Seluruh Indonesia Kecam Israel

Written by anto
Sabtu, 03 Januari 2009
Jumat Hari Kemarahan pada Zionis
Sudah 421 Tewas, 2.220 Terluka

Seluruh Indonesia Kecam Israel Seluruh Indonesia Kecam Israel JAKARTA,

TRIBUN – Unjuk rasa besar-besaran mengutuk serangan brutal tentara Israel ke wilayah jalur Gaza, Palestina berlangsung serentak di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Banda Aceh sampai Ternate, Maluku, Jumat (2/1). Demo dengan jumlah massa terbanyak dilakukan simpatisan PKS di Jakarta yang diklaim mencapai 200 ribu orang.

Massa PKS memulai demo usai salat Jumat sekitar di Bundaran Hotel Indonesia selanjutnya menuju Kedubes Amerika Serikat di Jalan Merdeka Selatan. Namun, tak satupun perwakilan massa yang diperkenankan menemui perwakilan negara adi daya itu. Ratusan aparat keamanan malah makin memperketat penjagaan di sekitar kantor Kedubes AS yang tak jauh dari rumah dinas Wakil Presiden Jusuf Kalla itu.

Menurut koordinator aksi, Tubagus Arif,selain diisi penyampaian aspirasi berupa kecaman atas serangan Israel di jalur Gaza, juga dilakukan pengumpulan sumbangan bagi warga Palestina melalui program “One Man, One Dollar Save Palestina”. “Dana hasil penggalangan rencananya akan diserahkan kepada rakyat Palestina melalui Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) dengan target Rp2 miliar,” kata Arif.

Unjuk rasa serupa juga berlangsung di Medan, Batam, Palembang, Bandarlampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Kudus, Solo, Bojonegoro, Jember, Pontianak, Palu, Ternate, Denpasar, dan kota lainnya. Selain Kantor Kedubes AS di Jakarta, kantor Konsulat Jendral AS di beberapa kota juga menjadi sasaran demo.

Sementara itu, Israel menghalangi lebih dari 50 pemuda yang akan memasuki Masjid di Yerusalem untuk salat Jumat. Selain itu juga menutup pintu masuk perbatasan Tepi Barat untuk mencegah masuknya para demonstran Palestina menentang serangan Israel ke Gaza.

Pemboman Israel ke wilayah Gaza memasuki hari ketujuh, Jumat kemarin setelah Kamis malam (1/1) menyerang sebuah masjid, markas militer Hamas dan sasaran lainnya. Sumber medis Palestina mengatakan sedikitnya 421 orang telah tewas di Gaza sejak Israel mulai melakukan serangan udara Sabtu, dan 2.220 orang telah terluka.

Meskipun pemimpin Hamas menyerukan Jumat sebagai “Hari Kemarahan” terhadap Israel, hanya beberapa demonstran kemarin melancarkan serangan ala Intifada dengan melemparkan batu ke arah polisi usai salat Jumat di masjid Al Aqsa di kota tua Yerusalem.

Ribuan polisi Israel berpatroli di jalan-jalan kota tua dan timur Yerusalem. Hanya 50 orang Palestina yang diperbolehkan oleh polisi Israel masuk ke Masjid melaksanakan salat Jumat. Tidak ada batasan yang diterapkan pada perempuan.

Kekhawatiran atas kemungkinan balasan terhadap Israel, memaksa petugas keamanan Israel menutup semua pintu masuk dari Tepi Barat hingga Sabtu malam (3/1) ini.

Jumat kemarin Pejuang Hamas memang minta warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan di Jerusalem Timur yang dicaplok Israel untuk menandai “hari kemarahan” Jumat dengan berdemonstrasi terhadap agresi Israel di Jalur Gaza.

Gerakan Islam itu minta di situs Internetnya “demonstrasi besar-besaran” setelah salat Jumat, mulai dari kompleks Masjid Al-Aqsa di Jerusalem dan dari “semua masjid di Tepi Barat”.

“Jadikan Jumat hari solidaritas dengan rakyat kita di Gaza dan hari kemarahan terhadap pendudukan Zionis dan penghuninya,” pemimpin kata Hamas, yang memerintah Gaza sejak mengusir pasukan yang setia pada presiden Palestina Mahmud Abbas Juni tahun lalu.

Beberapa ibu pingsan
Aksi ratusan ribu massa PKS yang mengikutsertakan para ibu-ibu dan anak-anak di Jakarta kemarin sempat melumpuhkan beberapa ruas jalan utama ibukota. Selain melakukan aksi, dengan membentangkan berbagai bentuk poster serta simbol-simbol mengecam Israel ini, massa juga melakukan salat gaib bagi warga Palestina yang menjadi korban.

Beberapa politisi PKS, tampak ikut dalam aksi ini. Di antaranya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Adiyaksa Dault, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ir Tifatul Sembiring, para petinggi DPP PKS, Sekjen KISPA, Ust Ferry Nur, Direktur Comes, Ust Amrozi M Rais Lc, serta tokoh-tokoh umat Islam, ormas dan lembaga Islam. Puluhan bendera Palestina dan bendera Indonesia, terlihat juga dibawa.

Beberapa peserta aksi, kebanyakan ibu-ibu banyak yang jatuh pingsan karena tak kuat atas sinar terik matahari yang begitu menyengat ibukota pada siang hari kemarin. Ada juga anak-anak yang sempat kehilangan orangtuanya saat melakukan aksi.

“Apa yang dilakukan oleh zionis Israel terhadap bangsa Palestina tak lain sebuah penjajahan yang kita anggap sudah mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan. Israel adalah sosok teroris yang sesungguhnya karena mereka mencaplok tanah orang dan membunuh orang seenaknya. bangsa Indonesia, sebagai bangsa berpenduduk Islam terbesar, tentunya tidak boleh tinggal diam begitu saja atas ulah Israel ini,” cetus Presiden PKS Tifatul Sembiring lantang seraya menyemangati massa yang terus meneriakan kebencian terhadap Israel.

Solihin, salah seorang tim medis PKS kepada para wartawan di sela-sela aksi menjelaskan, tercatat sekitar 25 kader PKS yang harus mendapatkan perawatan karena merasa pusing, lemas dan kekurangan oksigen karena kepanasan.

“Mereka yang harus mendapatkan perawatan medis antara lain, para ibu-ibu remaja putri dan anak-anak.

Bahkan, ada juga anak kecil yang ikut aksi ini tersiram air panas secara tak sengaja saat digendong oleh ibunya. Satu peserta aksi, ada yang terpaksa kami bawa ke RSCM untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut karena kekurangan oksigen,” tuturnya.

Presiden PKS Tifatul Sembiring dalam orasinya mengingatkan agar presiden terpilih AS Barack Hussein Obama tidak mengikuti cara-cara George W Bush yang mendukung pembantaian penduduk sipil Palestina.

“Israel selama ini memecah belah rakyat Palestina, mereka mengadu domba antara Hamas dan Fatah. Bahkan rakyat Palestina menderita karena menyetop aliran listrik, air. Israel juga menutup arus bantuan kemanusiaan serta pintu perbatasan,” katanya.

Di Batam,ratusan warga yang tergabung dalam berbagai ormas Islam se-kota Batam juga melakukan aksi solidaritas Palestina terkait agresi militer Israel, di jalan sisi sebelah barat Masjid Raya Batam, usai melaksanakan salat Jumat.
Dalam aksi kemarin juga dibentangkan bendera Israel berukuran 2 x 4 meter di tengah jalan untuk dilalui para pengendara kendaraan bermotor. Pejalan kaki juga bebas menginjak-injak bendera dari negara Israel. Wakil Walikota Batam Ria Saptarika juga turut ambil bagian pada aksi ini.(persda network/mur/cnn/ant/elc/ros)

3 thoughts on “Seluruh Indonesia Kecam Israel

  1. demo apa unjuk GIGI bendera dengan no 8 P***S
    ——–
    Sy kira yg benar adalah unjuk solidaritas kepada saudara kita di Palestina dan agar dunia tahu, bahwa kita masyarakat Indonesia sangat membenci Israel atas tindakan real terorisnya!

    PKS kan bukan saat ini saja turun dan respon terhadap nasib Palestina!
    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. About INDONESIA and Indonesian people

    I see a transition, the old order, guided democracy, the new order and reform that has been successfully by those who live in the land of Indonesia, namely the sages that are respected and influential since the world undertook Indonesia and which continued to appear until now.

    They named INDONESIA which means no Indonesian people in general.

    Indonesian society on earth to see with his feeling that they can be so successful because they worship the gods and they secretly worship Satan, that is, moon and the star.

    All Indonesian leaders from their communities, it’s because the Indonesian people deal with things, objects, situations in which sensitive that’s why people choose their Indonesian to the welfare of the people are met. When they fall then it’s because his own downfall and if indeed that happens then the people will suffer most and suffering of the people’s capital back beginning of their appearance.

    It is a national phenomenon and people already know that they have the people or devices that were planted to bring the destruction of the enemy when his downfall.

    So, who their real enemies?
    Surely Allah Almighty!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s