Siswa Bertarung Debat Bahasa Inggris

Written by anto
Sabtu, 17 Januari 2009
Gebyar Pendidikan II 2009

BATAM, TRIBUN – Kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris bakal ditantang dalam Gebyar Pendidikan II 2009. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Siaga Yudha English Conversation Club (SYEC2) ini melombakan dua kontes inti yaitu pidato dan debat, yang bisa diikuti oleh seluruh siswa dan mahasiswa di Batam dan Kepri.

Untuk pidato, peserta bisa memilih salah satu dati tiga tema yang disediakan panitia, yakni tentang Visit Batam 2010, Say No to Drugs, dan Global crisis. Sedangkan tema untuk debat berkaitan dengan pendidikan seks. Khusus untuk pidato dibagi menjadi dua kategori, yakni anak-anak dan remaja.

Selain dua kegiatan inti tersebut, acara yang akan diselenggarakan di Panbil Mall ini bakal dihibur oleh musik dari anak jalanan dan lomba peragaan busana muslim cilik. Kegiatan ini sendiri akan dilangsungkan selama dua hari berturut-turut, dimulai hari ini (17/1) hingga Minggu (18/1).

Hadiah yang diperebutkan berupa uang tunai, tropi, dan voucher dan lain sebagainya. Sedangkan para peserta akan memperebutkan juara 1 hingga 3, dan khusus untuk lomba debat hanya juara 1 dan 2 saja.

Menurut ketua panitia, Dwi Warta hingga kemarin telah terdaftar 60 peserta untuk pidato, sepuluh pendaftar untuk debat, dan 13 untuk busana muslim. “Tapi kami tetap membuka perdaftaran sampai pada pembukaan besok (hari ini-red), sebelum acara dimulai,” katanya Jumat (16/1).

Adapun biaya pendaftaran Rp 20 ribu untuk segala bentuk perlombaan. Pendaftaran bisa dilakukan dengan datang langsung ke salah satu sekretariat penyelenggara di Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batuaji atau hubungi nomor 0778-3943388, 457704, 430208, dan 5144478.

Dwi berharap kegiatan ini mampu memicu semangat siswa dalam mengembangkan bahasa Inggris sekaligus mendalami makna dari tema yang di selenggarakan. Kegiatan yang didukung Tribun Batam ini mengambil tema Say No to Drugs. Ia menerangkan bahwa pemilihan tema tersebut bertujuan agar siswa dan mahasiswa bisa bebas dari pengaruh minuman keras dan narkoba.
“Pemilihan tema ini berkat masukan dari beberapa kalangan, termasuk Wakil Wali Kota Ria Saptarika. Dan tema Say No to Drugs ini akhirnya kita pilih sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang mengharapkan siswa di Batam bebas darinarkoba,” jelasnya. (man)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s