KTP Lambat, Kirim E-mail ke Wawako

Senin, 26 Januari 2009

BATAM (BP) – Sejak digunakannya software baru SIAK, pembuatan KTP sudah tidak mengalami keterlambatan lagi. Status KTP juga dapat dicek di situs yang disediakan. Namun jika ada yang masih mengalami lambatnya mengurus KTP, dapat menghubungi langsung Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika.
Warga yang memiliki kepentingan serupa ini, dapat menghubungi Ria di e-mail pribadi rsaptarika@yahoo.com E-mail ini dilindungi dari spam bots, kamu perlu mengaktifkan JavaScript utk melihatnya atau di wawa@batamkota.go.id E-mail ini dilindungi dari spam bots, kamu perlu mengaktifkan JavaScript utk melihatnya . “Tapi harus pakai biodata lengkap,” kata Ria.
Ia yakin, keterlambatan ini disebabkan beberapa hal di luar kesengajaan, seperti berkas permohonan yang terselip entah dimana, bisa juga, katanya, syarat yang diajukan pemohon tidak lengkap atau salah. Untuk itu ia berharap petugas kecamatan selalu mengecek kalau-kalau ada berkas yang tidak di tempat yang seharusnya.
“Saya juga minta agar petugas mencari alamat pemohon (yang syaratnya bermasalah) dan menghubungi mereka. Supaya bisa cepat diketahui,” kata Ria di Kantor Wali Kota Batam, belum lama ini.
Ria berharap, cara ini bisa mengurangi dugaan kecamatan lambat bekerja. Pasalnya, jika dibiarkan, hitungan waktu pengurusan KTP menurut pemohon, menjadi semakin lama. “Kalau tidak dikembalikan akan menjadi counter terus,” kata Ria.
Sampai saat ini, keluhan soal KTP sudah mereda, meskipun caci maki diakui Ria masih ia terima. Namun khusus untuk KK, Ria tak menampik memang masih memakan waktu. Tadinya, standar pelayanan minimum (SPM) dua pekan mengurus KTP dan KK adalah untuk mengantisipasi masa pengeurusan KK yang memang lebih lama. Namun dengan aturan bahwa penandatanganan KK harus tandatangan basah dan tidak boleh diwakilkan, dua pekan ini tidak cukup. “Makanya kita sedang cari solusi, apakah bisa tidak tandatangan basah,” harap Ria.
Ria menegaskan, SIAK ini, tidak hanya untuk kepentingan pembuatan KTP dan KK. Ke depan, data kependudukan yang sudah terkomputerisasi ini akan sangat bermanfaat. “Misalnya untuk membuat SKCK, cukup register dikecamatan tanpa mengisi formulir apa-apa lagi (Koreksinya: Tidak perlu surat pengantar kecamatan lagi), bisa langsung cetak. Tinggal sidik jari saja di Poltabes,” kata Ria.
Kaitan dengan kepolisian ini, Ria sudah menemui pihak Poltabes dan untuk membicarakan rencana menghubungkan SIAK ke Poltabes. (ary)

4 thoughts on “KTP Lambat, Kirim E-mail ke Wawako

  1. Tanggal 27 Agustus ’08 Kami ( saya & istri melakukan perpanjangan KTP .)
    Proses di kelurahan Mangsang berjalan lancar,
    Kemudian berkas kita antar ke kecamatan Sei beduk diterima oleh petugas (Ibu N.)

    Jadwal ambil bulan 17 sept’08.
    Saya ambil tgl 25 sept’08, KTP jadi & KK belum
    Di cek KTP salah pada:
    • Ejaan nama
    • Alamat RW salah

    Ktp disuruh pegang dan akan terima perbaikan bersamaan KK
    November’08 saya ke kecamatan bermaksud menukar KTP salah dengan baru & KK
    Saya di suruh mengumpulkan akta dan photo untuk proses KTP

    Lalu, saya terima KK, dan saya cek salah pada:
    • Ejaan nama istri salah
    • Tempat lahir istri salah
    • Alamat rw salah
    • Jenis kelamin anak-2 salah
    • Ejaan anak-1 salah
    • Ejaan anak-2 salah

    Saya minta revisi perbaikan
    Dan tunggu 1 minggu akan jadi..katanya ( saya juga menyimpan no hp petugas Bp.E )
    Untuk menanyakan siap nya KTP & KK agar tidak kecele saat ambil.

    Saya tambahi durasi tunggu saya sampai 1 bulan 3 minggu.

    Tgl 24 des’08 jam 9 pagi saya ke kecamatan untuk mengambil KK & KTP.
    Kondisi hujan lebat dengan kantor kecamatan yang agak jauh dari pemukiman menambah rasa jengkel saya karena pembuatan yang lama.

    Sampai di kecamatan ternyata:
    KTP & KK masih seperti yang dulu juga dan belum ada perbaikan.
    Akhirnya ktp saya terima dengan item2 yang salah ditambah manual ( huruf ditempel & timpa)
    Siang di suruh balik untuk ambil KK.

    Jam 2 siang saya balik ambil KK
    Ternyata : KK baru dikerjakan dengan cara sama ( tambal manual tempel timpa)

    Karena jengkel nya saya, saya terima KK tersebut ( walau masih banyak item yang salah belum selesai diperbaiki )
    Karena sudah saya tunjukkan toh 4 bulan KTP & KK tidak SELESAI !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!( dalam hati saya)

    ——
    Keluhan:
    1. Kenapa harus mengumpulkan photo & akta lagi, sementara berkas pertama adalah lengkap.
    2. Kenapa pembuatan KTP & KK BEGITU LAMA dan SALAH LAGI YANG PERBAIKANNYA JUGA NGGAK BETUL BETUL
    3. Apakah KK tersebut juga SAH dengan tempelan tempelan ???
    4. Apakah kinerja petugas PNS itu layak ???? apakah saat pembuatan tidak melihat berkas??? Apakah tidak bisa membaca ???
    5. Apakah mereka nggak tahu bahwa gaji petugas tersebut adalah dari rakyat ( termasuk saya), yang ujungnya tidak melayani dengan benar.
    6. Apakah pemikiran mereka tidak terbuka bahwa detik demi detik yang kami luangkan dalam proses pembuatan , pengambilan yang berulang2 dan salah melulu itu adalah PERIUK kami
    Saya adalah buruh yang bila mengurus sesuatu harus POTONG GAJI detik demi detiknya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    7. Kenapa KK tersebut nggak diganti baru ( padahal item2 salah sudah ditunjukkan dalam beberapa kali pengambilan yang salah melulu ),

    Bandingkan dengan pembuatan passport,
    Jauh beda durasi selesainya.( tgl selesai passport tidak akan lari jauh dari yang ditentukan petugas).

    Saya nggak tahu harus mengadu ke siapa lagi.
    Mohon batam pos dapat meneruskan keluhan saya ke orang terkait ( PEMKO)

    Tapi, saya pesimis, mungkin nasibnya kaya keluhan sampah juga ( saya & banyak warga batam mengeluh ) sampah menumpuk
    Terus jawaban pemko ( sering Kadisnya atau Humas: silakan hubungi no XXXXXXXX……untuk keluhan sampah..yang ujung nya masalah tidak selesai tapi akan berulang-ulang )

    Terus gaung KTP siak yang 2 minggu jadi oleh wawako RIa Saptarika itu benarkah ???
    Jangan sampai ucapan wawako menjadi Tong kosong nyaring bunyinya -? saat implementasi dilapangan sangat jauh dari harapan

    Terima kasih dan mohon bantuannya.

    Aji
    pelanggan batam pos
    warga batam yang kecewa

    NB:
    Mohon agar saat pemuatan berita bisa memberitahu kami ( via email)
    Mohon agar jatidiri yang ditulis nama terang saja ( jangan email: karena ini fasilitas perusahaan)

    Mohon informasi kalau mengeluhkan hal ini harus ke siapa??
    —————–
    Assalammu’alaikum wrwb.
    Pak Aji yg saya hormati,
    Mohon maaf atas kondisi yg menimpa Pak Aji, saya turut prihatin, saya dapat merasakan kekesalan anda.

    Saya akan berusaha membantu anda sebisanya.
    Baru saja saya kirim email kepada anda mohon dijawab segera email tersebut.

    Sebagai info tambahan saya perhatikan kasus anda terjadi dibawah bulan November 2008, sementara memang perbaikan kondisi Aplikasi SIAK tersebut tuntas diperbaharui November 2008.

    Yang jelas dengan aplikasi baru ini maka masalah anda akan dengan mudah diatasi.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Yth Pak Ria Saptarika Wakil Walikota Batam

    Mohon info cara untuk mengecek keaslian ktp siak dgn melihat NIK ktp. Agar sy bs mengetahui ke absahan ktp siak saya,terima kasih.
    ————
    Pak Candra yg saya hormati,
    Kalu dengan mata telanjang tanpa menggunakan system database yg ada… maka sulit di cek…
    Tapi kalau anda ingin mengecek KTP milik anda… kirimkan via email Nama, NIK & Security code (angka desimal diatas barcode pada KTP tsb)

    Maka kami akan bantu mengecekkannya.

    Demikian semoga bermanfaat & salam hormat

  3. slmt siang pak..
    mohon bantuan nya untuk mengecek keaslian KTP SIAK ini:
    A/N : FAISAL INDRA SADIKIN RITONGA,NIK:2171060505840002,J161168962.

    Terima kasih..

Leave a Reply

