Bisa Cek Layanan KTP di Internet

Minggu, 18 Januari 2009

BATAM (BP) – Pemerintah Kota Batam akan meluncurkan website untuk mengecek status pelayanan permohonan penerbitan KTP dan KK SIAK, Selasa (20/1). Warga yang sedang mengurus KTP atau KK, bisa mengecek sudah sampai dimana status pengurusan KTP atau KK-nya dengan mengunjungi http://www.siak.humasbatam.com. Di dalamnya, juga terdapat buku tamu yang dapat diisi dengan komentar, pertanyaan, atau memberi masukan.
Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri mengatakan, sebelumnya, website ini sudah diujicobakan untuk Kecamatan Lubukbaja. Namun saat ini, semua kecamatan sudah bisa mengaksesnya. “Website ini memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu repot datang bertanya ke kecamatan,” kata Yusfa.
Melalui website ini, pemohon dapat melihat sudah sejauh mana status KTP atau KK-nya. Apakah sedang dientri, sudah dientri tapi belum dicetak atau telah dicetak. Data didalamnya, sebut Yusfa, dinamis dan bergerak detik per detik, menampilkan sampai dimana proses pembuatan KTP atau KK. “Sudah terprogram dalam software SIAK yang baru,” jelasnya.
Mengingat tidak semua masyarakat paham menggunakan internet, Pemko saat ini juga tengah menjajagi kemungkinan kerjasama dengan operator selular. Jika nanti terlaksana, maka status KTP atau KK dapat dilihat dengan mengirim SMS ke nomor yang ditentukan. “Kalau SMS-kan rata-rata orang sudah punya. Beda dengan internet yang masih belum merata,” kata Yusfa.
Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika juga telah menyerahkan label barcode untuk formulir permohonan pembuatan KTP dan KK SIAKkepada para camat. Setelah ini, KTP dan KK wajib berlabel barcode.
Hal ini, sebut Yusfa, untuk menghindari manipulasi formulir KTP atau KK oleh pegawai kecamatan. “Jika formulir yang tak dilengkapi barcode, maka KTP/KK tidak bisa dicetak,” tukasnya. (ary)

One thought on “Bisa Cek Layanan KTP di Internet

  1. wah ini keren pak …
    saya juga punya ide yang sama, tapi dalam lingkup yang luas indonesia misalnya….
    pernah sare juga ide ini di forum
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1704693
    biaya pemilu bisa ditekan, kriminalitas bisa ditekan, jumlah penduduk bisa jelas diketahui, tidak ada pemalsuan KTP, negara bisa tau jumlah rakyatnya ini yang masing ngangur berapa hehehe… anak muda indonesia orang yang cerdas pak, tapi engga punya prasarana untuk mendukungnya, dan yang tua-tua udah lupa sama janjinya… yang penting hura2 mati masuk surga… nah kita yang muda ini mau hura2 susah matinya juga belum tentu masuk surga hahahaha
    ok pak join di kaskus ya.. share ide sama2
    merdeka!!!
    —————
    Hi dncnetwork, Terimakasih atas info dan apresiasinya.

    Insya ALlah kami akan bergabung di forum itu.
    Tetap semangat!

    Salam hormat.
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s