Siswa Wajib Sekolah Malam

Written by anto
Senin, 30 Maret 2009
Ditentukan Setelah Ujian Nasional
Diatur Lewat SK Wali Kota

BATAM, TRIBUN – Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus siap-siap untuk melakukan aktifitas sekolah di malam hari. Kegiatan belajar mengajar pada malam ini baru ditentukan setelah melihat hasil Ujian Nasional (UN) 20 April mendatang.

Munculnya program ini setelah, hasil try out selama lima kali beruturut -turut tidak menunjukkan hasil maksimal. Tak heran, Dinas Pendidikan Batam berencana menerapkan wajib belajar selama dua jam pada malam hari, mulai dari jam 7-9 malam.

Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin mengatakan, sekolah malam rencana akan dimulai pada tahun ajaran baru. “Kita melihat hasil try out di sekolah belum memuaskan masih fifty-fifty. Kita khawatir apabila dalam ujian nasional, tanggal 20 April mendatang tetap seperti itu tentu hasilnya tidak akan memuaskan,” kata Muslim kepada Tribun, Sabtu (28/3).

Muslim mengatakan mata pelajaran eksakta seperti Fisika, Matematika, Kimia dan Biologi, paling banyak anjlok. Upaya perbaikan sudah dilakukan dengan melakukan ujian ulang, namun hasilnya tetap saja tidak sesuai harapan. “Saya minta agar orangtua di rumah membina anak-anak supaya bisa lebih bergiat belajar.

Hasil belajar di sekolah didukung dengan di rumah tentu akan bisa menghasilkan nilai yang maksimal,” kata Muslim.

Surat Keputusan (SK) Wali Kota akan mengatur wajib belajar malam itu nantinya. Wajib belajar malam sudah pernah mengemuka dua tahun lalu, namun karena pro kontra tidak jadi diterapkan. Kini bergulir lagi dan rencananya akan diterapkan, dengan terlebih dahulu mensosialisasikan kepada para guru, siswa, masyarakat, tempat ibadah, tempat hiburan, sampai ke tingkat Rukun Tetangga (RT).

Dinas Pendidikan dengan Departemen Agama (Depag) juga sempat membuat Memorandum of understanding (MoU). Namun tidak berjalan karena tidak ada sanksi dan tidak disosialisasikan kepada masyarakat.

“Kita ingin mendisiplinkan siswa untuk belajar. Selama jam tersebut siswa wajib belajar dan dilarang keluar rumah kecuali menjalankan tugas ektrakurikuler seperti kegiatan tari, ngeband, menjalankan ibadah yang tujuannya positif,” paparnya.

Ia mengatakan untuk tahap awal tim monitor yang terdiri dari guru di sekolah sudah bisa memetakan siapa saja siswanya yang sering keluar rumah. “Kita nanti berencana melengkapi tim monitor dengan kamera. Jika menemukan siswa di tempat keramaian pada jam tersebut, mereka bisa memotretnya. Tahap awal akan memuat di media supaya tahu dari sekolah mana anak yang keluyuran tersebut,” jelasnya.

Pemberlakukan wajib belajar ini merupakan penjabaran dari Kepmendiknas No 125 tahun 2002 tentang jam efektif belajar dan hari libur sekolah. Selain itu, UU No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas bahwa tanggung jawab pendidikan itu dibagai dalam tiga bagian yakni pemerintah, orang tua siswa dan peran serta masyarakat.

Peran serta masyarakat ini sudah berlaku di Yogyakarta dan Sulawesi Utara (Sulut).

Beberapa waktu lalu, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika mengatakan dalam penerapan aturan itu, guru boleh mengawasi siswa atau melakukan razia ke tempat -tempat hiburan misalnya bioskop, mall, cafe, tempat hiburan, tempat rekreasi dan tempat shoping. Tapi jangan sampai merazia rumah -rumah. (hat)

One thought on “Siswa Wajib Sekolah Malam

  1. Assalamualaikum,
    Penambahan jam sekolah di malam hari adalah hanya tindakan perbaikan untuk jangka pendek saja. Ada hal yang mendasar yang cukup mendesak yang harus diperbaiki menurut hemat saya (hasil pengamatan saya selama memonitor anak kami sendiri) adalah perbaikan mutu para guru, baik itu mutu akademik maupun profesionalisme mereka, sertifikasi guru jangan hanya formalitas. Kesejahteraan guru bukan lagi jadi alasan untuk tidak berprestasi dan tidak profesional. Mereka lebih sejahtera dari pada buruh pabrik. Semoga bermafaat, amien.
    ——–
    Hi Pak Agus, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas masukan & pemikirannya.
    Sy sependapat dng pemikiran anda… walaupun maksud sekolah malam itu adalah agar anak-anak didik membiasakan diri belajar di malam hari dirumah mereka masing2 dan tidak keluyuran di Mal2.

    Demikian semoga difahami & wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s