Timses Raden Klarifikasi Kehadiran Wawako

Rabu, 04 Pebruari 2009
BATAM CENTRE – Tim sukses calon anggota DPD RI Raden Hari Tjahyono mendatangi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Batam, Selasa (3/2). Kedatangan mereka untuk mengklarifikasi kehadiran Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika dalam deklarasi Raden Hari Tjahyono beberapa waktu lalu.

Agus Purwanto, Ketua Tim Sukses Raden Hari Tjahyono mengak bahwa kedatangannya, untuk bersilaturahmi. Tapi yang terpenting adalah, pihaknya ingin merembukkan persoalan dugaan pelanggaran kampanye saat menggelar deklarasi calon DPD RI nomor urut 25, Raden Hari Tjahyono (Raden) yang dihadiri Wakil Walikota Batam Ria Saptarika.

“Intinya pertemuan ini silaturahmi, kalaupun ada masalah kecil itu sifatnya kehilafan. Ini juga penting bagi tim kami untuk lebih memahami konsep dan aturan yang ada, terkait kampenye. Paling tidak ke depannya akan lebih baik dan saling berbagi informasi,” kata Agus kemarin.

Dikatakan, kehadiran Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika pada deklarasi calon DPD RI Raden Hari Tjahyono, Minggu (25/1) lalu di Sawung Sunda Sawargi (SSS) Pelita merupakan undangan pribadi, dan bukan atas nama wakil walikota Batam. “Dia secara pribadi kita undang, dan bukan atas nama aparatur pemerintah. Untuk diketahui kehadirannya pada saat itu bukan kampanye melainkan deklarasi,” katanya.

Di tempat terpisah Ketua Panwaslu Kota Batam, Haryanto menegaskan, setiap aparatur pemerintah atau pejabat negara yang hadir dalam sebuah kampanye atau deklarasi terbuka maupun tertutup yang digelar oleh salah satu partai politik, caleg atau perseorangan misalnya calon DPD RI, tidak diperbolehkan.

“Jelas tidak boleh, apapun alasannya, dan yang bersangkutan bisa dikenakan sanksi pidana pemilu,” tandasnya.

Meskipun demikian, panwaslu sendiri masih sebatas memberikan sanksi lisan. “Kita baru sebatas memberikan sanksi lisan saja. Baik terhadap calon DPD RI yang menggelar deklarasi maupun kepada Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika selaku tamu undangan pada saat itu. Nah ke depannya untuk tidak diulang kembali,” tegurnya. (sm/ts)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s