Lulus setelah Tunjukkan Dokumen Asli

Written by anto
Senin, 29 Desember 2008
Heboh Kelulusan CPNS Batam

BATAM, TRIBUN-Ribut-ribut kelulusan tes calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) Kota Batam terus bergulir. Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengatakan, nama-nama tersebut dinyatakan lulus setelah melakukan verifikasi tiga hari setelah pengumuman kelulusan administrasi.

Ada 14 nama yang tidak tercantum dalam kelulusan yang diumumkan di media. Namun belakangan mereka dinyatakan lulus ujian tertulis.

Dalam masa verifikasi, Ria mengatakan, baik yang lulus maupun yang tidak lulus sebenarnya diperkenankan untuk menunjukan dokumen asli karena ini sudah termasuk dalam mekanisme proses penerimaan CPNS.

“Dengan mekanisme ini bagi yang tidak lulus mempunyai semangat untuk menanyakan langsung dan memperjuangkan nasibnya, kenapa dirinya tidak lulus,” ujar Ria di Hotel Vista, Sabtu (27/12) malam.

Untuk itu setelah dilakukan verifikasi ternyata yang tidak lulus malah lulus dilihat dari kelengkapan persyaratan yang ditunjukkan bersangkutan.

“Makanya dari 14 nama CPNS yang sebelumnya dipermasalahkan ternyata lulus administrasi dan lulus tes tertulis setelah masing-masing dilakukan verifikasi,” ujarnya.

Ria mengakui, Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) tidak mengumukannya hasil verifikasi pasca pengumuman. “Seharusnya tidak terjadi seperti ini dan masalah ini menjadi pelajaran bagi BKD sendiri agar tidak terulang,” ujar Ria.

Disinggung apakah 14 nama CPNS bermasalah ini mengikut tes tertulis, Ria mengatakan mustahil jika 14 orang ini lulus tidak mengikuti ujian. Jika ada bukti bahwa 14 CPNS ini tidak mengikuti tes tertulis Ria mengaku tidak segan-segan untuk memeriksa atau mencari kejelasan itu.
Ria menambahkan penjelasan tetang 14 CPNS yang sebelumnya dicurigai kelulusannya disampaikan langsung oleh Asisten II Sekdako Batam Maaz Ismail. “Memang baru lisan penjelasan disampaikan kepada saya. Laporan tertulis akan disampaikan saat kembali bekerja,” ucap Ria.(bur)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s