Warga Terganggu Bau Sampah

Written by anto
Sabtu, 03 Januari 2009
Dari Pembuangan Sampah Pelabuhan Domestik

Warga Terganggu Bau Sampah Warga Terganggu Bau Sampah BATAM,

TRIBUN- Bau sampah di Pelabuhan Domestik Sekupang menggangu aktivitas warga yang melintas di Pelabuhan Pancung. Keluhan ini disampaikan pengemudi boat pancung dan pedagang. Setiap warga yang melintas baik itu yang mau berpergian ke Belakangpadang maupun yang baru sampai di Pelabuhan Pancung Sekupang, mengeluhkan bau sampah yang berasal dari tempat pembuangan sampah itu.

Keluhan ini sebenarnya sudah disampaikan langsung kepada pengelola pelabuhan, namun belum ada tindak lanjutnya. Bahkan sampah dibiarkan menumpuk sampai keluar dari tempat penampungan sampah tersebut.

Padahal sebelumnya tempat penampungan berada di gerbang masuk pelabuhan atau tepatnya dibelakang kantor Pelabuhan Domsetik Sekupang. Namun setelah pelabuhan tersebut dipasang pagar besi tempat pembuanga dipindahkan di bagian belakang bersebelahan dengan pelabuhan pancung Sekupang.

Ketua Persatuan Pengemudi Motor Sangkut (PMMS), Rusman Ali mengakui banyak warga yang mengeluhkan bau busuk tersebut. Bahkan keluhan ini juga berasal dari pengemudi boat pancung, supir taksi dan pedagang yang ada disitu. Keluhaan ini pernah disampaikan kepada Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika saat mengunjungi Pelabuhan Pancung Sekupang. Bahkan keluhan ini juga pernah disampaikan langsung oleh warga kepada pengelola pelabuhan, namun sampai saat ini belum ada tanggapan sama sekali.

“Saya sudah sampaikan kepada pak Ria saat mengunjungi pelabuhan panncung di Sekupang beberapa waktu lalu. Warga dan pengemudi boat pancung merasa terganggu dengan keberadaan TPS itu, sebab saat warga dan pengemudi boat pancung sedang makan atau minum di warung maupun ditempat pedagang, bau busuk langsung menyengat ke hidung,” ujarnya.

Rusman meminta agar tempat penampungan sampah yang ada di Pelabuhan Domestik itu ditinjau ulang, karena sebelumnya berada di depan dekat gerbang masuk pelabuhan. Tapi setelah pagar besi dibuat malah dipindahkan ke belakang pelabuhan. Untuk itu Rusman meminta setiap membangun tempat penampungan sampah harus ditinjau terlebih dahulu, apakan ada dampak dikemudian hari. Hampir setiap hari Kata Rusman warga dan pedagang memprotes bau busuk yang berasal dari samaph itu. Dipaparah lagi, tumpukan sampah dibiarkan begitu saja sampai diluar TPS tersebut.
Wati salah seorang warga, resah dengan bau busuk yang berasal dari sampah. Setiap mau pulang ke Belakangpadang maupun sebaliknya, bau sampah ini sangat menyengat dan menggangu aktiftas warga. Seharusnya pemeritah juga memperhatikan masalah ini, dan jangan asal bangu TPS. (bur)

One thought on “Warga Terganggu Bau Sampah

  1. Dear Pak Ria,
    Selamat Tahun Baru 2009, semoga di Tahun 2009 kita semua diberi kebaikan oleh Allah SWT.

    Pertama-tama saya memperkenalkan diri, Nama Saya Gunawan salah satu pemerhati lingkungan di Kota Batam.
    Masukan yang dapat sy berikan melalui kesempatan ini adalah mengenai sistem persampahan di Kota Batam yang semakin hari semakin semrawut.
    Menurut hemat saya, program swastanisasi sampah, yang dicanangkan pemerintah saat ini terlalu dini untuk diimplementasikan. Hal ini disebabkan banyak faktor yang menjadi kendala pelaksanaan di lapangan. Terkait dengan pemenang tender lelang yang dibuat oleh pemko batam, sebenarnya perlu dikaji ulang kemampuan teknis dan non teknis dari perusahaan yang di menangkan saat ini. Saya khawatir, bukannya menyelesaikan masalah tapi malah memunculkan masalah baru di masyarakat…..
    Jadi melalui kesempatan ini, saya menyarankan agar program swastanisasi pengelolaan sampah perlu dikaji ulang, atau penerapannya bertahap pada setiap proses pengelolaan dan pemerintah harus tetap memperkuat barisan untuk melakukan pengawasan.
    Terima kasih…..
    ———-
    Hi Mas Gunawan, Assalammu’alaikum wrwb.
    Senang sekali berkenalan dengan anda…. Amiin semoga Allah SWT mengabulkan do’a kita.
    Terimakasih atas kepeduliannya terhadap kondisi sampah di Kota Batam… Silahkan dengan tidak dan jangan sungkan2 memberikan masaukan dan kritiik membangun kepada kami.

    Namun proses kerjasama investasi penanganan sampah itu tidak mungkin mundur lagi karena prosesnya sudah selesai tinggal tindak lanjutnya saja, dan sayangnya masukan anda baru sekarang sih!🙂

    Kami tentu tidak mengatakan inilah yg super terbaik tapi setidaknya kita lihat dulu perkembangan yg ada… kalaupun saat ini terjadi permasalahan dalam pengankutan sampah, ini memang tak bisa terhindari sejak 2 bulan lalu, disebabkan adanya (Gap) transisi/peralihan masa kontrak yg habis dari kontraktor penangan sampah yg lama dgn kerjasama Investasi yg baru, semoga sebulan kedepan hal ini sudah normal kembali & bertambah baik

    Pengawasan dan tentu tetap harus diberikan secara cermat bahkan kami senang sekali dengan keikut sertaan masyarakat untuk memantau kondisi yg ada.

    Kami tetap terbuka, silahkan sampaikan masukan2 nya Jangan sungkan dan jangan kapok🙂

    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s