Hari Ini Warga Sudah Bisa Cek

Written by anto
Selasa, 24 Maret 2009
Pemko Launching SMS Online
Bisa Tahu Proses Pembuatan KTP

Hari Ini Warga Sudah Bisa Cek BATAM, TRIBUN – Pemko Batam akhirnya melaunching penggunaan SMS online status KTP/KK SIAK, Senin (23/3). Dengan SMS online ini, warga yang mengajukan permohonan pembuatan KTP dan KK ke kantor Kecamatan, mulai hari ini (24/3), sudah bisa melakukan pengecekkan membuatan KTP mulai dari mengajukan permohonan sampai selesai diproses.

Program ini merupakan hasil kerja sama Pemko Batam dengan Telkomsel. Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, saat melaunching program ini di lantai V kantor Pemko Batam, Senin (23/3), mengatakan selain mengetahui status proses pembuatan KTP, juga bisa mengirim saran ke 9168 bila ada SKPD yang tidak mau melayani masyarakat dengan baik.

Wawako menyebut kerjasama dengan Telkomsel itu untuk meringankan beban masyarakat. Selama ini untuk mengurus KTP harus bolak-balik ke Kantor Camat. Biaya yang dikeluarkan cukup banyak termasuk waktu.

Ria mengatakan peluncuran sistem itu untuk memperkuat penyediaan layanan sistem informasi yang sama melalui penggunaan internet, dengan mengakses http://www.siak.humasbatam.com atau http://www.siak.pemkobatam.go.id.

“Kita melakukan ini untuk memudahkan layanan kepada masyarakat. Setelah mendaftar, sekitar dua jam kemudian mereka bisa mengecek proses pembuatan KTP,” kata Ria.

Untuk menggunakan layanan SMS M-Gov caranya mudah. Melalui fitur massage pemohon KTP/KK pelanggan Telkomsel cukup mengetik :BATAM (spasi) KTP (spasi) STATUS (spasi) NOMOR REGISTER lalu kirim ke 9168. Cara yang sama juga berlaku untuk pengecekan status pembuatan KK.

Pada layanan ini warga juga bisa berlangganan. Caranya mudah, tahap awal pengguna diwajibkan melakukan registrasi, dengan cara ketik REG (spasi) Batam kirim ke 9168. Setelah proses registrasi selesai, untuk transaksi berikutnya ketik: BATAM (spasi) KTP (spasi) NOMOR REGISTER dan kirim ke 9168.Biayanya Rp500 per SMS.

Jawaban pesan yang disampaikan akan dikirim secara otomatis. Keuntungan lainnya, pemohon yang teregistrasi, dengan mudah dapat mengetahui informasi lainnya dengan mudah, dan cepat.

Cuma ada kelemahan bagi Anda yang menggunakan nomor di luar Simpati tidak bisa menanyakan status pembuatan KTP dan KK Anda. Wako menyebut sistem SMS itu ditawarkan kepada semua operator tapi hanya Telkomsel yang menyambutnya. Kebetulan pula pemakaian nomor terbanyak di Batam adalah nomor yang disediakan Telkomsel.

Camat Sagulung, Zulkifli mengatakan siap menjalankan itu. Bagi pemohon silahkan mendaftar setelah dua hari sudah bisa menanyakan lewat SMS itu. Atau mereka bisa menanyakan setelah satu minggu supaya jangan bolak balik menanyakan. “Prinsipnya kita siap menjalankannya. Selama ini untuk proses pembuatan KTP dan KK hanya selama 14 hari kerja. Kita yakin bisa mencapai pelayanan yang lebih baik,” kata Zulkifli.
Peluncuran SMS online itu dihadiri pihak Telkomsel, para kadis, Kepala Badan, Asisten Pemerintahan, Asyari Abas, para camat dan para lurah dilingkungan pemko Batam. (hat)

5 thoughts on “Hari Ini Warga Sudah Bisa Cek

  1. Wah…… tambah gampang aja ngurus KTP di Batam.

    Btw, kalau memperpanjang status KTP yang sudah expired bisa melalui SMS juga gak Pak?
    ——-
    Hi Pak Rahmat, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih supportnya.
    Insya Allah kami akan selalu merusaha meningkatkan pelayanan publik & melakukan yg terbaik untuk warga Batam tercinta.

    Demikian & Wasalam
    Ria

  2. CUMA BATAM YANG MASALAH DENGAN KTP

    Alah Kayaknya Cuma Batam Saja MASALAH KTP yang semraut dan berbelit belit, padalah penduduk batam cuma dibawah 1 juta orang.

    coba Jakarta yang penduduknya padat jumlah penduduknya hampir 10 Juta jiwa saja perpanjang KTP 5 Menit tidak ada.
    MINTA SURAT PENGANTAR RT lanjut RW datang Kekelurahan Ternyata KTP yang masa Berlakunya Habis pihak kelurahan sudah mencetak dan tinggal menukar dengan KTP yang baru.

    INGAT DATA SETIAP PENDUDUK TIDAK BERUBAH, KECUALI PENDUDUK ITU YANG MENGAJUKAN PERUBAHAN DATA,
    APAKAH TANGGAL LAHIR SESEORANG BISA BERUBAH UBAH Jawaban Tidak Mungkin begitu Juga Nama, Jenis Kelamin. Kecuali atas permintaannya misal Pindah Agama, Status Menikah, Alamat Karena pindah.

    JADI INTINYA TERGANTUNG KEPADA NIAT APARATUR PEMERINTAHAN JUGA.

    JADI KALAU DI JAKARTA SETIAP BULAN BERJALAN PETUGAS TIDAK LAGI DIREPOTKAN DENGAN KTP YANG MASA BERLAKUNYA HABIS.

    CONTOH PADA BULAN MARET PETUGAS SEDANG MENCETAK SEMUA KTP WARGA YANG MASA BERLAKUNYA SELESAI BULAN APRIL DAN SETERNYA.

    MANA ADA DAERAH LAIN YANG SEMENJAK PIMPINAN DIDAERAHNYA DILANTIK SAMPAI MAU SELESAI KTP AJA YANG BERTELE TELE DAN BERMASALAH.

    LIHAT DONG JALAN – JALAN YANG RUSAK PARAH MANA TANGGUNG JAWABNYA PEMERINTAH, HAMPIR NOL BESAR.

    KALAU MEMANG KEWAJIBAN DARI OTORITA YA TERGURLAH OTORITANYA, KALAU KEWAJIBAN DEVELOPER YA TEGURLAH DEVELOPRNYA BILA PERLU BEKUKAN IZIN DEVELOPERNYA.

    LISTRIK KENAPA DI SELURUH INDONESIA LISTRIK DI SUBSIDI KECUALI BATAM. KARENA BATAM PIMPINANNYA TIDAK MEMPERDULIKAN RAKTYAT.

  3. hallo pak ria…/?
    saya warga masyarat batam mendukung…sekali kalau KTP online udah bisa di jalan kan….
    hanya ja saya kuatir kalau2 urusan nya perrumit?minta surat keterang RT dan RW lah kalau orang daerah minta surat pindahlah…ya jika orng tersebut udah lama dibatam gimana tuh….? tk ungkin dia pulang lagi minta surat pindah kan?
    itu bagi prpanjang ktp nya…?jika buat baru gimna pak untuk ktp onlie?apa di persulit kah….??
    itu KTP oline gimana paspor oline nya…/apakah udah bisa jiga…?dijakarta udah bisa masak dibatam blm?sementara penduduk jakarta beribu…?bisa walkob nya tanggani masak batam penduduk nya cuma seper empat dari jakarta takbisa….?

    tkank pak ria

    • Hi Adit, Thanks atas comment nya, sy sgt bersemangat menerapkan itu semua sebenarnya… namun tentu itu semua tergantung the top decision maker di Pemko Batam juga hujungnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s