Tinggal Ketik Reg, Spasi…

Sabtu, 21 Pebruari 2009

Maret, Cek KK dan KTP Bisa via Ponsel

Maret nanti, pengecekan status Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dapat dilakukan melalui ponsel. Kemarin (20/2), MoU kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemko) Batam dengan PT Benang Komunika Infotama yang adalah mitra kerja Telkomsel, ditandatangani di lantai V Kantor Wali Kota Batam.

Caranya, cukup ketik Reg (spasi) Batam dan kirim ke 9168. Setelahnya, pengirim SMS akan mendapat balasan dari operator berupa pilihan status apa yang akan ditanyakan.
Bisa juga, bagi yang sudah tahu, pengiriman SMS dipersingkat, yakni dengan mengetik Reg (Spasi) Batam (spasi) nomor registrasi pengurusan KTP atau KK.
Setiap pengiriman, tidak dikenai biaya sampai ada respon dari operator penyedia layanan ini, yakni sebesar Rp500 per SMS yang diterima. Saat ini, baru operator Telkomsel saja yang menyediakan layanan ini.
Sebenarnya, kata Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika usai penandatanganan MoU, semua operator selular dihubungi untuk diajak bekerja sama.

Tapi baru Telkomsel saja yang merespon cepat,” kata Ria.
Tadinya, biaya yang dikenakan sempat ditawarkan layaknya tarif premium, dengan kompensasi Pemko Batam akan mendapat bagian keuntungan. Namun Ria menegaskan bahwa tujuan layanan ini adalah untuk memudahkan masyarakat, maka diambillah tarif terendah yang masih dapat menutupi investasi dan layanan operator penyedia layanan. “Kita tidak dapat bagian keuntungan apa pun dari layanan ini,” ungkap Ria lagi.
Kerja sama ini, untuk tahap awal direncanakan selama tiga bulan dulu. Jika dinilai cukup prospektif, akan dilanjutkan untuk waktu lama.
Direktur PT Benang Komunika Infotama Iqbal Farabi mengatakan, pada tahap awal, baru pengecekan status KTP dan KK yang dapat dilayani. Ke depan, mendukung m-gove, layanan ini bisa juga digunakan untuk mendaftarkan KTP dan mengentri data. Untuk proses KTP dari awal, katanya, maksimal pengirim akan menerima delapan SMS.
Jika data yang dimasukkan salah, maka maksimal terkirim hanya tiga kali saja. “Ini lebih efektif dan hemat dari pada datang langsung ke kantor kecamatan atau Dinas Kependudukan,” tambah Business Development Head PT Benang Komunika Infotama yang mendampingi Iqbal, Pinio Nainggolan.
Pengirim, lanjut Pinio, juga tidak harus mengirimkan berkali-kali SMS untuk mengecek status KTP dan KK. Sebab jika selesai dan KTP atau KK siap diambil, operator akan otomatis menginformasikan.
Layanan SMS online ini, adalah layanan berbasis IT kedua yang diberikan Pemerintah Kota Batam dalam hal pengecekan status KTP dan KK. ***

2 thoughts on “Tinggal Ketik Reg, Spasi…

  1. Pak Wawako yth,
    Setahun yg lalu (Mar 2008) saya mengurus KTP ibu saya (pindahan dari luar, lengkap dgn surat pindah) di kec. Belakang Padang. Dalam 3 minggu KTP sudah jadi, tapi saya lupa menanyakan KKnya (waktu ngurus lewat perantara). Apa KK otomatis dibuat pada saat pengajuan pembuatan KTP? Bagaimana menge-check KK sudah selesai atau belum?
    Terimakasih atas tanggapannya

    Wassalam,
    Joel
    ———
    Silahkan kirimkan biodata lengkap anda ke email saya termasuk NIK nya.
    Saya khawatir bahwa KTP anda malah tidak terdaftar karena suatu dan lain hal.

    Demikian & Wassalam
    Ria

  2. Assalamu’alaikum wr wb,
    Pak Wawako yth,
    Terimakasih atas tanggapannya. Berikut ini data dari ibu saya (sesuai KTP):
    – NIK : 2171014503490001
    – Nama : Hj. Zunimar
    – TTL : Pd. Pariaman, 05-03-1949
    – Jenis kelamin : Perempuan
    – Alamat : Dapur Arang RT003/RW004, Tanjung Sari, Belakang Padang, BATAM.
    KTP dikeluarkan pd tgl 14-04-2008.
    Demikian informasinya Pak.
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Jazakallahu.

    wassalam,
    Joel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s