3 CPNS Peserta Pemilu

Senin, 12 Januari 2009
Dugaan adanya calon legislatif (caleg) yang lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemko Batam terbukti. Ada tiga caleg lolos tes CPNS Pemko Batam yang diumumkan 24 Desember lalu.
Caleg itu dari Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) Irwandi dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Budi Hendrika. Sedangkan seorang lagi yakni Dewi, caleg dari Partai Golkar di Tanjungpinang.
Irwandi lulus untuk formasi guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Irwandi terdaftar sebagai caleg PKPB untuk DPRD Batam dari Dapil IV Seibeduk, Sagulung, Bulang dan Galang. Ia menempati nomor urut empat.
Sedangkan Budi Hendrika terdaftar caleg PKS untuk DPRD Batam dari Dapil I Batuampar dan Bengkong. Ia menduduki posisi nomor urut sembilan. Budi juga lulus untuk formasi guru.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam Hendriyanto memembenarkan kalau Irwandi memang tercatat sebagai caleg DPRD Batam dari PKPB. Usai pengumuman kelulusan CPNS, katanya yang bersangkutan langsung mengajukan pengunduran diri sebagai caleg ke partainya.
“PKPB sudah menyurati kita. Ada calegnya yang mengundurkan diri. Tapi meski dia mengundurkan diri. Nama Irwandi tetap terdaftar sebagai caleg. Di surat suara pun namanya tetap ada,” kata Hendriyanto, kemarin siang.
Terkait kasus ini, kata Hendriyanto, pihaknya tak bisa memberikan sanksi. KPU akan melaporkan kasus ini ke Panitia Pengawas (Panwas) Kota Batam. “Kita lapor ke panwas masalah ini,” katanya.
Sedangkan anggota KPU Batam Ngaliman menegaskan, KPU tidak akan mengubah daftar caleg setelah pengumuman daftar caleg tetap (DCT) lalu. “Jadi mereka yang lulus CPNS tetap ada namanya dalam surat suara nanti. KPU menilai mereka tetap jadi peserta Pemilu, karena batas akhir penarikan atau pengunduran diri caleg sebelum pengumuman DCT,” tegasnya.
Ketua Panwas Kota Batam, Haryanto mengatakan, pihaknya sudah memperoleh informasi dua caleg lulus dalam tes CPNS. “Partai yang bersangkutan harus mengajukan surat pengunduran diri calegnya ke KPU Batam. Setahu saya, caleg PKS Budi sudah mengundurkan diri,” kata Haryanto, kemarin.
Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Pemko Batam, Husnul Hafil tak bisa dihubungi. Handphonenya tak aktif.
Sementara, Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika yang dikonfirmasi soal kasus ini menyebutkan, CPNS yang lulus itu harus menunjukkan surat pengunduran dirinya sebagai caleg kepada KPU Batam dan lampirannya diberikan ke BKD Pemko Batam. ”Jadi caleg hak setiap warga. Begitu juga jadi PNS. Kalau ada caleg yang lulus, dia harus mundur jadi caleg,” ujarnya,kemarin.
Lulusnya caleg Budi Hendrika, dibenarkan Ketua DPD PKS Kota Batam Riky Indrakari. Usai pengumuman kelulusan CPNS, katanya Budi langsung mengajukan pengunduran diri. Pihaknya mengabulkan karena Budi lebih tertarik mengabdikan diri sebagai PNS.
“Sebenarnya ada dua caleg kita yang mengundurkan diri. Budi jadi CPNS, sedangkan satu lagi dr Fitri. Dia melanjurkan S2 kedokteran di Padang,” kata Riky, kemarin.

Tetap Sah Jadi CPNS
Secara terpisah, Kasubdit Pengadaan dan Kepangkatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batam Emi Polis Sukwati yang dikonfirmasi tadi malam soal caleg yang lolos CPNS mengatakan, caleg tersebut tetap sah diterima sebagai CPNS. Tapi dengan catatan harus melampirkan bukti surat dari partai politik (parpol) masing-masing bahwa mereka sudah mengundurkan diri.
“Mekanismenya, caleg yang lolos CPNS ini mengajukan surat pengunduran diri ke parpolnya. Kemudian parpolnya menjawab surat pengunduran dirinya. Jawaban itulah yang kemudian dilampirkan pada pemberkasan akhir,” katanya.
Surat bukti pengunduran diri tersebut, lanjut Emi, paling lambat diterima BKD sebelum pemberkasan akhir pada 17 januari 2009. Jika caleg yang lolos itu tidak bisa menunjukkan bukti surat pengunduran dirinya dari parpolnya, maka bisa gugur jadi CPNS. “Kalau tak ada surat pengunduran dirinya kita (BKD) yang akan berhentikan dia dari CPNS,” tegas Emi.
Ditanya bukankah surat pernyataan tidak terlibat partai politik sudah harus ada pada saat pendaftaran CPNS? Emi membantahnya. “Yang benar itu sebelum pemberkasan akhir,” katanya. Emi menambahkan, bukan hanya dua caleg tersebut yang lolos CPNS Batam, ada satu lagi caleg dari Partai Golkar Tanjungpinang bernama Dewi. “Tapi sudah ada surat pengunduran dirinya dari partai politiknya,” kata Emi. ***

One thought on “3 CPNS Peserta Pemilu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s