Tiang Pelabuhan Pancung Roboh

Senin, 29 Desember 2008

BATAM (BP) – Kondisi tiang penyangga dermaga pelabuhan pancung ke Belakangpadang di Sekupang memprihantikan. 13 tiang sudah roboh, hampir putus dan sisanya keropos karena berkarat. Satu atap sudah lepas.
Banyaknya tiang penyangga dermaga yang lapuk membahayakan. Pasalnya, selain menyangga atap, tiang dan pagar dermaga itu juga berfungsi untuk pengaman. Tanpa ada pagar dan tiang, anak-anak mudah jatuh ke laut. Tiang dan pagar itu juga bisa digunakan untuk bersantai sebelum naik ke pancung.
Ketua Pesatuan Pengemudi Motor Sangkut (PPMS) Belakangpadang, Rusman Ali mengatakan, kondisi tiang penyangga yang memprihatinkan terjadi sudah lama. Namun, kondisi paling parah mulai terlihat sejak tiga bulan lalu. “Lihat sendiri banyak tiang yang copot. Sudah keropos semua karena dimakan usia,” kata Rusman di Belakangpadang, Ahad (28/12) kemarin.
Pihaknya telah melaporkan permasalahan ini ke Dinas Perhubungan Kota Batam. Namun, pihak Dishub Batam menjanjikan tiang dan pagar akan direhab menunggu anggaran APBD Batam 2009 cair. “Janjinya sekitar bulan Juni nanti mau diperbaiki. Tapi waktunya kan masih lama. Bisa-bisa semua tiang sudah roboh semua sebelum direhab,” ujarnya.
PPMS, katanya berencana mengambil inisiatif menganti tiang yang roboh dengan kayu untuk sementara. Begitu juga tiang penyangga yang keropos ikut juga diganti. “Selama ini belum pernah direbah. Cuma dicat saja,” katanya.
Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika menyebutkan, fungsi dermaga pelabuhan pancung Belakangpadang itu sangat vital. Kondisi yang rusak, katanya harus diperbaiki. “Beberapa waktu lalu pontonnya yang rusak, tapi sudah diperbaiki. Soal tiang ini nanti dikoordinasikan dulu dengan Dishub,” kata Ria, kemarin. (dea)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s