Pemko Batam membuat heboh. Wakil Walikota Batam Ria Saptarika berjanji menelusuri masalah itu dan secepatnya akan memanggil Kepala BKD Kota Batam Husnul Hafil. Sebanyak 14 pelamar CPNS yang lulus secara tiba-tiba itu tersebar pada formasi guru sekolah dasar (SD), guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Nama-nama formasi guru SD kelas adalah Mu dengan nomor 610001946, HH dengan nomor 610001960, MN dengan nomor 610001944, DW dengan nomor 610001953. Formasi guru Fisika SMP kelas yakni IL dengan nomor 610001961 dan RI dengan nomor 610001948.

Nama-nama formasi guru Biologi SMP kelas HM dengan nomor 610001943. Formasi guru Bahasa Indonesia SMP Kelas EA dengan nomor 610001939. Formasi guru Bahasa Inggris SMP Kelas RY dengan nomor 610001954 dan EFN dengan nomor 610001955. Formasi guru Ekonomi/Akutansi SMP Kelas RS dengan nomor 610001956.

Sedangkan nama-nama formasi guru SMA dan SMK kelas, seperti formasi guru Bahasa Indonesia SMA kelas LM dengan nomor 610001941. Formasi guru IPS SMK Su dengan nomor 610001959 dan formasi guru Manajemen SMK RY dengan nomor 610001950.

“Saya akan segera melakukan pemanggilan terhadap Kepala BKD (Badan Kepegawaian dan Diklat-red) terkait atas rumor ini,” kata Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika di Masjid Baiturrahman usai melaksanakan shalat Jumat, (26/12).

Menurutnya, tindakan seperti itu sangatlah salah. Sebab secara tidak langsung telah membodohi masyarakat. Tak hanya itu, Ria menambahkan kelulusan ini juga termasuk cacat atau tidak sah. Sebab yang namanya tidak lulus administrasi, tentunya tidak bisa mengikuti ujian.

Ditanya kapan kepastian Ria akan memanggil panitia verifikasi penerimaan CPNS di lingkungan Pemko Batam dan sekaligus Kepala BKD Kota Batam, Ria tidak bisa memastikan kapan waktunya, akan tetapi ia mengisyaratkan secepatnya.

“Untuk waktunya saya belum bisa menentukan, sebab sekarang masih momen liburan. Namun akan saya usahakan secepatnya, agar permasalahan ini bisa cepat terselesaikan,” tutur Ria.

Meskipun Ria terlihat terbuka saat menjawab pertanyaan beberapa wartawan yang hadir pada saat itu, akan tetapi sikap ingin menghindar atau menjawab pertanyaan wartawan seadanya tetap terlihat. Bahkan saat disinggung jika benar hal ini terbukti bersalah, apakah tindakan yang akan diberikan oleh Pemko Batam sendiri, Ria terkesan bungkam dan langsung mengalihkan pembicaraan.

Sementara itu salah seorang sumber di lingkungan Pemko Batam yang meminta namanya tidak dimuat di koran mengatakan bahwa 14 peserta seleksi CPNS itu sebenarnya lulus murni.

Nama mereka memang tidak tertera di dalam pengumuman peserta tes CPNS yang lulus seleksi administrasi, karena panitia bekerja sangat kasip dan tidak sempat memasukan semua nama pendaftar yang lulus seleksi administrasi saat pengumaman di media massa.

Namun demikian ia sedikit menyayangkan kenapa panitia tidak mengumumkan kembali nama-nama peserta yang lulus seleksi administrasi tersebut, pasca pengumuman secara massal.

“Akibat dari keteledoran sedikit, akibatnya luar biasa. Padahal setahu saya mereka semua lulus murni. Saya melihat tidak ada kaitan antara yang lulus dengan yang meluluskan. Namun persepsi orang akibat keteledoran ini, kan jadi macam-macam dan itu sah-sah saja,” kata sumber tersebut.

Secara terpisah, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Kepri, Idris Zaini juga menyorot proses penerimaan CPNS yang tidak transparan. Ketidaktransparanan itu menurutnya menimbulkan kecurigaan dan berbagai prasangka di masyarakat.

Ia juga melihat masih terdapat referensi pihak-pihak atau pejabat terkait di dalam meluluskan pelamar CPNS tertentu di berbagai daerah terutama pada penerimaan CPNS di jajaran Pemerintah Provinsi Kepri. Ia juga mengusulkan agar kesempatan luas diberikan kepada anak daerah dengan tetap mengacu kepada ketentuan yang berlaku.(sm/hd/ye)

One thought on “Ria Telusuri 14 CPNS Siluman

  1. Assalammu’alaikum wrwb,
    Maàf silap Pak…………….. BKD juga manusia
    Semoga komentar aku salah adanya………….
    Manusia Berbulu serigala kali ya judulnya biar agak keren, apa tidak terbesit di benak otaknya perilaku yang kotor dan keji itu, seandaiya masuk atau di terima pegawai negeri, apa jadinya anak dan keluarganya. makananya telah di racuni oleh Bapak/Ibunya sendiri dengan Nafkah yang Haram Kali ya Pak Ustad……………. naùdzu billah min dzaaliq

    wassalam

    uzer
    ———
    Hi Mas Uzer, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas nasihat dan tausiah nya semoga ini menjadi pengingat bagi kita semua.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s