Cek KTP Lewat SMS

Written by anto
Sabtu, 21 Pebruari 2009
Ketik Reg Batam Kirim ke 9168

BATAM,TRIBUN – Bagi Anda yang mengajukan permohonan KTP dan KK ke kantor kecamatan, mulai 1 Maret 2009 bisa langsung memantau sejauh mana proses membuatan KTP Anda lewat SMS.

Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, dan Presiden Direktur Telkomsel, M Iqbal, membuat kerja sama pengecekan KTP lewat layanan SMS di lantai V Kantor Pemko Batam, Jumat (20/2). Dengan layanan ini, menurut Ria Saptarika, masyarakat akan tahu kapan KTP nya selesai diproses.

“Kita mengadakan kerjasama dengan Telkomsel untuk meringankan beban masyarakat. Selama ini untuk mengurus KTP harus bolak-balik ke Kantor Camat. Biaya yang dikeluarkan cukup banyak termasuk waktu,” kata Ria Saptarika.

Ria mengatakan kerja sama ini tidak ada profit sharing dengan Pemko. “Kita melakukan ini untuk memudahkan layanan kepada masyarakat. Setelah mendaftar, kemudian mereka mengecek proses pembuatan KTP kapan selesai,” katanya.

Untuk mengecek proses pembuatan KTP dan KK cukup mengetik reg Batam nomor register KTP lalu dikirim ke 9168. Telkomsel akan memberi informasi terkait proses KTP yang dimaksud. Begitu juga dengan KK, tinggal ketik reg Batam nomor register KK, lalu dikirim ke 9168. Biaya sekali SMS Rp500.

Wawako menyebut sistem SMS itu ditawarkan kepada semua operator tapi hanya Telkomsel yang menyambutnya. Kebetuilan pula pemakaian nomor terbanyak di Batam adalah nomor Telkomsel.

Rudi dari Telkomsel mengatakan pihaknya terus melakukan perbaikan jadi tidak ada lagi SMS gagal.

“Kalau ada menyebut SMS gagal itu isu yang sudah usang dua tahun lalu. Sekarang layanan SMS kita bagus dan cepat,” katanya.

Untuk mengetahui proses pembuatan KTP mulai dari pendaftaran sampai selesai paling banyak 7-8 SMS untuk KTP dan 10 SMS untuk KK. Tapi apabila nomor register diingat cukup hanya tiga kali SMS sudah selesai mulai dari proses sampai selesai akan diinformasikan.
Untuk pembuatan KTP, Pemko terus melakukan berbagai upaya termasuk menggunakan tanda pengaman khusus atau kode pada KTP dan KK. Selain itu ada juga security number yang bisa dipergunakan Disduk untuk mengecek kebenaran identitas seseorang yang dicurigai keasliannya. (hat)

6 thoughts on “Cek KTP Lewat SMS

  1. Assalammu’alaikum Pak Ria..

    Pak saya minta tolong dikirim kan keputusan Walikota Batam tentang RT/RW…Tugas dan Fungsi serta keputusan yang lainnya mengenai hal tersebut. dan perangkat lainnya

    tolong dikirimkan ke rahm@tdonni.co.cc
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalammu’alaikum
    )I( Rahmat Donni )I(
    ———–
    Hi Pak Rahmat, Assalammu’alakium wrwb.
    RT/RW Rencana tata ruang & wilayah atau rukun Tetangga?.

    Wassalam
    Ria

  2. misi pak saya ini adalah warga batam,,,,,

    kalo saya sih masi SMP jadi blom pake KTP,,,

    tdi’arapin kunjungan baliknya ya,,

    terima kasih,,,,
    ———–
    Iya ech!

  3. Saya salah satu staf Ditjen. Adminduk, Depdagri. Tahun 2008, bersama Bapak Kadis Dukcapil Kota Batam menghadap dan melapor kepada bapak tentang pelaksanaan tugas fasilitasi operasional SIAK.

    Kesan pertama yg saya peroleh, atas tanggapan dan arahan yg bapak sampaikan. Bahwa Bapak selaku Wakil Walikota Kota Batam, merupakan salah satu pejabat yg sungguh-sungguh komit dgn penerapan SIAK, serta kreatif mengembangkan operasional SIAK.

    Berawal dr kesan indah pertama, di sela-sela kesibukan memfasilitasi operasional SIAK Kab/Kota, saya sering berkunjung (browsing) ke website, http://www.riasaptarika.web.id

    Saya juga baru membangun blog Admin SIAK sbg salah satu media fasilitasi bagi teman-teman pengelola SIAK. Sehubungan 2 (dua) tulisan tentang Cek KK dan KTP Bisa via Ponsel sangat menarik dan bermanfaat bagi pengelola SIAK se Indonesia, maka mohon ijin kedua tulisan dapat saya posting di blog http://salehsiak.blogspot.com

    Atas perhatian dan perkenaan Bapak mengijin kedua tulisan di-posting, saya haturkan terimakasih.

  4. wah… salut deh buat kependudukan batam yang udah maju dalam segi pelayanannya, salam kenal aja dari wawan asal Kabupaten Bulungan (Kalimantan Timur). kebetulan saya admin di Dispencapilnya. Salut…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s