Ratusan Anak Sulit Dapat Akta Kelahiran

Ratusan Anak Sulit Dapat Akta Kelahiran
Rabu, 28 Januari 2009
Sagulung – Ratusan anak dan balita kesulitan mendapat akta kelahiran karena orang tua tidak jelas. Pemerintah sendiri kesulitan mencari solusi agar anak tersebut secepatnya mendapat akta kelahiran.
Hal itu diungkapkan Anggota DPD RI Hendri Frankim dalam dialog dengan tokoh masyarakat Sagulung belum lama ini. Diungkapkan, ratusan anak dan balita saat ini tengah diurus oleh sebuah LSM. Beberapa kali telah dibicarakan dengan pihak Pemko Batama melalui dinas terkait, namun belum menemukan jalan keluar.

Frangkim mengatakan, sesuai dengan perundang-undangan kependudukan, setiapa orang harus memiliki akta kelahiran agar bisa perhatian dari pemerintah dalam berbagai aspek terutama dalam bidang pendidikan. “Sampai saat ini Pemko Batam masih berusaha mencari solusi agar anak dan bayi bisa mendapatkan akta kelahiran. Kesulitannya adalah anak-anak dan bayi tidak memiliki status orang tua yang jelas,” ujar Frangkim.

Wakil Walikota Batam Ria Saptarika mengaku belum mendapat informasi terkait permasalahan tersebut. “Saya belum tahu masalah itu, nanti saya panggil dinas kependudukan mungkin pihak LSM mengurusnya langsung dengan dinas. Tapi memang akta kelahiran itu sangat penting. Kalau saya tidak salah ada ketentuan ada batas usia tertentu sudah dikenakan biaya,” ujar Ria, akhir pekan lalu.(sm/nn)

One thought on “Ratusan Anak Sulit Dapat Akta Kelahiran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s