Semangat Turun, Proyek Tak Jalan

Sabtu, 03 Januari 2009

BATAM (BP) – Banyaknya proyek fisik seperti pembangunan jalan yang tak jalan di tahun 2008, menurut Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika, disebabkan menurunnya semangat pejabat di Pemko Batam dalam bekerja. Mereka takut terjerat hukum, sehingga banyak proyek tak berjalan.
“Ada dua yang menyebabkan proyek tahun 2008 banyak tak jalan. Yakni semangat yang menurun dan waktu yang mepet,” kata Ria di Batam Centre, kemarin.
Semangat yang menurun itu terkait adanya salah seorang pejabat di Dinas Pekerjaan Umum yang dijebloskan ke penjara karena disangka melakukan korupsi, pertengahan tahun lalu. Kondisi ini membuat rekan-rekannya di dinas yang sama ragu-ragu melaksanakan proyek.
Tahun 2008, dana sekitar Rp86 miliar yang tadinya dianggarkan untuk proyek-proyek fisik di Dinas PU seperti pembangunan jalan dan drainase sama sekali tak jalan. Anggaran itu akhirnya dikembalikan lagi ke kas daerah dan tahun ini dianggarkan kembali.
Namun, kata Ria, kondisi itu tak hanya terjadi di Batam. “Daerah-daerah lain juga mengalami hal yang sama,” tukasnya.
Tahun 2009, kata Ria, kejadian tahun 2008 tak boleh terjadi lagi. Tak ada alasan bagi pejabat di lingkungan Pemko Batam takut mengerjakan proyek fisik. Karena Pemko Batam akan menerapkan lelang elektronik atau e-procurement.
Lelang elektronik diterapkan untuk menghindari kolusi antara pelaksana tender dan pemenang tender. Ia dan Wali Kota Ahmad Dahlan, kata Ria, berkomitmen menerapkan lelang elektronik, Maret 2009, ini.
“Salah satunya dengan e-procurement itu. Bahkan dinas-dinas sudah bersemangat untuk melaksanakan sistem ini,” tuturnya. (med)

One thought on “Semangat Turun, Proyek Tak Jalan

  1. Alasan yang aneh Mbak.. enggak ngerjain proyek khok takut terjerat hukum. Ini jelas-jelas menunjukan bahwa selama ini memang proyek di kerjakan bukan dasar professionalisme tapi duitisme. Ayo lah say adukun gkalo mau bersih-bersih.
    ——–
    Hi Mas Daddy,
    Insya Allah, terimakasih atas koreksi dan supportnya.
    Alhamdulillah hikmahnya tahun 2009 ini Pemko Batam mulai menerapakan e-Procurement, selain sebagai upaya transparansi ini juga bertujuan untuk memudahkan para Panitia tender untuk melaksanakannya tanpa takut terjerat hukum.

    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s