Tata Ulang Bus Bandara!

Senin, 12 Januari 2009

BATAM (BP) – Niat Pemko Batam mengoperasikan bus khusus Bandara Hang Nadim sebagai angkutan alternatif yang lebih murah dari pada taksi, ternyata tak sesuai harapan. Sebulan lebih beroperasi, bus bandara tak efektif sekaligus tak efisien sehingga perlu diatur ulang.
Disebut tak efektif karena penumpang yang diangkut sedikit, sangat jauh dibandingkan dengan penumpang yang berangkat atau datang ke Hang Nadim. Tak efesien karena selama sebulan beroperasi, pihak Damri yang digandeng Pemko mengoperasikan bus merugi Rp39,17 juta.
Salah satu penyebabnya, seperti yang ditulis Damri dalam suratnya ke Wali Kota dan Ketua DPRD Batam adalah jauhnya pangkalan bus dari pintu kedatangan. Banyak warga mengeluh, sehingga Damri meminta bantuan agar bus didekatkan dengan pintu kedatangan.
Sejumlah penumpang bus yang Ahad (11/1) kemarin, naik bus bandara mengeluhkan lokasi pangkalan bus yang jauh, di lapangan parkir bagian bawah. Penumpang harus berjalan kaki sekitar 200 meter lagi dari pintu kedatangan.
“Kalau mau bagus, harusnya ada pick up point (titik penjemputan) di bandaranya. Jadi, penumpang tinggal nunggu di tempat itu,” kata Wawan (40-an) warga Baloi.
Usman (33) yang tinggal di Dapur 12 Sagulung menganggap penting keberadaan bus bandara. Tarifnya lebih murah dan cukup nyaman.
“Cuma kejauhan. Coba kalau bus stop-nya dekat, pasti banyak penumpangnya,” tuturnya.
Keluhan yang sama juga banyak didapat anggota DPRD Batam Riginoto Wijaya. Riginoto pekan lalu sengaja datang ke pangkalan bus di lapangan parkir bandara untuk mendengar tanggapan penumpang atas keberadaan bus itu. Rata-rata, penumpang menyambut baik bus tersebut. Tarifnya yang jauh lebih murah dibandingkan taksi, menjadi alternatif bagi penumpang berkantong tipis.
Namun, mereka mengeluhkan pangkalan bus yang terlalu jauh. Kondisi ini, kata Riginoto, harusnya segera ditanggapi oleh Dinas Perhubungan Batam. “Ini harus dicarikan solusinya. Kalau begini terus, bus bandara itu tak efektif. Negara rugi, masyarakat tak terlayani,” ujarnya.
Bus bandara, katanya, tak harus berbenturan dengan keberadaan taksi bandara yang sudah eksis duluan. Segmen penumpangnya beda. Taksi bisa mengantar penumpang sampai ke rumah, sementara bus hanya di halte-halte tertentu saja.
Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika yang dikonfirmasi Batam Pos mengatakan, apa yang terjadi di lapangan akan dievaluasi. Keluhan dari penumpang maupun masukan dari anggota Dewan, katanya, akan jadi bahan evaluasi. “Kami menerima masukan itu,” katanya.
Menurut Ria, dulunya pengadaan bus bandara cukup sulit. Ada resistensi, terutama dari para pengemudi taksi bandara. Sehingga Pemko mengambil langkah sama-sama menang dengan pengoperasian seperti saat ini. Jika kemudian dalam pelaksanaannya ada keluhan penumpang dan segmentasi penumpang bus dengan taksi berbeda, akan dievaluasi lagi.
“Awalnya kan yang penting jalan dulu. Di tengah jalan ada seperti ini, tentu akan dievaluasi lagi,” katanya. (med)

2 thoughts on “Tata Ulang Bus Bandara!

  1. Pa Ria,
    Saya minta tolong ditertibkan para pengendara roda empat atau dua plat merah, supaya menggunakannya untuk melayani publik dan tugas ke pemerintahan…..bukanya untuk jalan-jalan ke mall…
    Terus terang saya sebagai pembayar pajak merasa sakit hati….
    ———
    Hi Pak Surya,
    Terimaksih atas keterusterangan dan kejujurannya.
    Insya Allah akan kami sampaikan memlaui komunikasi yg ada kepada internal jajran Pemko Batam, walaupun tentu perlu di fahami, tidak semua plat merah dalah Pemko Batam dan juga tidak berarti semua ke Mall itu untuk jalan-jalan, para pegawai kadang ada yg memang mendapat tugas lapangan.

    Tapi sy tidak menmgelak bahwa hal itu juga bisa terjadi di kami untuk itu terimakasih atas nasihatnya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. DAMRI BANDARA…..klu dishub ga sanggup nangani lbh baik ambil alih pak wawako aja..gue yakin sebentar pasti clear..kepentingan orang banyak harus kita utamakan…!!!
    ———-
    Insya Allah,
    Sekarang sedang di evaluasi ulang.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s