Ria Sidak Pasar Bengkong

Written by anto
Kamis, 29 Januari 2009
Minta Pedagang Jaga Kebersihan
Terkait Anjloknya Nilai Batam

Ria Sidak Pasar Bengkong Ria Sidak Pasar BengkongBATAM, TRIBUN – Nilai kebersihan Batam yang anjlok membuat Pemko Batam terus memantau kebersihan kota. Sebagai langkah nyata membenahi kebersihan pasar, Wakil Wali Kota Batam, Ir Ria Saptarika, didampingi Kepala Dinas Kebersihan, Drs Azwan, dan Kepala Dinas Pasar, Pebrialin, menginspeksi pasar Bengkong Harapan II, Kecamatan Bengkong, Rabu (28/1).

Pasar Bengkong Harapan II yang terletak di RT 01 RW 07, Bengkong Indah itu berada ditengah pemukiman padat penduduk dan menjajakan semua bentuk dagangan mulai pakaian, buku, daging segar, barang pecah belah, buah-buahan, kue, sampai ke pakaian bekas.

Tak jauh dari tempat itu berdiri sebuah rumah ibadah Masjid Al-Munawwaroh Bengkong Harapan. Para pedagang di tempat tersebut berjualan di lapak-lapak menggunakan tenda, sebagian lagi berjualan di bangunan yang sudah dibangun kios-kios kecil ukuran 3x 4 meter.

Ria Saptarika sempat melakukan dialog dengan pedagang yang berjualan di badan jalan Bengkong Harapan, termasuk juga dengan pengurus Masjid Al-Munawarah dan perangkat RW/RT. Ia meminta para pedagang untuk selalu menjaga kebersihan lokasi pasar yang mereka tempati.

“Melihat kondisi masyarakat di sini, tak mungkin mereka kita gusur. Justru secara alamiah, perkembangan pasar ini cukup bagus, karena pasar ini berada di tengah-tengah lingkungan warga. Saya justru berpikir sebaiknya pasar ini dijadikan pasar resmi saja,” sebut Ria

Sementara itu, ketika melakukan dialog dengan perangkat RT/RW di wilayah Bengkong Harapan, pengurus dan remaja Masjid Al-Munawwarah, di depan lurah Bengkong Indah dan Camat Bengkong, Nurul Iswahyuni, Ria Saptarika meminta agar semua elemen, terutama perangkat RT/RW dan pengurus/remaja masjid membina dan memperhatikan secara baik usaha-usaha pedagang yang berjualan di pasar tersebut.

Bahkan secara khusus ia menyarankan, selain adanya koperasi, juga dibentuk BMT (Baitul Mal Waltamwil), agar secara syari’ah, lembaga tersebut bisa menyalurkan kredit pinjaman modal usaha terhadap warga atau pedagang yang membutuhkannya.

“BMT itukan cara kerjanya mirip tukang kredit tapi berlandaskan syari’ah. Jika itu terbentuk, dan dikelola secara baik, saya yakin usaha yang dijalankan oleh BMT itu akan berjalan secara baik asal dikelola dan pengelolanya mau jemput bola ke bawah. BMT yang bisa dijadikan rujukan, satu di antaranya BMT di Muka Kuning. Bila ingin dibentuk, kami akan bantu semua perizinannya, termasuk tata kelolanya,” kata Ria.

Seperti diketahui peringkat kebersihan Batam anjlok pada lima objek, yakni pemeliharaan sampah dengan nilai 38, pengelolaan sampah 48, tempat pembuangan akhir sampah dengan nilai 56, terminal nilai 55, dan pasar mendapat nilai 58. Lima objek itu diharapkan bisa mendapat nilai bagus dengan. nilai 70 ke atas.
Koordinator Adipura Kementerian Lingkungan Hidup, Ratna Kartika Sari, belum lama ini menyebut tahun ini penilaian semakin berat. UU No 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah menjadi acuan untuk melakukan penilaian. Ada dua hal yang perlu diperhatikan, pertama pembinaan sampah dan kedua pengelolaan sampah. Dari dua kriteria penilaian itu Batam menurun peringkatnya dari sebelumnya peringkat tiga kini menjadi peringkat tujuh. (hat)

2 thoughts on “Ria Sidak Pasar Bengkong

  1. PAK KL BISA JGN CUMA MELAKUKAN SIDAK DIPASAR SAJA, KARNA SEKALI2 BAPAK JG HARUS MELAKUKAN SIDAK NARKOBA MELALUI TES URINE TERHADAP PEGAWAI NEGRI. BPK BISA MEMULAINYA DARI LINGKUP YANG ADA DI KANTOR SEKRETARIS DI BATAM CENTRE. KARNA SAYA YAKIN. JIKA INI DILAKUKAN AKAN ADA HAMPIR DSETENGAH DARI PEGAWAI BAPAK YANG AKAN DIBERHENTIKAN SECARA TIDAK HORMAT.
    SARAN SAYA SIDAK DILAKUKAN SETELAH HARI LIBUR(WEEK END)…INSYA ALLAH KADAR NARKOBA MSH ADA DLM URINE MEREKA.
    BPK MELALUKAN STRATEGI KOMUNIKASI DIRECTLY SEPERTI YANG DILAKUKAN PRESIDEN SBY MELALUI SMS LANGSUNG. PRESIDEN KITA BERHASIL MENERIMA LAPORAN SECARA LANGSUNG DARI RAKYATNYA DAN TELAH MENYELESAIKAN BANYAK PERMASALAHAN SESUAI APA YG DILAPORKAN RAKYATNYA…..BAGAIMANA DGN BAPAK? APA SITUS INI HANYA AKAN MENJADI “SITUS LATAH” TERHADAP STRATEGI SBY…..SECARA TEKHNIS SAYA YAKIN BAPAK BISA MEMBUAT SEKENARIO YG SEMPURNA UNTUK OPERASI INI. YG SAYA TUNGGU ADA ADALAH BUKTI……………..
    ———-
    Hi Mas Suara,
    Terimakasih atas masukan dan dorongan nya ini merupakan masukan berharga, kami akan coba tindak lanjuti walaupun perlu kerja keras untuk itu.

    Saya setuju akan perlunya mengefektifkan sarana komunikasi kepada masyarakat ini baik via SMS maupun website.

    Tapi tentu ini juga bukan karena latah mengikuti SBY, karena saya sudah biasa dengan Internet dan website bahkan jauh sebelum SBY saya kenal, jauh sebelum 2004. (Just to clarify)

    Giamnapun saya sadar bahwa masukan anda cukup jujur dan perlu menjadi perhatian kami.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. MAAF ATAS STATMENT SAYA SEBELUMNYA . SAYA YAKIN BAPAK ADALAH ORANG YG PENUH DGN KOMITMEN. HAL ITU SUDAH BANYAK SAYA RASAKAN. TERUS TERANG SAYA TERMASUK SALAH SATU PENGAGUM BPK. SAYA HANYA BERUSAHA UNTUK MENDAPAT PERHATIAN DARI BAPAK. KARNA KEADAAN KARYAWAN DIBATAM CENTRE SUDAH SANGAT MEMPRIHATINKAN. KEADAAN KARYAWAN BAPAK YG MENGGUNAKAN NARKOBA SUDAH SEPERTI FENOMENA “GUNUNG ES”……..SAYA YAKIN SEMUA DIMULAI DARI AKHLAK YANG MULIA. KALAU SAJA SAYA BISA MENILAI, SEBAGAI PEMIMPIN, BAPAK MEMPUNYAI AKHLAK YANG MULIA LALU MENGAPA YG TERLIHAT DIDEPAN SAYA JUSTRU KARYAWAN BAPAK BERAKHLAK BURUK?
    SANGAT TIDAK SINGKRON BUKAN?…….
    SAYA PERCAYAKAN KEPADA BAPAK, SEPERTI SAYA MEMPERCAYAI BAPAK KETIKA SAYA MEMILIH BAPAK SEBAGAI PEMIMPIN SAYA BEBERAPA TAHUN LALU.
    MUNGKIN SAYA MEMANG PECUNDANG KARNA BELUM BERANI MEMBONGKAR APA YG SAYA KETAHUI SECARA LANGSUNG, HAL ITU DIKARENAKAN SAYA SADAR BENAR RESIKO APA YG AKAN SAYA HADAPI. DAN SAYA BLM SIAP MENERIMANYA……….
    JIKA SAATNYA TIBA, INSYAALLAH SAYA AKAN MENJADI ORG YG PALING GIGIH DAN BERANI MEMERANGI NARKOBA. (WHEN THE RIGHT PERSON DO THE RIGHT THING IN THE RIGHT TIME)……. SEMOGA ALLAH SELALU MENYERTAI DAN MELINDUNGI BAPAK DALAM BERTUGAS. WASALAM……………………………………
    ——–
    Hi Mas Suara.
    Terimakasih atas do’a dan perhatiannya dan semoga Allah juga mengabulkan kebaikan do’a itu untuk anda.
    Saya dapat memahami kerisawan dan kesulitan anda semoga saja Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk menegakkan Amar makruf nahi mungkar.

    Baru hari ini saya mendengar bahwa Pemerintah Provinsi mendapat bantuan Mobile test Urine semoga ini dapat kita pinjam nanti dari provinsi agar dapat dilakukan di Batam, mengingat Batam belum memiliki peralatan Test ini, sedangkan bila menggunakan fasilitas laboratorium rumah sakit maka akan sulit teknisnya.

    Do’a kan saja.

    Demikian & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

