Caleg Jadi PNS Batam

Written by anto
Senin, 12 Januari 2009

BATAM, TRIBUN – Lolosnya calon anggota legislatif (caleg) menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) juga terjadi di Batam. Irawadi dinyatakan lulus untuk formasi guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Padahal ia tercatat dalam daftar calon tetap (DPT) caleg DPRD Batam dari Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB). Ia berada dalam Dapil IV Seibeduk, Sagulung, Bulang dan Galang.
Ketua KPU Batam Hendriyanto mengatakan, Irwandi memang tercatat sebagai caleg DPRD Batam dari PKPB.

Namun ia telah mengajukan pengunduran diri sebagai caleg ke partainya.

“PKPB sudah menyurati kita. Ada calegnya yang mengundurkan diri. Tapi meski dia mengundurkan diri. Nama Irwandi tetap terdaftar sebagai caleg. Di surat suara pun namanya tetap ada,” kata Hendriyanto, Minggu (11/1).

Dalam kasus ini, Anggota KPU Provinsi Kepri Tibrani menuding Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) teledor.

“Dengan lolosnya beberapa orang caleg sebagai CPNS, menjadi pertanyaan masyarakat bagaiamana kedudukannya sebagai caleg tetap. Kita juga bertanya kepada BKD, karena dalam pencalonan CPNS salah satu syarat adalah tidak boleh terlibat dalam partai politik begitu juga sebaliknya,” kara Tibrani.

Disebutkan, sebelum ada penerimaan CPNS, jauh-jauh hari nama-nama caleg yang dinyatakan sebagai calon anggota DPRD tetap telah diumumkan. Seharusnya panitia penerimaan CPNS lebih teliti dalam memeriksa berkas permohonan yang masuk atau melakukan verifikasi kepada pihak KPU. “Jika ini dilakukan maka tidak akan terjadi masalah seperti ini,” ujarnya.

Kalau caleg yang dinyatakan lulus CPNS dan ingin mengundurkan diri, maka KPU tidak bisa mengabulkan karena batas waktu pengajuan pengunduran diri sudah lewat yaitu pada 17 Desember lalu.

Karena saat ini surat suara sudah mulai diproduksi, apalagi ada caleg untuk mengajukan pengunduran diri, maka KPU tidak bisa menerima permohonan caleg tersebut.

“Ini tegantung kebijakan dari pemerintah, yang jelas dari pihak KPU tidak bisa menerima pengunduran diri caleg bersangkutan. Temuan ini menjadi domennya panwas,” ujar Tibrani.

Kemudian jika Pemerintah meminta KPU untuk mencoret caleg yang dinyatakan lolos dalam CPNS maka hal itu tidak bisa dilakukan dan masalah tersebut dikembalikan kepada pihak pemerintah sebagai penerima CPNS.

Dengan temuan ini KPU Kepri akan mengumpulkan seluruh data caleg di Kepri baik calon DPRD kabupaten/kota maupun Provinsi Kepri untuk kemudian melaporkan kembali kepada KPU pusat.

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengungkapkan, CPNS yang lulus itu harus menunjukkan surat pengunduran dirinya sebagai caleg kepada KPU Batam dan lampirannya diberikan ke Badan Kepegawaian dan Diklat Pemko Batam.

“Jadi caleg hak setiap warga. Begitu juga jadi PNS. Kalau ada caleg yang lulus, dia harus mundur jadi caleg,” ujarnya.(bur)

Advertisements

2 thoughts on “Caleg Jadi PNS Batam

  1. Salam Pramuka,

    Kak Ria, kami semua mengucapkan terima kasih karena Batam yang Kakak Pimpin ini tetap kondusif selama Pemilu.

    Hari-hari tentunya Kakak Pusing dengan berita sekitaran Caleg. Dari pada Pusing 7 keliling, kami mengundang Kakak datang ke Sekolah kami SDN 007 Sekupang di Tiban Indah. Kami yakin jika Kakak datang akan sedikit bterobati rasa lelah Kakak selama ini. Mengapa ?
    Kak, sekolah kami sangat hijau dan bersih Kak. Bahkan kemarin ikut lomba Adiwiyata ( sekolah berbasis lingkungan ) tingkat Nasional. Dan sudah tiga tahun berturut-turut menjadi obyek penilaian Adipura Kota Batam.
    Jika sangat sbuk, boleh kok sambil berangkat kerja ke Batam Centre, pas di persipangan Princess Tiban Kakak belok kiri, trus masuk jalan Tambelan, sampe deh di SDN 007 Sekupang.

    Sekian dan terima kasih.
    Maaf ya Kak Ria, kami merindukan kehadiran Kakak.
    Oh, ya. Kalau Ibu dulu udah pernah lho…..

    Wassalam.

    Best Regards,
    Kak Sodikin
    ———-
    Hi Kak Sodikin, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas kepeduliannya terhadap pendidikan dan lingkungan di Kota Batam.
    Insya Allah saya akan mampir ke SDN 007, kan sekolah itu juga di kepalai Ibu kita juga 🙂
    Suatu saat sy akan mampir, jangan lupa ingatkan saya.

    Salam hangat.
    Ria

  2. wah.rakus bagt..gagal di caleg.sasaran ke pns…….kasih kesempatan donk………ya kyak aku ini…….he….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s