Taman Internet Batam pertama di Sumatra!

Ternyata Taman Internet Engku Putri di Batam menjadi taman Internet pertama di Sumatra! hal ini diketahui saat saya blogwalking ke Blog nya GM telkom Regional Sumatra Bapak Awaluddin.

Gimana kalau se Indonesia ya?

berikut hasil blogwalking tersebut:

Tamanpun sekarang sudah ada internet hotspotnya

TELKOM OPERASIKAN TAMAN AHMAD YANI SEBAGAI TAMAN DIGITAL PERTAMA DI SUMATRA UTARA

Medan, 21 November 2008. Usai melaksanakan Senam Kesegaran Jasmani bersama karyawan/wati Telkom di Taman Ahmad Yani – Medan, pada Jum’at ( 21/11) pagi tadi, Telkom juga secara resmi mengoperasikan berdirinya “TelkomHotspot Taman Ahmad Yani serta sekaligus menjadikan taman tersebut sebagai “Taman Digital Pertama” di Sumatra Utara atau yang ketiga di Sumatra setelah sebelumnya 2 Taman Digital dibangun di Batam, yaitu di Taman Engku Putri Pemko Batam dan Taman Internet Tiban Center – Sekupang.

Peresmian beroperasinya Taman Digital Akhmad Yani – Medan tersebut dilakukan langsung oleh Executive General Manager (EGM) Telkom Divre I Sumatra, Muhammad Awaluddin yang kemudian dilakukan demonstrasi langsung melakukan akses internet dengan menggunakan Kartu Speedy Prepaid oleh karyawan/wait Telkom. Acara yang berlangsung cukup meriah tersebut juga disaksikan Deputy EGM Divre I Sumatra Ignatius Bambang Budi Suranto, General Manager Kandatel Medan Overlis, Deputy General Manager Kandatel Medan Firmansyah serta sejumlah Senior Leader Jajaran Management Kantor Telkom Divisi Regional dan Kandatel Medan.

Muhammad Awaluddin kepada sejumlah wartawan yang ikut menyaksikan pengoperasian Taman Digital Ahmad Yani menjelaskan, dengan telah terbangunnya Taman A Yani sebagai Taman Digital yang difasilitasi TelkomHotspot maka pengunjung Taman A Yani akan secara mudah dan nyaman bisa melakukan akses internet broadband, baik menggunakan laptop / notebook atau menggunakan PDA (handphone) yang sudah support Wi- Fi (wireless Fidelity).

“Taman Akhmad Yani lokasinya sangat strategis yang dikelingi insitusi pendidikan (sekolah), rumah sakit dan perkantoran pemerintah. Dengan lokasi yang sejuk dan fasilitas lengkap yang selalu dipelihara oleh Pemko Medan maka taman ini selalu saja ramai dikunjungi orang dan sangat strategis untuk mengenalkan teknologi internet ke masyarakat”, ujar Muhammad Awaluddin.

Dia juga menambahkan, peresmian Taman Ahmad Yani sebagai Taman Digital merupaan Starting Point yang sangat bagus untuk menfasilitasi ruang publik dengan sarana ICT. Menurutnya, ada empat indikator kepiawaian dalam mengelola produk yaitu : market share, customer share, revenue share dan Branding share. Sehingga, menurut Muhammad Awaluddin, yang dilakukan Telkom pada hari ini adalah termasuk bagian dari upaya melakukan peningkatan branding share speedy di masyarakat.

Kedepan, pembangunan TelkomHotspot ini akan terus digelar di seluruh Sumatra. Sampai dengan posisi bulan Oktober 2008, jumlah TelkomHotspot yang sudah terbangun di seluruh Sumatra sebanyak 1.226 titik hotspot yang tersebar di 8 Kandatel (Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi), yaitu di Aceh sebanyak 73 titik, Medan 121 titik, Sumatra Utara 37 titik, Sumatra Barat 85 titik, Riau Daratan 172 titik, Riau Kepulauan 230 titik, Sumatra Bagian Selatan 354 titik dan Kandatel Lampung sebanyak 154 titik. Hingga saat ini jumlah TelkomHotspot yang sudah terbangun sebanyak 2000 titik dan diharapkan sampai akhir tahun bisa mencapai 5000 titik TelkomHotspot.

Sedangkan fokus pembangunan TelkomHotspot kedepan akan lebih diarahkan ke publik area, sehingga diharapkan akan lebih mudah dikenal masyarakat, seperti di rumah sakit, taman, perkantoran, mall, restoran, cafe, fasilitas umum di perumahan dll. Namun dia juga mengakui, untuk membangun di lokasi-lokasi tersebut, Telkom tidak bisa bekerja sendirian tetapi perlu ada kerjasama dengan pihak lain yang terkait. “Taman Digital Ahmad Yani misalnya, taman ini disupervisi langsung oleh Telkom Kandatel Medan bekerjasama dengan Dinas Pertamanan Pemerintah Kota Medan”, jelas Muhammad Awaluddin.

Sementara itu, GM Kandatel Medan Overlis juga sempat menjelaskan, Telkom Kandatel Medan juga akan terus membangun setidaknya 150 fasilitas TelkomHotspot di wilayah Kandatel Medan dan sekitarnya. Setelah Taman Ahmad Yani, Kandatel Medan juga akan segera melangkapi Taman Sri Deli dengan TelkomHotspot yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan, pembangunan TelkomHotspot di kawasan sepanjang Jl Dr Mansyur – Medan dan Kawasan Stadion Teladan yang masih dalam tahap survey lapangan.

” Mengingat penggunaan akses internet secara mobile sekarang menjadi bagian dari life style masyarakat modern, maka kita juga tidak ingin masyarakat Kota Medan tertinggal dari masyarakat dari daerah lain dalam hal pemahaman terhadap teknologi internet” , ungkap overlis.

(dikutip dari Press Release Telkom Sumatra, 21 November 2008)

Sumber: http://mawaluddin.info

18 thoughts on “Taman Internet Batam pertama di Sumatra!

  1. itulah enaknya kalo Wakil Walikota kita yang tahu teknologi…. tahu perkembangan zaman… rakyat senang…gembira…
    ———
    Alhamdulillah, Terimakasih atas dukungannya.
    Wassalam
    Ria

  2. kalau se indonesia kayaknya gak bisa deh pak, dulu sekali surabaya dah mengawali spt ini CMIIW
    tapi tetep batam oke, sayang taman tamannya blm keliatan pak

  3. enaknya jadi warga kota batam
    pelayanan publik dalam bidang informasi sudah terpenuhi dengan baik
    coba kalau pemimpin daerah lain juga peduli dengan hal ini

    selamat untuk Batam

  4. Saya sangat2 mendukung kebijakan PEMKO Batam dengan adanya Taman Bermain ini, yang dilanjutkan dengan Hotspot dikantor camat, seperti saya warga Griya Batu Aji Asri sangat terbantu dengan adanya hotspot yang baru diresmikan di kantor camat sagulung.

    Saran saya agar hotspot tsb dilengkapi dengan shelter/ tempat duduk seperti di Engku putri.
    ———
    Hi Andie, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas dukungan dan apresiasinya.
    Insya Allah masukan anda juga akan kami tindaklanjuti.
    Do’a kan saja & Wassalam
    Ria

  5. Sebagai warga kota Batam, saya sangat bangga dengan adanya taman internet engku putri ini dan jg dinyatakan sebagai taman internet pertama di sumatra.

    Tentunya ini terwujud salah satunya karena pejabat publik kita yang sangat ingin warganya tidak tertinggal di bidang teknologi dan informasi.

    Sebagaimana kata taman, ini identik dengan kata indah dan rapi. Nah menurut saya, setiap kali saya berolahraga di minggu pagi di taman engku putri ini, saya perhatikan agak kurang dari kata “indah”. keramik nya sdh bolong2 sana sini di jalur track yg dibuat, selain membuat lari pagi kurang nyaman, bentuk nya pun sdh kurang indah lagi.

    kemudian kalo untuk kaum dewasa sdh disediakan taman internet utk “bermain”, alangkah fair-nya juga kalo disediakan juga taman bermain untuk anak2 di engku putri ini.

    setahu saya di “luar” sana, pemerintah kota menyediakan dan mengelola taman bermain anak dan itu juga free. mgkn link ini bisa membantu http://www.waymarking.com/waymarks/WMGEF.
    kalo ini terwujud, tidak bakal mungkin juga kalo engku putri bakal menjadi playground pertama di sumatra atau indonesia.
    ———
    Hi Arnold, TErimakasih atas apresiasi dan masukannya.
    Ternyata do’a Annda terkabulkan, Alhamdulillah diawli tahun ini Taman Engku Putri akan berbenar diri dan mengikuti masukan anda tsb bahkan banyak fasilitas yg akan ditambah nanti… Insya Allah juga akan dilanjutkan ditahun berikutnya.

    Mari kita Jadikan Batam Digita Island.
    Salam hangat
    Ria

  6. sekali sekali bagi bagi Laptop donk Pak… minimal Laptop seken….๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    ———-
    Nah itu dia sayangnya masih belum sanggup tuh Pemkonya he he!
    Makasih atas kesetiaannya Bang Binsar!

    Salam hangat – Ria

  7. Sayang sekali …di Pekanbaru..masih belum ada taman internet..

    Setidaknya…fasilitas di Pustaka wilayah Pekanbaru masih bisa mengobati kedahagaan internet…๐Ÿ˜€

    salam
    ———
    Semoga harapannya di dengar oleh Pak Wali Pekan Baru dan Bang Rusli he he.
    Terimakasih atas kunjungannya Putri!
    Salam hangat dari Batam
    Ria

  8. mari segera wujudkan batam digital island dan jadikan batam sebagai contoh untuk kota lain
    ————
    Hi Mas Uki, Terimakasih atas dukungan yg tak pernah bosan-bosannya1
    salam Batam Digital Island!
    RIa

  9. mantap:double thumb up: b’arti batam lebih unggul dari segi kemajuan IT dibanding PKU.
    ini salah satu wujud meminimalisir ke’gaptek’an masyarakat yg masih banyak blm ngeh dgn internet.

    sekedar masukan: akan lebih bagus lagi kalau taman internet di batam juga di perindah lokasi sekitarnya. supaya benar-benar terlihat kesan tamannya:)

    hmm..saya jadi dapat inspirasi nih pak dari postingan pak Ria ini:) trims pak…
    ———–
    Hi Michael, Terimakasih atas support dan apresiasinya.
    Insya Allah secara bertahap akan selalu kami tingkatkan, baik julah maupun qualitasnya… do’akan saja.

    Salam Batam Digital Island
    Ria

  10. […] postingan pak Wawako Ria Saptarika di blognya tentang “Taman Internet Batam Pertama di Sumatra“, jadi terpikir ingin mengetik soal ini di keyboard saya yang butut dari “sisi […]
    ———
    Hi MIke,
    Terimakasi karena berkenan membuat tulisan dengan content Batam Digital Island dan serba-serbi nya!๐Ÿ™‚
    Salam kompak selalu.
    Ria

  11. satu kemajuan yang sangat surprise untuk kota batam sebagai kota cybernet. Semoga Tetap sukses, dan Tetap peduli dengan kemajuan dunia internet di kota batam

  12. sayang sekali pak dibekasi ketinggalan sekali sama batam
    saya bisa bercomunication lewat internet dan dapat pengetahuan tentang computer waktu itu di batam…!

  13. ass…
    salam hangat dan sukses selalu untuk bapak,

    pak saya salah satu dari ribuan yang mungkin bisa di bilang generasi anak bangsa yang gelisah akan kemajuan masa depan anak muda seperti saya, ketika peluang kerja dan usaha sudah sangat menyempit bagi kaum seperti kami, banyak hal kegelisahan yang menurut saya banyak di rasakan generasi muda bangsa ini ikut merasakan seperti saya, ketika sudah minimnya implementasi mengekploritasi kreatifitas yang ada wadah yang serius untuk menjembataninya tidak hanya sebatas program dan secemoni saja, salut dan sangat menyenagkan ketika taman internet di dirikan, minimal ada sedikit implementasi kreativitas yang bisa kita lampiaskan dengan gratis disini,

    tapi sebenernya masih banyak sekali permasalahan tentang kemajuan generasi bangsa ini yang harus kita tanggani secara langsung pake, coba pake sekali-duduk di beberapa sudut secara spontan anak2 muda batam ketika mereka berkumpul,ya allah pake betapa hanjur dan mengerikanya anak muda kita pake, ketika sompan santun sudah musnah keitka bahasa KO dan Ko sudah menjadi tradisi, ketika obrolan dugem sudah jadi trensetter ketika main om om sudah jadi kebenggaan dan ketika ngomongin cekin dengn sebutan2 bahasa di dalamnya sudah tidak ada lagi rasa canggung di dalamnya,duh gusti mau jadi apa ya pake generasi bangsa kita ini yha pake tolong ya pake kita carikan solusi yang reel untuk mereka pake.

    pake dengan rasa hormat keperihatin peluang usaha dan niat murni ingin membangun generasi muda bangsa ini untuk menjadi jiwa2 yang mempunyai masa depan yang cerah, saya coba membangun komunitas anak muda kita dengan cara yang tanpa mereka sadari virus jiwa interprener saya hembuskan ke temen2,

    dan langkah pertama saya dirikan sebuah warung angkringan di depan cirlk’k graha sulaiman berkonsep WSW (warung Selonjoran Wifi ) dengan harga yang murah dengan menu khas jogja, dari sisnilah temen2 ahirnya mulai terbentuk untuk nongkrong dari berbagai komunitas,mulai anak band,anak motor,anak mobil,anak kampus, sampai temen2 media ngumpil menghabiskan wantunya, untuk saling bertukar pikiran dan ilmu, dan virus yang saya hemnuskan dengan mengenalkan temen2 yang mempunyai pengalaman saya datangkan untuk berbagi pikirn menularkan virus ilmunya, hal reel yang temen2 komunitas angkringan telah telah terwujud adalah sudah 2 kali komunitas ini berhasil membuat acara band performence di angkringan ini.

    masih banyak lagi target yang pengen saya buat untuk menjembatani creativiatas generasi anak muda kita ini mengentaskan dari pemikiran anti maju dan hanyut dari keterpurukan kemajuan jaman pake,minngu kemarin saya sampai di datangi Presiden JFC ( jember fashion carnaval ) mas dynan faris yang ikut prehatin dengan kegelisahan saya ini pake,dan beliu sangat ingin sekali batam bisa mendunia melalui carnaval.

    pokoe banyaklah pake intinya saya ngak tau caranya bisa ketemu pake dan bisa curhat seperti ini, harapan saya cuman satu pake, pake mau mampir ke angkringan dan kita bisa ngobrol dengan ala angkringan untuk curhat2an masalah ini,

    dengan hormat ini no hp saya 0778-5125918 dan 081270025986 saya tunggu ya pake,

  14. Batam memang oke !๐Ÿ˜€

    Tapi aku baca di forum batam, gak ada toiletnya ya ? Pake diaper donk kalo kesana LOL Atau sengaja, biar gak lama2x

  15. Ass. pak !!!! saya sebenarnya tertarik dengan atensi bapak terhadap IT, mungkin karena ackgraund pendidikan bpk disana, saya setuju juga dengan gebrakan2 bpk untuk mengembangkan Batam dengan IT, saya rasa memang sudah seharusnya Batam menjadi pusat percontohan IT, to the point aja ya pak. pegawai bpk sendiri sepertinya perlu mendapatkan pelatihan khusus IT paling gk workshop untuk membuat web, email, blog ataupun facebook, biar gk gaptek gitu loh, soalnya saya melihat hanya sebagian kecil saja yang memahami IT, apalagi untuk para guru baik dikota maupun hinterland sepertinya sama aja, banyak yang gaptek. so……… selain itu juga PNS perlu difasilitasi dengan perangkat IT seperti komputer atau laptop lengkap dengan modem dan jaringan internetnya, dengan demikian pemko batam bisa melakukan penghematan contohnya saja dengan menggunakan fasilitas internet dapat menghemat kertas, tinta dan biaya komunikasi lainnya, bayangkan pak kalau kita gk pake teknologi yang ada berapa banyak kertas yang terbuang sia-sia cuma gara-gara salah ketik, sebenarnya dengan fasilitas teknologi internet kita juga bisa menjaga lingkungan kita, dimana dengan penghematan kertas kita juga meminimalisir penggunaan kayu sebagai bahan baku kertas sehingga yang namanya penebangan hutan dapat diperkecil.
    ok deh pak, koq kayaknya saya gk pantes ya menggurui org sepintar bapak, yang jelas untuk menuju batam cyber island kita juga harus dapat menciptakan pemko cyber office dulu, biar profesionalisme PNS lebih baik. terima kasih atas perhatian bapak. Wassalam
    ———–
    Hi Suhaemi, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas support terhadap Batam Digital Island dan penigkatan SDM Pemko Batam.

    PAda prinsipnya kami sangat sependapat dan setuju dengan masukan anda, namun kami juga tentu akan memulainya secara bertahap, mengingat jangan terlalu muluk tapi ngak jalan2.

    Btw: Segala sesuatunya sesunguhnya sdh di akomodir secara proporsional dan wajar (tidak over muluk2) melalui KPI (Key Performance Indicator) Batam Digital Island (BDI).

    Saya senang dengan masukan ini setidaknya sy tahu bahwa banyak masyarakat yg semangat dengan BDI.

    Jgn sungkan untuk selau memberikan masukan pda kami.
    Salam hormat
    Ria

  16. Assalamualaikum…Dan satu lagi menyusul ya Pak. Taman Hotspot Taman Makam Pahlawan di Batuaji. Surprise juga nih waktu lihat saat mau ke pasar Aviari, tenyata dekat rumah sudah ada taman internet gratis. Terima kasih Pak..usulan saya tahun lalu di blog ini akhirnya dikabulkan dengan berdirinya Taman Internet di Kantor camat Sagulung (agak jauh sih dari rumah) dan sekarang menyusul di Taman Makam Pahlawan, nah yang ini baru di depan rumah… Terus maju Pak dengan program-program lain untuk kesejahteraan masyarakat Batam.
    ———-
    Dear Wahyudi & all.
    Hotspotnya fisik sdh selesai tapi belum diresmikan, jadi sinyal wifi nya belum aktif… tugu peresmiannya waktu dekat ini… Berkat doraongan dan do’a anda juga

    Salam kompak selalu & Salam Batam Digital Island.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s