Kepala BKD Ngaku Salah

Kepala BKD Ngaku Salah
Selasa, 30 Desember 2008

* Kasus 14 CPNS Siluman Pemko Batam

BATAM- Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam mengakui adanya kesalahan teknis dalam seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemko Batam tahun 2008. Sebanyak 14 nama yang lulus tes CPNS, diklarifikasi BKD telah lulus seleksi administarsi, namun memang tak disertakan dalam pengumuman di media massa. Hal itu dijelaskan Kepala BKD Kota Batam Husnul Hafil yang didampingi Makmur, Ketua Pos Pengaduan dan Penanggulangan Masalah CPNS Pemko Batam, Senin (29/12).

“Memang 14 nama luput dari pengumuman seleksi administrasi CPNS. Tapi mereka memang lulus seleksi administrasi. Kan tak mungkin diumumkan kembali di media masa seperti pengumuman sebelumnya sebanyak 4.353 orang. Kalau kita umumkan, jadinya berkali-kali mengumumkannya,” kata Husnul.

Menurutnya, dari 14 nama yang luput diumumkan merupakan berkas dari 35 pengaduan yang masuk. Dikatakan, saat peneriman CPNS, panitia membuat pos pengaduan dan pengendalian keberatan pelamar. Hasilnya, pertama pelamar lulus administrasi dan kemudian dinyatakan gugur sebanyak 4 orang karena tidak menunjukkan kesesuaian dokumen yang dipersyaratkan.

Kedua, yang tidak lulus administrasi kemudian dinyatakan lulus administrasi sebanyak 35 orang karena pelamar dapat menunjukkan kesesuaian dokumen yang sebelumnya diragukan serta akibat human error, yakni kesalahan petugas saat entry data.

Ketiga, perbaikan dan kesesuaian formasi sebanyak 10 orang akibat kelalaian petugas dalam proses entry data. Misalnya pendidikan pelamar S1 informatika, diumumkan D3 informatika. Atau formasi jabatan yang dilamar sebelumnya, diumumkan guru fisika SMA seharusnya guru fisika SMK.

“Dengan demikian pelamar yang dinyatakan lulus memenuhi pesyaratan untuk mengikuti ujian tertulis menjadi 4.353 orang,” katanya.

Husnul menegaskan 14 CPNS yang dicurigai itu, benar-benar lulus seleksi administrasi. Disebutkan, sebelumnya 35 pelamar tidak lulus administrasi. Namun, setelah pada batas akhir, dapat menunjukkan kesesuain dokumen.

“Ternyata, dari 35 itulah ke-14 nama CPNS yang lulus, meskipun tak masuk dalam pengumuman lulus administrasi,” ujarnya.

Disinggung apakah ke-14 nama CPNS itu bisa dibuktikan benar-benar mengikuti ujian, Husnul menjelaskan bahwa BKD memiliki data seperti kartu tanda peserta ujian (KPTU) absen ganda yang diterbitkan BKD dan absen dalam lembar jawaban atau soal.
“Jadi, kita dapat buktikan dari lembar soal yang kita sobekkan itu sudah ada absen,” katanya tegas.

Ia malah menegaskan, BKD tak mungkin melakukan cara licik dengan meluluskan orang yang tidak ikut ujian. “Kalau memang mau, bisa saja dua formasi dari 493 kuota dipermainkan. Karena ternyata hanya 491 yang diumumkan. Jadi, jelas ada dua formasi kosong,” ujarnya menyakinkan.

Sebelumnya Ketua Fraksi PDIP Kota Batam Sahat Sianturi sangat menyesalkan kesalahan fatal yang dilakukan BKD Pemko Batam. Menurut Sahat, kesalahan itu telah menimbulkan kecurigaan dan berbagai prasangka negatif lainnya terhadap proses penerimaan CPNS di lingkungan Pemko Batam. Sehubungan dengan itu, Sahat meminta kepada Walikota dan Wakil Walikota Batam memberikan sanksi tegas kepada kepala BKD Husnul Hafil.

Wakil Walikota Ria Saptarika juga langsung bertindak setelah mengetahui adanya 14 CPNS yang diumumkan lulus tes CPNS Pemko Batam, sementara nama yang bersangkutan tidak ada pada pengumuman peserta lulus seleksi administrasi. Ria langsung menghubungi Kepala BKD Husnul Hafil dan jajaran BKD lainnya, meskipun semuanya tengah menikmati suasana libur.

Kasus yang terkesan aneh ini juga mendapat perhatian khusus dari anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Kepri Idris Zaini. Ia menilai proses penerimaan CPNS belum lagi transparan dan belum belum lagi berjalan maksimal sebagaimana yang diharapkan. (sm/ik)

Advertisements

4 thoughts on “Kepala BKD Ngaku Salah

  1. Selamat ya Pak, akhirnya pencabutan PP63/2003 diteken Presiden di penghujung tahun 2008. Selamat tahun baru 2009.
    ———
    Hi BM, Thanks atas supportnya, semoga ini akan makin mensejahterakan Rakyat Batam dan Indonesia umumnya.
    Wassalam
    Ria

  2. Iya pak..sampai sekarang proses seleksi penerimaan CPNS Pemko Batam tidak memuaskan, semua yang lulus rata rata titipan.. harusnya tes penerimaan CPNS ini jangan hanya cukup dengan Lulus tes tertulis saja, tetapi harus ikut tes yang lain lain, misalnya untuk Guru.. walaupun dia pinter, belum tentu dia bisa mengajar bukan?..

  3. ya..pak semoga cpns tahun ini jd smakin transparan , agar kmi para pelamar tau bagaimana rule yg terjdi selama proses cpns baik dr segi administratif sampe nilai, permasalahan utama kami tidak mengetahui standar nilai agar dpt diterima sbg pns di pemko batam soalnya dr tahun ke tahun blom ada share nilai ke media tau2 kami sudah dinyatakan gugur tanpa mellihat hasil kami…semoga menjadi bahan pertmbangan terima kasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s