Sakit Kelamin Harus Bayar

Senin, 23 Pebruari 2009

Pemko Batam sedang meninjau ulang layanan berobat gratis di puskesmas untuk masyarakat. Pasalnya, banyak keluhan yang muncul dari paramedis di lapangan, termasuk stok obat yang cepat habis.
Pemko, seperti dituturkan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika kemarin di Sekupang, akan menentukan jenis penyakit bisa dan tidak bisa mendapat layanan ini. Salah satunya adalah penyakit kelamin. Pemerintah tidak ingin orang yang berpenyakit kelamin, yang kebanyakan karena kesalahan sendiri, dibiayai pengobatannya oleh pemerintah.
Selain menentukan jenis penyakit yang dapat dilayani dengan program ini, Pemko juga tidak akan menggratiskan lagi berobat semua kalangan di puskesmas.
Untuk itu, masyarakat akan diklasifikasikan berdasarkan tingkat kesejahteraannya.
Karena prinsipnya, kata Ria, layanan berobat gratis adalah untuk masyarakat pra sejahtera satu sampai tiga. “Untuk itu, masyarakat kurang mampu diimbau melapor kepada RT atau RW,” kata Ria.
Di sisi lain, Pemko bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam juga telah mulai memverifikasi jumlah masyarakat miskin. Sekaligus untuk memastikan siapa yang berhak mendapat layanan berobat dengan Jamkesmas. “Silakan lapor ke RT atau RW, setelah itu, kita cek kebenarannya,” kata Ria kemarin di Sekupang.
Rencana pengklasifikasian ini, menurut Ria, tidak akan sulit. Apalagi jika data kependudukan dilinkkan ke Puskesmas-puskesmas.
Di data yang dilinkkan itu, akan dicantumkan kelompok masyarakat, apakah prasejahtera satu, dua atau tiga. “Dengan begitu, tidak perlu lagi buat kartu khusus,” ujarnya.
Dalam APBD Kota Batam, juga dianggarkan dana bagi masyarakat miskin tambahan yang belum mendapat kartu Jamkesmas. Akan tetapi, Pemda hanya membantu biaya berobat di rumah sakit lokal. Sementara bagi kuota Jamkesmas yang terdaftar di Departemen Kesehatan (Depkes) biaya berobat ditanggung hingga ke rumah sakit luar Batam apabila memang rumah sakit di Batam tidak mampu menangani. (ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s