Dewan Bentuk Pansus Zakat

Rabu, 04 Pebruari 2009
BATAM CENTRE- DPRD Kota Batam akhirnya membentuk Panitia Khusus (Pansus) tentang pengelolaan zakat di Batam. Pembentukan Pansus yang diketuai oleh Didi Suryadi itu setelah melewati proses lobi saat skor sidang paripurna pembentukan Pansus Zakat, Selasa (3/1) kemarin.

Tim lain yang mendampingi Didi adalah, M Kholiq dari PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua, dan Mustamin Husein dari PKS sebgai Sekretaris. Sebagai anggota Pansus, terdiri dari Wardi Atmowiyo (FPDIP), Amiruddin (FPKS), Yudi Kurnain (FPAN), Setyasih Priherlina (FPKS), Raja Abdul Gani (FPG), Irlan Gusti (FPD) dan Suheini (FPPP-Plus).

Sementara, dua fraksi lain yakni F-Partai Damai Sejahtera dan F-Aliansi Nasional tidak menyertakan anggotanya ke dalam Pansus karena dalam pandangan terhadap usulan pembahasan ranperda zakat ini, masing-masing anggota dari kedua fraksi tersebut menolak untuk dilibatkan.

Selanjutnya, Pansus zakat ini sudah mulai bertugas melakukan pembahasan terhadap materi-materi yang terkandung di dalam ranperda zakat di Kota Batam.

Wakil walikota Batam Ria Saptarika yang hadir dalam rapat paripurna itu mengaku senang dan menyambut baik terbentuknya tim Pansus zakat DPRD Kota Batam ini. Tanpa ragu, ia menyatakan dukungan penuh Pemko Batam terhadap pembahasan ranperda zakat ini.

Zakat, kata Ria merupakan bukti ketaatan umat manusia kepada Allah SWT. Tak hanya itu, zakat juga cermin dari kepedulian manusia dengan sesamanya.

“Zakat juga bisa menjadi langkah alternatif pemecahan masalah atas krisis yang tengah melanda kita. Sekaligus membantu pemerintah untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat miskin di Kota Batam,” katanya.

Sebab itu, lanjut Ria, Pemko Batam merasa yakin bahwa eksplorasi zakat melalui perda, bisa membuat pengelolaan zakat yang lebih sempurna dan terarah. “Pemko setuju ranperda zakat ini dibahas DPRD,” tutup Ria. (sm/yr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s