Lulusan Batam Sejajar dengan Daerah Lain

Written by anto
Kamis, 22 Januari 2009
Pertemuan Forum Komunikasi Pendidikan Tinggi Teknik Elektro

Lulusan Batam Sejajar dengan Daerah Lain Lulusan Batam Sejajar dengan Daerah Lain

BATAM,TRIBUN – Untuk menyiapkan standarisasi lulusan teknik elektro dan informasi, Universitas UIB menyelenggarakan Pertemuan Nasional III Forum Komunikasi Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia.

“Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk menyiapkan lulusan teknik elektro dan informasi dalam menghadapi globalisasi dunia,” ujar Ir. Tumiran M.Eng.,Ph.d, Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia kepada Tribun, Selasa (2/1). Dalam seminar ini akan diupayakan menciptakan standarisasi kelulusan untuk teknik elektro sama dengan daerah lain seperti ITB, ITS, UI dan UGM. “Jadi diharapkan lulusan teknik elektro dari Batam juga dapat sama dengan lulusan daerah lain, sehingga mempunyai ketrampilan yang sama,” terangnya

Selain menyiapkan lulusan yang andal, diharapkan juga campur tangan pemerintah untuk mendongrak infrastruktur industri seperti energi primer Batam yaitu listrik. Energi listrik ini harus ditangani dengan baik karena dengan digulirkan FTZ tentunya akan mendorong investor untuk menenam kan modalnya, sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat batam.

Wakil Walikota Ria Saptarika sangat menyambut baik diadakan pertemuan ini di Batam karena dampak yang positif yang diberikan berupa standarisasi kelulusan, sehingga lulusan perguruan tinggi Kepri dapat diunggulkan dalam bursa tenaga kerja nasional. “Apalagi dengan bergulirnya FTZ tenaga siap pakai sangat dibutuhkan,” ujarnya kepada Tribun.

Pertemuan yang dibuka oleh Kepala Dinas pendidikan Arifin Nasir yang mewakili Gubernur Kepri diramu dalam bentuk seminar yang bertajuk “Peningkatan Kompetensi Lulusan Teknik Elektro dan informasi dalam Menghadapi Industri Global”, dengan nara sumber dari pemerintahan, perguruan tinggi baik dalam negeri (ITB,ITS,UI,UGM) mau pun luar negeri (UTM – Universiti Teknologi Malaysia) dan Pihak industri.
Pada seminar ini pihak industri dan perguruan tinggi negeri untuk merumuskan kompetensi apa saj yang dibutuhkan oleh industri global agar nati dapat dikembangkan oleh perguruan tinggi masing – masing untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global. (dri)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s