Maret, Urus KTP Bisa lewat SMS

Jumat, 30 Januari 2009

BATAM (BP) – Pemerintah Kota Batam akan mengembangkan layanan KTP Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) melalui layanan pesan singkat (SMS) mulai Maret mendatang.
Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika ketika menerima kunjungan manajemen PT Telkomsel bersama mitranya yakni PT Benang Komunika Infotama yang melakukan presentasi penerapa sistem aplikasi mobile goverment di lantai lima Kantor Wali Kota.
Menurut Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri, umumnya semua pelayanan yang dilakukan secara elektronik dapat dilakukan dengan sistem mobile. Sehingga dalam jangka panjang layanan SMS ini bisa dikembangkan menjadi mobile government.
“Melalui m-govt ini, masyarakat bisa melakukan pengecekan status KTP dan KK serta SIM melalui SMS saja, serta bisa juga registrasi pelayanan dan pembuatannya juga, demikian juga dengan perizinan lainnya melalui aplikasi ini,” ujarnya.
Kata Yusfa, masyarakat cukup melakukan registrasi kepada nomor tertentu, selanjutnya akan menerima panduan dalam memilih layanan dan melakukan registrasi yang diperlukan.
“Penggunaan ponsel yang sudah menjadi kebutuhan serta gaya hidup bagi masyarakat Batam akan sangat menguntungkan bagi penerapan SMS mobile tersebut. Dibandingkan dengan pengguna internet, ponsel lebih memasyarakat, dan hampir semua orang memilikinya,” jelasnya.
Yusfa juga mengatakan layanan pelacakan status KTP/KK tersebut telah dapat dinikmati oleh masyarakat pada awal Maret mendatang. “Launching-nya akan bersamaan dengan momen 3 tahun masa kepemimpinan Dahlan-Ria pada 1 Maret 2009 mendatang,” katanya. (cr5)

8 thoughts on “Maret, Urus KTP Bisa lewat SMS

  1. kayaknya bakalan keren
    tapi pkai tarif sms biasa kan, klo make tarif premium hemm sayang juga

    gebleks last blog post..Bulan Yang Penuh Dengan Tiada Dugaan
    ———-
    Premium juga asal masih murah kan ngak apa-apa, apalagi kalau dibawah sekali jalan ongkos transkrib.
    Sebab itu semua menggunakan infrastruktur operator selular yg mereka tentu punya baya operational dan maintenance…
    Tapi yg kita upayakan adalah masing sangat murah.🙂 karena ujung dari semua ini adalah perbaikan pelayanan, buka bisnis.

    Demikian Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Congratz pak Ria… ini satu terobosan keren yang udah diupayakan oleh Pemko Batam bekerja sama dgn Telkomsel dan mitranya..:double thumbup:
    jadi akan semakin gampang mengurus KTP..

    salam hormat pak Ria..:) :shakehand:

    eh…ktp saya udah expired blom yak? *rogoh dompet liat ktp*😀
    ———–
    Hi Michael,
    Terimakasih atas support dan apresiasi nya
    Sebenarnya penerapan pendaftaran KTP via SMS akan masih menjadi tahapan selanjutnya namun yg akan diimplementasikan segera adalah pengecekan status pembuatan KTP melalui SMS.

    Secara teknologi dan system sebenarnya tidak masalah, tapi dari sisi back up aturan masih harus di siapkan dulu.

    Demikaian semoga maklum.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. weh,,asik dun kalo gitu,,hhe,,

    pak,pembukaan bapak pas ada try out di temenggung bagus pak,,hhe,,

    duh,saya jadi kangen batam,,khu khu,,
    ———
    Hi Kahfi,
    Thanks atas apresiasinya, memangnya anda berdomisili dimana?
    Wassalam
    Ria

  4. Saya usul pak, KTP ini menjadi grand design buat pelayanan masyarakat yang lain. Lompatan pengembangan pelayanan KTP sungguh bagus.
    ———
    Hi Pak Younan,
    Terimakasih atas supportnya, memang benar bahwa data kependudukan atau yg kita kenal degan SIAK ini sesungguhnya bukan cuma untuk KTP, bahkan dalam waktu dekat ini SKCK di Kepolisian akan sudah Online dengan SIAK Pemko Batam silahkan baca disini

    Insya Allah bahkan kita sudah mengajak keterlibatan, Telkom, PLN, Imigrasi dan Perbankan dalam rangka integrasi Data (dalam rangka menuju registrasi paperless), walaupun baru Kepolisian (SKCK) yg menyambut baik.

    Demikian Thanks & Wassalam
    Ria

  5. wah mantap juga kalau urus KTP/KK bisa lewat SMS berarti foto juga bisa lewat MMS, selamat
    ——–
    Hi MAs Eddy Prassetyo,
    Terimakasih atas support dan apresiasinya.
    Tapi sementara waktu kita dahulukan cek KTP via SMS nya dulu, sedangkan untuk buat KTP nya akan melihat sikon yg ada.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  6. PAK SAYA PAHAM MASALAH KTP MERUPAKAN MASALAH YG SANGAT CRUSIAL….TP ADA YG LEBIH CRUSIAL DARI ITU.. SEKALI2 BAPAK JG HARUS MELAKUKAN SIDAK NARKOBA MELALUI TES URINE TERHADAP PEGAWAI NEGRI. BPK BISA MEMULAINYA DARI LINGKUP YANG ADA DI KANTOR SEKRETARIS DI BATAM CENTRE. KARNA SAYA YAKIN. JIKA INI DILAKUKAN AKAN ADA HAMPIR DSETENGAH DARI PEGAWAI BAPAK YANG AKAN DIBERHENTIKAN SECARA TIDAK HORMAT.
    SARAN SAYA SIDAK DILAKUKAN SETELAH HARI LIBUR(WEEK END)…INSYA ALLAH KADAR NARKOBA MSH ADA DLM URINE MEREKA.
    BPK MELALUKAN STRATEGI KOMUNIKASI DIRECTLY SEPERTI YANG DILAKUKAN PRESIDEN SBY MELALUI SMS LANGSUNG. PRESIDEN KITA BERHASIL MENERIMA LAPORAN SECARA LANGSUNG DARI RAKYATNYA DAN TELAH MENYELESAIKAN BANYAK PERMASALAHAN SESUAI APA YG DILAPORKAN RAKYATNYA…..BAGAIMANA DGN BAPAK? APA SITUS INI HANYA AKAN MENJADI “SITUS LATAH” TERHADAP STRATEGI SBY…..SECARA TEKHNIS SAYA YAKIN BAPAK BISA MEMBUAT SEKENARIO YG SEMPURNA UNTUK OPERASI INI. YG SAYA TUNGGU ADA ADALAH BUKTI……………..
    ———-
    Hi Mas Suara,
    Terimakasih atas masukan dan dorongan nya ini merupakan masukan berharga, kami akan coba tindak lanjuti walaupun perlu kerja keras untuk itu.

    Saya setuju akan perlunya mengefektifkan sarana komunikasi kepada masyarakat ini baik via SMS maupun website.

    Tapi tentu ini juga bukan karena latah mengikuti SBY, karena saya sudah biasa dengan Internet dan website bahkan jauh sebelum SBY saya kenal, jauh sebelum 2004. (Just to clarify)

    Giamnapun saya sadar bahwa masukan anda cukup jujur dan perlu menjadi perhatian kami.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  7. Saya sepakat, kita harus berdayakan sistem yang kita bangun dg sulit-sulit ini. Dengan membagi data/menghubungkan data dengan sistem yang lain, sehingga keberlanjutan sistem ini semakin terjamin.
    Dan bos-bos besar seperti Pak Ria, Pak Wako, Bos BI batam, Bos Poltabes dst sevisi dengan creator sistem ini.

    Karena ketika kita apply Paspor, Pasang telepon, jadi nasabah bank, mereka membutuhkan fotocopy KTP. Kenapa tidak Pemko Batam menyediakan semacam WebService informasi KTP. Sehingga sumber data dijamin valid.
    ————–
    Insya Allah Mas Younan,
    Kita akan genjot terus nilai tambah SIAK ini untuk kemudahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, kami sudah menawarkan ke beberapa stack holder yg lain.

    New Info dalam waktu kedepan kami juga akan meng integrasikan RS bersalin yg siap untuk bisa entry akte kelahiran secara Online dan otomatis akan di print dan ditandatangani oleh Disduk.
    Do’a kan saja agar keberadan SIAK ini akan terus dapat memacu kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  8. Assalamualikum Pak Ria,

    Saya baca di Batam Pos katanya sudah diluncurkan Akte Kelahiran Online. Ini saya rasa sangat bagus. Seandainya data diisi secara on line oleh yang bersangkutan ini akan menghemat waktu dan pekerjaan para pegawai disduk. Seandainya warga batam melek IT 10% saja bayangkan keuntungan waktu dan pekerjaan yg bisa dihemat dan dimamfaatkan kedalam tugas-tugas lainnya.
    Anyway, bagaimana cara registrasi dan pengisian data online nya..? Mohon batuannya…

    Wassallam,
    Aji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s