KTP Siak Selesai Kurang 14 Hari

Written by anto
Rabu, 21 Januari 2009
Cukup Akses http://www.siak.humasbatam.com
Periksa Status KTP/KK via Interne

KTP Siak Selesai Kurang 14 Hari KTP Siak Selesai Kurang 14 HariBATAM,TRIBUN – Pemko Batam meluncurkan layanan informasi pemeriksaan status KTP/KK SIAK secara online di kantor Wali Kota Batam, Selasa (20/1). Dengan adanya diluncurkannya layanan ini, proses pembuatan KTP SIAK pun bisa dipercepat penyelesaiaanya kurang dari 14 hari.

Layanan ini akan memudahkan warga Batam untuk memeriksa status pembuatan KTP SIAK dengan menggunakan akses internet. Selain ekonomis, layanan ini sangat efektif dan akurat karena masyarakat tidak harus pergi ke kantor Dinas Kependudukan atau pun ke kantor kecamatan untuk mempertanyakan status pengurusan KTP-nya cukup mengakses secara online.

Warga hanya perlu mengakses internet dengan cara klik http://www.siak.humasbatam.com atau klik http://www.siak.batamkota.go.id. Warga yang hendak mengetahui status pembuatan KTP nya harus mengetahui dan memasukkan no registrasi dan akan dijawab langsung secara otomatis. Layanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan keluhan dan pengaduan yang berkaitan dengan layanan ini.

Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, mengatakan lamanya pembuatan KTP selama ini menjadi masalah serius. Bahkan sebelumnya pembuatan KTP kadang memakan waktu yang lama. “Saya tahu perasaan warga yang bolak-balik datang ke kantor kecamatan untuk menanyakan status pembuatan KTP-nya. Apalagi ada jawaban yang kurang memuaskan dari pegawai kecamatan atau Dinas Kependudukan,” katanya.

Ria mengatakan dengan diluncurkannya layanan ini, Dinas Kependudukan atau pun pegawai kecamatan tidak bisa lagi melama-lamakan pembuatan KTP/KK.

Ia mengatakan jumlah warga yang mengurus KTP/KK di setiap kecamatan di Kota Batam juga akan terus terpantau dan akan ditampilkan dalam layanan dalam hitungan detik setiap harinya. Pembuatan KTP SIAK tidak boleh lewat dari 14 hari ” Jadi kinerja petugas kecamatan akan kelihatan. Layanan ini juga bisa sebagai alat untuk memonitoring kinerja para pegawai kecamatan, ” ujaranya.

Acara yang diluncurkan langsung oleh wakil walikota Batam, Ria Saptarika di hadiri sejumlah kepala dinas termasuk camat se-Kota Batam. Untuk memberikan kemudahan lainnya kepada masyarakat, para camat di setiap kecamatan diharapkan untuk segera melengkapi peralatan komputer yang dilengkapi jaringan internet dan petugas kecamatan yang mengetahui prinsip dasar penggunaan internet di ruang tunggu kantor pelayanan masing-masing.

Fasilitas yang tersedia dalam sistem online ini terhubung dengan sistem databese kependudukan yang ada di 12 wilayah kecamatan

Pemko Batam juga sudah membangun fasilitas akses point internet (hotspot) di berbagai tempat yang bisa dimanfaatkan dengan gratis. Adapun titik hotspot yang telah dibangun Pemerintah Kota Batam yaitu empat unit di dataran Engku Putri. Satu unit di Tiban Center, kecamatan Sekupang dan rencananya tahun 2009 akan dibangun di Ibukota Kecamatan Sekupang.
Bahkan lebih jauh pemerintah kota Batam sedang berupaya untuk menyediakan layanan serupa melalui layanan SMS, dengan pertimbangan masih banyak warga yang belum bisa mengunakan internet. ” Kami sedang menjalin kerja sama dengan operator telekomunikasi untuk mewujudkan ini. Warga nantinya akan semakin terbantu,” ujar Ria Saptarika tanpa menjelaskannya secara detail. (ian)

7 thoughts on “KTP Siak Selesai Kurang 14 Hari

  1. Pak, di padang Sumbar. tanpa SIAK, KTP bisa siap 2 x 24 jam. mohon perimbangan agar ga boros, Kasian rakyat.
    ———-
    Hi Pak Dedy,
    Batam kan beda dengan Sumbar, prinsip nya kami akan melakukan yg terbaik untuk warga Batam, kalaupun 14 hari itu adalah selambatnya dan sangat mungkin bahwa itu malah bisa selesai dalam 2 jam, tapi untuk menjaga konsistensi sesuai kondisi itu yg sulit.
    Do’akan saja agar kami bisa meningkatkan pelayanan dari waktu ke waktu.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Hehehe
    Saya dulu malah di jawa timur, sehari juga jadi.
    Tinggal ditungguin aja, selesai..
    ———-
    kan Beda mas! Jawa Timur dgn Batam🙂
    Lagi pula kan warga Batam belum ada datanya baru dibuat!

    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. Maaf Pak, saya ingin menanyakan bagaimana cara mengecek keaslian ktp siak..? ya.. sebagai warga batam yang mempunyai ktp batam tentu nggak mau jika namanya tidak masuk database. tolong jelaskan ya pak..?
    ———–
    Sebenarnya secara teknis itu bukan mustahil, sedangkan pengecekan status selesai/tidak KTP saja bisa.
    Tapi masalahnya adalah kalau pengeceka data seseorang sangat riskan terhadap kemungkinan dibobolnya Server pemko oleh orang yg tak bertanggung jawab.

    tapi kalau anda ingin mengecek secara insidentil tentang Asli tidaknya KTP silahkan email saya!
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Bawahan , ” Pak Minta ijin dua jam untuk ambil KTP ”
    Atasan mengetik http://www.siak.humasbatam.com dan memasukan nama bawahan yang dimaksud

    Atasan, ” Maaf , saya tidak beri ijin , KTP nya masih dalam proses ,silakan kembali bekerja seperti biasa ”

    Bawahan , ” Siap pak, terima kasih “
    ———-
    Humor Segar dari seorang sahabat!
    Terimakasih ini akan saya posting di Blog saya… salah hormat – Ria

  5. Salam Pak Ria,
    Hormat kami utk Bpk krn mau memikirkan nasib rakyat kecil.
    Ijinkan kami mengingatkan kembali ke Bpk bahwa pengurusan KTP tdk hanya di Kantor Camat saja, tapi dimulai dari RT – RW – Kelurahan – Kecamatan.
    Di Kecamatan bisa sampai14 hari, di Kelurahani, RT dan RW ? (ingat “guru kencing berdiri, murid kencing berlari”). Coba Bpk atur juga di RT, RW dan Kelurahan maka Bpk akan KAGET !
    Kita perlu org pintar dan kita memang byk org pintar tapi kondisi Indonesia sekarang SANGAT butuh org SOSIAL dan berjiwa PAHLAWAN sungguh2.

    Wassalam
    Hentry
    ———
    Hi Pak Hentry,
    Terimakasih atas kepeduliannya.
    Kami sampai saat ini tidak bosan-bosannya melakukan perbaikan2 dan melakukan penyelesaian masalah2 dilapangan, walaupun tidak dipungkiri perlu kerja keras dan terus menerus dan tak bosan2 nya dalam melakukan tsb… syukurnya sy sendiri tidak akan pernah berhenti untuk itu.

    akan tetapi kami masih butuh wakt untuk itu. masukan ini akan saya tindak lanjuti ke kelurahan, agar Lurah dapat memberikan pengarahan pada RT/RW.

    Salam hormat
    Ria

  6. ass. pak saya sedang dalam proses pembuatan Passport dan perpanjangan KK saya dalam proses karena KTP saya sudah selesai. saya mau tanya kapan KK saya siap dan bisa enggak saya minta Resi pengurusan Kk karena pihak Imigrasi minta dilampirkan KK atau Resi proses perpanjangan KK.

    Trims

  7. halo pak ria,

    Saya mau tanya tentang warga yang memiliki 2 indentitas (KTP) beda daerah, apakah itu boleh?

    trima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s