Bahayakan Penumpang Pancung

Written by anto
Senin, 29 Desember 2008
13 Tiang Penyangga Pelabuhan Putus
Perbaikan Masih Tunggu Dana

Bahayakan Penumpang Pancung

Bahayakan Penumpang Pancung

BATAM, TRIBUN-Atas pelabuhan pancung, Sekupang, terancam roboh. Sebanyak 13 tiang penyangga atap, putus.

Kondisi ini membahayakan para penumpang yang naik turun. Tiang yang putus tersebut sebagai penyangga atap dan pagar pelabuhan pancung. Sementara sampai saat ini belum ada respon dari permerintah untuk memperbaikinya.

Pantauan Tribun, Minggu (28/12), tiang penyangga atap dan pagar yang terbuat dari besi putus karena dimakan usia dan karatan. Sehingga tiang itu putus dengan sendirinya, akibatnya atap pelabuhan pancung terancam roboh.

Ketua Persatuan Pengemudi Motor Sangkut (PPMS), Rusman Ali mengatakan, masalah ini sudah disampaikan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam. Namun untuk memperbaikinya, Dishub masih menunggu Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2009.

“Kita akan menggunakan alternatif lain agar atap pelabuhan pancung ini tidak roboh. Caranya kita menggunakan kayu sebagai tiang penyangga atap dan pagar sementara. Kalau kita menunggu perbaikan dari Dishub yang perbaikannya dilakukan pada Juni 2009 mendatang, maka atap pelabuhan sudah roboh semuannya,” ujar Rusman.

Bukan hanya tiang penyangga perbaikannya menunggu anggaran 2009, atap ponton juga sama. Karena menurut Rusman saat Dishub memperbaiki ponton yang tenggelam menggunakan dana darurat, untuk itu atapnya belum dibuat.

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengakui perbaikan ponton pelabuhan pancung baik itu di Belakangpadang maupun Sekupang beberapa waktu lalu menggunakan dana darurat. Dan untuk memperbaiki tiang penyangga yang putus ini, pihaknya belum memastikan apakah diambil biaya darurat atau menunggu APBD 2009 mendatang.

“Seharusnya dianggarkan biaya perawatan rutin. Agar perawatan pelabuhan terus terjaga. Bahkan pada saat yang lalu perbaikan ponton pelabuhan pancung baik itu di Sekupang maupun Belakangpadang kita gunakan dana darurat. Untuk kedepannya kita harapkan biaya maintence dimasukkan dalam APBD, sehingga pelabuhan segala kerusakan dipelabuhan bisa secepatnya diperbaiki,” ujar Ria.(bur)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s