Bapedal Harus Proaktif

Senin, 23 Pebruari 2009

BATAM (BP) – Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam diminta proaktif menangani persoalan limbah di Kota Batam. Sebab, persoalan limbah tidak hanya satu dua kali terjadi, namun sudah sering kali.
Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika menekankan, pegawai Bapedalda agar tidak main-main menangani limbah, termasuk yang baru-baru ini ditemukandi daerah Sagulung. Ria sendiri, mengaku sering menerima SMS mengadukan soal limbah. “Saya sudah tekankan ke Bapedal (untuk menangani soal limbah),” kata Ria di ruang kerjanya, kemarin.
Sejauh ini, Bapedal melaporkan bahwa contoh limbah yang ditemukan di Sagulung, sudah dicek tim kementerian lingkungan hidup (KLH). “Jika terbukti itu limbah B3, harus di reekspor ke daerah asalnya,” tegasnya.
Sayangnya, kenyataan yang terjadi seolah kasus limbah ini terhenti saat diteliti di laboratorium. Tidakkah Pemko berencana membangun laboratorium sendiri untuk mengantisipasi hal ini? “Sebaiknya punya (laboratorium) sehingga lebih mempercepat proses,” katanya didampingi Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri.
Laboratorium, lanjutnya, bisa juga menjadi sumber pendapaat daerah, namun tidak dengan sistem seperti transporter limbah di Cieulengsi, yang dikomersilkan.
Kemarin, persoalan limbah ini juga diangkat oleh Komisi I DPRD Kota Batam dalam rapat dengar pendapat (RDP). Dalam RDP itu, LSM Maritim yang membawa kasus ini ke DPRD, menyampaikan keluhan ada warga yang menderita gatal-gatal. Pimpinan sidang Ruslan Kasbulatov meminta agar kasus ini diusut sesuai hukum.
Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Kota Batam tampaknya serius dalam menangapi kasus PT Jace Octavia Mandiri (PT JOM) yang mengimpor limbah jenis cooper sludge dari Korea beberapa waktu lalu. Dalam waktu dekat, Komisi I bakal membentuk tim khusus (Timsus) untuk menyelidiki kasus tersebut.
Rencana pembentukan Timsus tersebut dicetuskan saat Komisi I menggelar rapat dengar pendapat (RDP) soal izin impor limbah di ruang rapat Komisi I DPRD Kota Batam, Jumat (20/2) lalu. Ketua Komisi I Ruslan Kasbulatov mengatakan, Timsus ini perlu dibentuk. Sebab ia menilai Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) tidak tegas, dan Bea dan Cukai (BC) dinilai teledor dalam pemeriksaan barang masuk.
Anggota Komisi I Supandi mengaku kecewa, sebab tak satupun perwakilan dari PT JOM yang hadir dalam RDP tersebut. “Ini pelecehan,” ujar Supandi. Untuk itu, Supandi mengusulkan digelar RDP kedua dan ketiga. “Jika sampai RDP ketiga tak datang juga, maka kami akan minta polisi untuk menjemput secara paksa,” ujarnya.
Kepala Bapedalda Kota Batam Dendi N Purnomo mengatakan, limbah yang diimpor oleh PT JOM tersebut belum tentu mengandung bahan B3. “Belum ada hasil tes laboratorium. Jadi masih dugaan saja,” katanya.
Meski kasus ini masih dalam tahap penyidikan, namu kapal Xin Guang 7 yang mengangkut limbah tersebut sudah dilepaskan oleh BC. Menanggapi hal ini, Dendi mengatakan, BC dan Bapedalda tidak menahan kapal dengan alasan untuk mengurangi keresahan masyarakat. “Walau kapal dibebaskan, penyidikan tetap berlanjut,” katanya.
Selain itu, kata Dendi, limbah yang saat ini ditampung di gudang milik PT Jeni Putra di Sagulung masih dalam pengawasan Bapedalda. Selain dilarang untuk digunakan, limbah tersebut juga tidak boleh dipindahtangakan atau diperjual belikan ke pihak lain. Dendi juga meminta, PT JOM segera mengemas limbah tersebut ke dalam jumbo pack agar tidak tersebar ke sekitar tempat penampungan.
Namun demikian, hingga saat ini limbah sebanyak 3.800 ton itu masih ditampung di area terbuka. Hal ini disampaikan Camat Sagulung, Zulkifli yang juga hadir saat RDP, kemarin. “Pasirnya (cooper sludge) belum dibungkus. Dan ini meresahkan warga sekitar,” ujar Zulkifli. (ary/cr1)

5 thoughts on “Bapedal Harus Proaktif

  1. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Bagaimana sistem kaderisasi PKS ?apakah hanya siapa yang mau bergabung, atau diadakan pemilihan dengan syarat2 tertentu? jazakumulloh
    ———-
    Hi Pak Supriyanto, Assalammu’alaikum wrwb.
    Tidak ada persyaratan berat asal mau ikut pembinaan rutin sekali sepekan atau setidaknya sekali se bulan cukup deh!

    Untuk kontak2 silahkan lihat disini: http://pks-batam.org

    Demikian semoga bermanfaat.
    Wassalam
    Ria

  2. Bagaimana carany bergabung menjadi simpatisan PKS ?
    ———-
    Hi Pak Supriyanto, Assalammu’alaikum wrwb.
    Tidak ada persyaratan berat asal mau ikut pembinaan rutin sekali sepekan atau setidaknya sekali se bulan cukup deh!

    Untuk kontak2 silahkan lihat disini: http://pks-batam.org

    Demikian semoga bermanfaat.
    Wassalam
    Ria

  3. Ass.Wr.Wb.

    Bpk Ria yang kami hormati, beberapa kali saya berdiskusi dengan teman2 pegawai di lingkungan Pemko Batam khususnya ibu2 yg sdh berkeluarga dan mempunyai momongan yg masih balita, kebanyakan merasa kesulitan dalam mengasuh anak (bila yg tdk mempunyai pengasuh anak, anak belum bersekolah, seandainya bisa dititipkan ke TPA kesulitan antar jemputnhya). Apakah bisa dipertimbangkan semacam dibuat TPA yang dikelola oleh Pemko Batam (mgkn di bawah pengawasan Bagian PKK tentunya dg kompensasi yg sama saat menitipkan di TPA) yg lokasinya berada di lingkungan Pemko atau yg berdekatan sehingga memudahkan akses mengantar dan menjemput anak. Hal ini tentunya akan berpengaruh kepada kinerja pegawai khususnya ibu2 sehingga diharapkan kedisiplinan (jam masuk atau pulang) lebih tercapai dan membantu kemudahan pengawasan anak.

    Terima kasih atas tanggapannya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

  4. Salam pak Ria
    saya sebagai warga di kelurahan sagulung kota rt 06 rw11
    menyampaikan hal limbah yang ada di lingkungan kita.
    bentuk limbah nya kotoran perebusan ikan yang dibuang ke kali(parit) sehingga sangat menggangu bau yang sangat amis
    tolong bagai mana kami agar masalah ini dapat di selesaikan
    salam,,,,
    dari kami masyarakat RT 06 RW 11 Kel. sagulung kota

  5. Mohon bantuannya. kami peternak ikan di danau duri angkang batam. dalam 2 hari ini banyak ikan mendadak mati. banyak yang mengantungkan penghidupannya sebagai peternak dan nelayan. mohon bantuan untuk menindaklanjuti kemungkinan pembuangan limbah ke danau duri angkang. terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s