KPK: Itu Banyak Lho Kasusnya

KPK: Itu Banyak Lho Kasusnya
Kamis, 12 Pebruari 2009

Akui Turunkan Tim ke Batam

JAKARTA (BP) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya mengakui juga tentang adanya tim yang dikirim ke Batam. KPK memang tengah membidik beberapa kasus korupsi di Batam. Yang mengejutkan, ada banyak kasus di Batam yang dibidik KPK.
Hal itu diungkapkan Wakil Ketua KPK M Jasin kepada Batam Pos di sela-sela rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR, Rabu (11/2) petang. “Namanya juga KPK, jadi kita periksa sana-sini. Untuk Batam memang kita kirim tim. Batam itu banyak lho kasusnya,” beber Jasin dengan mimik serius.
Hanya saja, mantan Direkrut Litbang KPK ini enggan menyebutkan kasus korupsi di Batam apa saja yang dibidik KPK. Alasannya, kasus-kasus dugaan korupsi di Batam yang ditangani KPK masih dalam tahap penyelidikan. “Kalau kita sebut satu-satu, bisa-bisa nanti yang mau diperiksa sudah beres-beres duluan,” kilahnya.
Namun saat disinggung apakah tim KPK yang sejak pekan lalu berada di Batam itu juga menyelidiki kasus hutan Dam Baloi, Jasin memang tidak menampiknya. “Itu hanya salah satunya,” ungkap peraih gelar doktor ini.
Bagaimana dengan informasi yang berkembang bahwa KPK juga membidik kasus gratifikasi di DPRD Batam, Jasin langsung membantah. Alasannya, untuk kasus gratifikasi ke DPRD biasanya uangnya tidak banyak.
“Bukan itu (gratifikasi). Kalau gratifikasi itu berapa sih jumlahnya? KPK cuma menangani satu kasus gratifikasi dari sekian banyak laporan. Kecuali kalau miliaran, karena kalau nggak besar kita nggak mau,” katanya.
Sedangkan juru bicara KPK Johan Budi SP juga mengakui adanya tim KPK yang berada di Batam. “Tetapi kasusnya masih penyelidikan, jadi saya tak bisa sebut apa saja untuk kepentingan penyelidikan,” imbuhnya.
Seperti diketahui, tim KPK sejak pekan lalu berada di Batam. Sejumlah pihak disebut-sebut telah dimintai keterangan, meski belum diketahui persis dalam kasus apa pemeriksaan itu dilakukan. Tim KPK dikabarkan telah memeriksa Bagian Keuangan Pemko Batam dan sejumlah pejabat lainnya.
Wawako Segera Panggil Sekdako
Wakil Wali Kota (Wawako) Batam Ria Saptarika mengatakan, secara pribadi dirinya tidak tahu menahu soal aksi anggota KPK yang mengobok-obok kantor Wali Kota Batam, pekan lalu. Untuk itu, ia akan segera meminta keterangan dari Sekreataris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Agussahiman.
“Saya asli (benar-benar) ingin tahu,” kata Ria usai membuka pelatihan e-Procurement pengadaan barang dan jasa sektor pemerintah versi Bappenas di gedung Politeknik Batam, Rabu (11/2).
Ria mengatakan, sejauh ini belum ada laporan dari Sekdako atau dari pihak manapun. Menurutnya, ia baru mengetahui adanya kunjungan anggota KPK ke kantor Walikota Batam dan DPRD Batam, melalui pemberitaan di media. Ria mengatakan, berita pemeriksaan anggota KPK tersebut merupakan hal yang sensitif, namun ia membantah jika dirinya mencoba menutup-nutupi fakta yang ada. “Demi Allah, saya tidak tahu secara detail. Saya hanya tahu setelah membaca koran,” kata Ria menegaskan.
Orang nomor dua di Pemko Batam ini justru menyarankan agar wartawan mencari tahu informasi lengkapnya langsung ke Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. “Langsung ke Batam 1 (Walikota) saja, supaya berita ini keluar melalui satu pintu,” katanya.
Dalam kesempatan tersebut Ria menyampaikan, jika benar ada pemeriksaan dan audit oleh anggota KPK, itu merupakan hal yang wajar. Menurutnya, langkah ini harus disikapi secara positif untuk menciptakan transparansi dan klarifikasi sebuah masalah. “Akan terlihat, mana yang ngarang dan mana yang benar,” katanya.
Saat dikonfirmasi, Sekdako Batam Agussahiman menolak untuk komentar. Melalui pesan singkatnya Agussahiman malah meminta wartawan untuk bertanya ke bagian Humas Pemko Batam. (ara/cr1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s