Urus SKCK langsung ke Poltabes

Written by anto
Selasa, 24 Pebruari 2009

Tak Perlu Rekomendasi Kecamatan Kerjasama dengan Dinas KependudukanUrus SKCK langsung ke Poltabes

BATAM,TRIBUN- Warga Batam yang hendak mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) kini tidak perlu repot-repot lagi meminta surat rekomendasi ke kecamatan. Pasalnya Dinas Kependudukan telah bekerjasama dengan Poltabes Barelang untuk saling mengakses. Kerjasama ini tertuang dalam penandatanganan MOU antara Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika, dengan

Kapoltabes Barelang, Kombes Slamet Riyanto, di lantai II Poltabes Barelang, Senin (23/2).
Ria Saptarika mengatakan kerjasama untuk link database masyarakat yang sudah memiliki KTP Siak di Dinas kependudukan dengan Poltabes Barelang sudah direncanakan sebulan yang lalu. Rencananya bulan Maret 2009 kerjasama database ini sudah berjalan.

“Kerjasama ini untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang ingin membuat SKCK di Poltabes Barelang sekaligus menekan praktik percaloan. Jadi warga yang sudah memiliki KTP Siak tidak perlu repot-repot lagi meminta surat rekomendasi ke kecamatan,” ujar Ria Saptarika. Bagi yang tidak terdaftar di database otomatis tidak akan bisa mengurus SKCK di Poltabes Barelang.

Menurut Ria, pelayanan online ini sangat membantu petugas yang membuat SKCK dan juga masyarakat yang mengurusnya. ‘’Mungkin ke depan akan kita sandingkan juga untuk ke pengurusan Surat Izin Mengendara (SIM) dan paspor. Jadi data msyarakat yang akan mengurus surat-surat seperti di atas tersebut bisa entri langsung,” ungkap Ria.

Sementara itu Kapoltabes Barelang, Kombes Slamet Riyanto, mengatakan program kerjasama secara online pengurusan SKCK ini adalah hadiah terakhir dari Wakil Wali Kota Batam baginya. Sebab hari ini sudah menjadi hari yang terakhir bagi Slamet menjabat sebagai orang nomor satu di jajaran Poltabes Barelang.

“Kerjasama secara online ini adalah bentuk kerjasama yang modern yang akan dilaksanakan oleh Polri. Sangat membantu kerja anggota dan menambah wawasannya tentang kemajuan teknologi,” ujarnya.
Dengan adanya kerjasama ini sangat membantu pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat. “Bisa mengakses data masyarakat yang sudah memiliki KTP Siak untuk mengurus pembutan SKCK tentu akan mengurangi praktik percaloan,” pungkas Slamet. (apr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s