Aktifkan Pramuka di Setiap Sekolah

Selasa, 20 Januari 2009
BATAM (BP) – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Batam, Ria Saptarika, mengungkapkan pentingnya kegiatan kepramukaan di sekolah. Karena itu, ia meminta sekolah-sekolah di Batam mengaktifkan kegiatan kepramukaan di sekolah-sekolahnya.
“Semua sekolah harus ada pramuka. Kasihan anak-anak kalau sejak dini, tidak mendapatkan ilmu kepanduan seperti yang pernah kita rasakan dulu sewaktu SD, SMP atau SMA,” katanya.
Wakil Wali Kota Batam itu, bertemu dengan 250 anggota pramuka dewasa tingkat pembina di Kwartir Cabang 3203 Batam di Kantor Walikota Batam, Ahad (18/1). Pertemuan itu sekaligus membahas program kerja Kwarcab Batam tahun 2009.

Antara lain hadir Wakil Ketua Kwarcab 3032 Batam Tato Wahyu beserta pengurus Kwartir Batam lainnya seperti Setyasih Priherlina, Yusfa Hendri, Iman Imbalo Sakti dan para guru yang menjadi pembina pramuka di sekolah-sekolah mereka. (med)

9 thoughts on “Aktifkan Pramuka di Setiap Sekolah

  1. saya secara pribadi setu klo kegiatan pramuka di setiap sekolah aktif lagi, tapi sayang banyak diantara anak-anak sekolah termasuk para orang tua hanya menganggap pramuka hanya identik dengan camping-nya doank. padahal banyak pelajaran yang bisa kita pelajari dari pramuka, seperti lambangnya tunas kelapa.
    ———
    You are right!
    Makanya kami pengurus kwarcab Kota Batam, akan coba lebih mengaktifkan Pramuka.
    Salam Pramuka!!!

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. sy siap membantu dalam pengembang kepramukaan dibatam…!!!
    ——–
    Hi Mas Hendra,
    Silahkan, itu yg kami tunggu, anda dapat menghubungi Kwarcab Pramuka Kota Batam di Gedung Pemuda.
    Wassalam
    Ria

  3. Assalamualaikum Pak,
    Saya “aktif” pramuka di dunia maya dan saat ini masih membina di sanggar maya Pramuka Universitas Andalas, hal ini saya lakukan karena kecintaan saya pada Gerakan Pramuka dan keterbatasan waktu saya karena tugas pokok saya sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Batam. Saya sendiri pernah menjadi pengelola pramuka T/D di Kwarda Sumbar (Anggota Dewan Kerja Daerah) periode 1989-1994. Saya masih ingin menyumbangkan pikiran saya di Kwarcab di Batam jika memungkinkan. Saya suka Gerakan Pramuka karena merupakan pembinaan generasi muda yang bebas dari unsur politis.
    Murni pembinaan generasi muda, mudah-mudahan bisa ya Pak.
    Assalamualaikum..
    Salam Pramuka!..
    ——–
    HiPak Efrijon, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas comment dan informasinya.
    Tentiu sekali kami sangat senang mendapat dukungan dan bantuan dari anda, apalagi kami terus akan berusaha meninggkatkan & mengaktifkan Pramuka & Kwarcab di Kota Batam.

    Kedatangan anda kami tunggu, silahkan datang di Sekretariat Pramuka di Gedung Pemuda & Olahraga dekat Pom Bensin dekat Kapoltabes Barelang.

    Demikain & Wassalam
    Ria

  4. Ass
    Salam Pramuka…

    Luar Biasa Gebrakan kak Ria untuk memajukan Pramuka Batam….
    Saya amat sangat setuju kalau Pramuka di setiap Gugus Depan yang berpangkalan sekolah kembali dikatifkan….. tentu akan lebih semarak dan pembinaan terhadap generasi muda melalui wadah kepramukaan akan berjalan sebagaimana mestinya.

    Namun, menurut saya amat sangat perlu memberikan rangsangan motivasi kepada Gudep-gudep yang aktif tersebut, yaitu dengan memberikan tunggul / piala / piagam / hadiah atau apapun lah namanya…. sebagai bentuk apresiasi / penghargaan kepada yang teraktif/tergiat tersebut dalam sebuah acara besar kepramukaan. Seperti Upacara HUT Pramuka, dsb. Kalau dilakukan dalam suatu acara kepramuka yang besar, efek positifnya sangat banyak. Seperti menambah motivasi yang mendapatkan tergiat, memotivasi yang belum dapat…. dsb.

    Untuk menentukan siapa yang tergiat tersebut dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti (menurut saya) : kelengkapan administrasi Gudep, pelaporan kegiatan/program tiap bulan ke Kwarcab, monitoring langsung/ sidak-lah.

    Permasalahan yang akan terjadi dan sekarang ini sedang terjadi di lapangan dengan masalah di atas adalah para pembina gudep / Ka.Mabigus sebagian ada yang berniat mau mengirimkan data potensi Gudep dan berbagi laporan ke Kwarcab dan bahkan mau membalas surat-surat yang dikirim Kwarcab, namun tidak tahu mau dikirim kemana??? dan kemana???? Karena Kantor Kwarcab Batam sampai saat ini masih dari rumah ke rumah….
    Karena menurut pengamatan saya walaupun Kwarcab Batam sudah mempunyai Kantor yang menumpang di Gedung Pemuda Kota Batam…. belum berjalan efektif, masih diperlukan gebrakan-gebrakan terbaru dari Kak Ria demi generasi muda Kota Batam kususnya Pramuka batam.

  5. Assalamu’alaikum Wr. Wb..!

    Pak Ria yth,
    saya usul gimana kalau blok yang khusus berita PRAMUKA tidak digabung dg yg lain…
    Karena kalau anggota Pramuka yg ingin mengakses
    biar ketemu langsung dg berita2 Pramuka saja…
    Dan kalau bisa berita yg dimuat disertai dg banyak foto dong… kayak Cumfire itu pak…

    Terimakasih.
    Wassalam.
    ———–
    Hi Ajo, Assalammu’alaikum wrwb.
    Kan Sudah, coba klik ini
    Foto2 inysa Allah menyusul.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  6. AssWrWb ! Siap bantu pak Wawako majuin pramuka di Batam. Pengalaman, thn 1995 sy pernah buat kursus SAR dan Panjat Tebing utk sakawana bhakti seluruh Indonesia. Bagaimana kalau dicoba di Batam, pak? WassWrWb ! Iwan Mohan/wanadri

  7. ass… pak saya aktif dlm pramuka tapi di sekolah saya slalu ada kegiatan yang tidak tertentu dan tidak ada surat keputusan dari kwarda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s