Cek KTP dan KK Bisa Lewat SMS

Cek KTP dan KK Bisa Lewat SMS
Selasa, 24 Maret 2009

* Pemko Batam-Telkomsel Luncurkan M-Gov

BATAM CENTRE- Guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan dan pengecekan status kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK), Pemko Batam bekerjasama dengan Telkomsel meluncurkan layanan Mobile Goverment (M-Gov).

Lewat layanan, warga Batam hanya perlu melakukannya dengan cara via SMS (short message service) dengan tarif hanya Rp500 per SMS. Manager Service Telkomsel Regional Sumbagteng, Rudi A Wardhana saat peluncuran program Mobile Goverment (M-Gov) di Kantor Walikota Batam, Senin (23/3), mengatakan kerja sama Telkomsel dengan Pemko Batam ini adalah salah satu bentuk dukungan Telkomsel untuk membantu Pemerintah Kota Batam dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, program ini juga dipersembahkan untuk mewujudkan Batam Digital Island.

“Kami menyajikan program ini untuk masyarakat Batam. Layanan M-Gov untuk mewujudkan pelayanan SMS Gateway Interface,” ujar Rudi.

Disebutkan Rudi, untuk menggunakan layanan SMS M-Gov ini sangatlah mudah, yaitu hanya dengan cara ketik: BATAM (spasi) KTP (spasi) STATUS (spasi) NOMOR REGISTER lalu kirim ke 9168. Cara yang sama juga berlaku untu pengecekan status KK.

Selain layanan lansung, program ini juga bisa didapatkan dengan cara berlangganan dengan cara ketik: REG (spasi) BATAM kirim ke 9168. Setelah itu akan ada petunjuk layanan dari Telkomsel. Layanan berlangganan ini akan mengirimkan pesan secara otomatis kepada penggunanya setiap terjadi perubahan status pada proses pembuatan KTP atau KK. Layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk menyampaikan saran kepada Pemko Batam dalam bentuk SMS.

Wakil Walikota Batam Ria Saptarika dalam sambutannya mengatakan, program M-Gov ini merupakan salah satu dari program Electronic Goverment (E-Gov) yang akan semakin membantu kinerja Pemerintah Kota Batam ke arah yang lebih baik. Dengan adanya program ini, masyarakat juga tidak perlu antre di kantor camat untuk menanyakan status pembuatan KTP dan KK-nya.

Menurut Ria, proses pembuatan KTP maksimal hanya 14 hari, tidak seperti sebelumnya yang memakan waktu hingga berbulan-bulan. Namun, disebutkannya pembuatan KK masih lama, karena KK harus ditandatangani terlebih dahulu oleh Kepala Dinas Kependudukan. Namun, sistem pembuatan KK ini secara bertahap akan hampir sama dengan pembuatan KTP, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama lagi dalam pengurusannya.

Ria menambahkan, untuk saat ini layanan informasi M-Gov ini hanya bisa digunakan oleh pelanggan Telkomsel. Namun, peluang kerja sama ini masih terbuka bagi operator seluler lainnya.

Sebelum peluncuran layanan informasi pengecekan status KTP atau KK SIAK dengan menggunakan SMS ini, Pemko Batam juga telah menyediakan layanan sistem insformasi yang sama melalui internet. Yaitu dengan menggunakan alamat akses: http://www.siak.humasbatam.com atau http://www.siak.pemkobatam.go.id. (sm/an)

2 thoughts on “Cek KTP dan KK Bisa Lewat SMS

  1. Assalamualaikum bapak/ibu
    Maaf saya ingin bertanya mengenai Kartu keluarga .
    Apakah dapat mengecek draft kartu keluarga melalui website ini pak/bu ?
    Mohon balasannya
    Terima kasih sebelumnya kepada Bapak atau Ibu yang bertugas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s