Langsung Tender Rp 8 Miliar

Rabu, 25 Maret 2009
Lelang Pakai Sistem Online

Langsung Tender Rp 8 MiliarBATAM, TRIBUN – Sebanyak delapan proyek senilai Rp 8 miliar menandai berlakunya Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan E-Procurement di Pemko Batam, Selasa (24/3).

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan resmi meluncurkan  online untuk semua jenis pekerjaan dan pengadaan barang/jasa mulai diberlakukan.

Dahlan mengatakan sistem online merupakan upaya pemerintah mempercepat sistem kerja yang transparan pada setiap pengadaan barang/jasa. Dengan sistem ini pejabat tidak akan dihantui rasa takut lagi karena sistem online bisa diketahui siapa saja. Proyek akan semakin transparan dan tidak ada yang ditutupi. Dinas pun akan bekerja lebih maksimal tanpa ada tekanan.

Ruangan yang terletak di lantai I kantor pemko Batam itu  dilengkapi dengan tujuh komputer  yang sudah terhubung dengan LPSE Nasional. Ruangan tersebut dilengkapi dengan AC dan kacanya dibuat transparan.

Tahap awal  ada tiga SKPD yang sudah melakukannya yakni Dinas PU, Dinas Tata Kota dan Sekretariat Pemko Batam.

Untuk mendaftar cukup lewat email dengan  mengklik http.lpse.batamkota.go.id. Setelah mengakses semua proyek yang akan ditenderkan akan bisa terlihat.

Pelelangan sistem internet itu diharapkan akan bisa  membantu  untuk  clean goverment. Pengguna jasa/barang tidak lagi berhubungan dengan  penyedia jasa/barang. Mulai dari pendaftaran sampai pengumuman pemenang bisa dilihat di internet. Hanya pada saat verifikasi saja ada pertemuan antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)  dengan kontraktor.

Penerapan LPSE mengacu kepada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2007, Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2006 tentang Perubahan Keempat atas Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 80 Tahun 2003.

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengungkapkan keinginan Pemko Batam menerapkan sistem lelang online bukan gagah-gagahan tetapi merupakan tuntutan jaman. Ia menyebut walau sistem online, yang lebih berpeluang tetap para kontraktor lokal karena mereka sudah mendapat pembekalan sehingga tahu caranya. Kecuali kontraktor luar yang sudah terbiasa mengikuti lelang sesara online tentu bisa masuk mengikuti tender di pemko Batam.

Manfaat LPSE bagi pemko dan bagi kontraktor di antaranya efisien waktu, terhindar dari sogokan, pejabat akan bisa bekerja tanpa tekanan,  bisa menghemat anggaran.Dan yang tak kalah penting tidak akan ada lagi intervensi kekuasaan karena pusat bisa melihat dan memonitornya.

Dengan sistem ini  akan transparansi dan dijamin adil, karena LPSE bekerja sama dengan sandi negara sehingga apabila ada yang mengutak atik sistem tentu tidak akan bisa.
Wakil Ketua Komisi II DPRD Batam Wardiatmowiyono mengatakan, lelang  secara online akan lebih baik dan lebih profesional. “Perlu diingat apabila salah memasukkan angka hanya selisih satu rupiah saja tidak akan masuk berkasnya. Sistem pelelangan selama ini masih banyak membuka peluang  terjadi KKN tapi dengan sistem online akan sulit,” ujarnya.(hat)

One thought on “Langsung Tender Rp 8 Miliar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s