Pemko Komit Terapkan Mutu pelayanan

Pemko Komit Terapkan Mutu pelayanan
Selasa, 31 Maret 2009
BATAM CENTRE- Wakil Walikota Batam Ria Saptarika bertekad untuk menerapkan sistem manajemen mutu dalam hal pelayanan. Dia juga menegaskan bahwa masyarakat tak pelu khawatir lagi terhadap standar pelayanan di Pemko Batam.
Demikian disampaikan Wawako dalam pemaparan mengenai penerapan sertifikasi International Organization for Standard (ISO) 9001:2008 tentang sistem manajemen mutu, oleh Konsultan bidang SMM ISO: 9000:2008, Batam Skill Development Centre (BSDC) di Gedung Pemko Batam di Batam Centre, kemarin (30/3).

Dalam pemaparan tersebut, Pemko berkomitmen untuk menerapkan sistem manajemen mutu ber-ISO, pada beberapa jenis pelayanan umum termasuk KTP yang dikeluarkan camat. Ria juga mengajak Kepala Dinas Kependudukan/Catatan Sipil Kota Batam dan delapan orang camat di kawasan mainland untuk mendengarkan secara seksama pemaparan tersebut.

“Masyarakat pun tak perlu khawatir. Inilah saatnya kami membenahi segala kelemahan yang Anda rasakan itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ria juga bertekad bahwa apapun kondisi yang ada sekarang, perlahan tapi pasti pihaknya akan membenahinya. Penerapan ISO 9001 ini menjadi pemicu bagi aparat untuk melahirkan standar pelayanan yang terbaik untuk kepentingan masyarakat.

Sebagaimana diketahui, BSDC merupakan satu-satunya konsultan bidang ISO di Batam, yang menjadi rekanan atau mitra kerja dari lembaga sertifikasi dunia, TÜV Rheinland, Jerman.

Pada tataran komitmen, Ria mengatakan tujuannya untuk melakukan hal tersebut semata untuk membenahi proses pelayanan, yang bermuara pada terciptanya kepuasan warga atas pelayanan pengurusan legal document, yang diberikan aparatur pemerintah daerah.

Pada pertemuan juga dibahas, jenis pelayanan yang ingin disertifikasi ISO yaitu proses pelayanan KTP dan beberapa jenis pelayanan umum lainnya. Dan sebagai tindaklanjut atas hasil pertemuan tersebut, segera ditunjuk 4 kecamatan sebagai uji coba penerapan di delapan kecamatan lainnya.

“Kecamatan mana yang dipilih, nanti dilakukan pembahasan lanjutan. Namun yang jelas Lubukbaja,” katanya.(sm/ik)

3 thoughts on “Pemko Komit Terapkan Mutu pelayanan

  1. setuju pak ria, pegawai pemko jangan mikirin uang masuk aja… pikirkan masyarakat donk… semakin banyak masyarakat kita yang miskin… anak2 hidup sudah…sekolah terancam…

  2. Masyarakat itu tidak penitng mau ISO ke Mau ISO BABAT ke, Mau Lewat SMS ke, Mau Cek lewat Internet ke, yang diperlukan masyarakat itu dalam pelayanan Khususnya Perpanjangan KTP tidak bertele tele.

    Jadi Buat Acuan Setiap Dinas Kependudukan Mencetak KTP Yang masa Berlakunya habis pada Bulan berikutnya. bukan pada bulan berjalan, kalau kendala Photo ya pakai Photo Jadi. Ingat Data Setiap Penduduk tidak akan berubah, kecuali penduduk itu yang menginginkan merubahnya.

    Buang – buang biaya pakai Sertificate ISO segala. janganlah menghabur haburkan uang untuk kepentingan yang tidak jelas. apa manfaat dan pungsinya kalau sudah dapat certificate ISO.

    Urusan KTP aja Kok Repot, Penduduk aja masih dibawah 1.000.000 DKI Jakarta saja penduduknya lewat dari 15 Juta perpanjang KTP begitu cepatnya. GRATIS LAGI.

  3. PERDA RT DAN RW
    Tatacara pemilihan RT/RW diatur dalam Perda Nomor 12/2002 tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPMK), Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW); sedang untuk pelaksanaan didasarkan Perwal Nomor 33/2007 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Kota Batam Nomor 12/2002

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s