Telkom Luncurkan SMS Infak 7071

Sabtu, 10 Januari 2009
Kerja Sama dengan Pengelola Zakat
BATAM (BP) – Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika meresmikan layanan SMS infak di Masjid Raya Batam, kemarin (9/1).
Layanan SMS infak ini, terlaksana berkat kerja sama PT Telkom, Lembaga Amil Zakat Masjid Raya Batam (LAZ MRB), Dana Sosial Nurul Islam (DSNI) Kota Batam, dan Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Batam. Warga yang ingin menyalurkan infaknya, tidak perlu repot mengantar ke tempat tujuan. Warga cukup mengirim SMS ke nomor 7071 dari nomor Flexi mereka.
Untuk berinfak ke LAZ MRB, bisa dengan mengetik “infaq MRB” dan mengirimnya ke 7071. Untuk DSNI, cukup dengan mengetik “infak DSNI” dan mengirimkannya ke nomor yang sama. Begitu pula untuk berinfak ke BAZ, cukup ketik “infaq BAZ” dan kirim ke 7071.
Satu kali SMS, berarti warga sudah memberi infak Rp5 ribu yang dipotong dari pulsa mereka. Jika ingin berinfak Rp10 ribu, harus mengirim SMS dua kali. “Pulsa pengirim akan otomatis terpotong Rp5 ribu plus PPN 10 persen,” ujar Wakil Direktur LAZ MRB, Syarifuddin.
Meski baru diluncurkan kemarin, namun SMS infak ini sendiri sudah berjalan sejak 2 Januari lalu. Infak yang terkumpul, kata Syarifuddin, akan digunakan untuk biaya pendidikan kaum duafa (kurang mampu). “Kkarena ada kasus Palestina ini, untuk pertama, sampai 31 Januari, akan dialokasikan sebagai sumbangan untuk Palestina,” jelasnya.
Wakil Wali Kota Ria Saptarika, mendukung program ini sebagai bentuk kemudahan berinfak warga. PT Telkom dan Pemerintah Kota Batam sendiri, tengah mengembangkan Batam Digital Island (BDI). Salah satu visi kerja sama ini adalah menerapkan sistem pembayaran elektronik atau e-payment. “SMS infak ini, bisa menjadi salah satu pengembangan program BDI juga,” kata Ria.
SMS infak ini pun, akan berbeda sebab tidak menggunakan sistem registrasi yang “menuntut” pelanggannya selalu berinfak setiap hari. Infak dalam layanan yang diluncurkan kemarin, hanya akan menarik infak dari warga setiap mereka mengirim SMS saja.
Belum lama ini, Pemko juga mengundang Bank Mandiri utnuk merancang pengembangan tiket elektronik bagi pengguna bus pilot project (BPP). Pemko sudah meminta pihak Bank Mandiri Pusat mempresentasikan tiket elektronik ini. Ini juga disebut terkait dengan visi BDI. (ary)

2 thoughts on “Telkom Luncurkan SMS Infak 7071

  1. bang Ria boleh sikit koreksi format sms nya :

    KETIK :
    infaqmrb
    infaqbaz
    infaqdsni

    KIRIM ke 7071

    itu aja bang Ria
    ———
    Siip!
    Thanks Mas Firman!
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s