Bahas Masalah Kelistrikan di Batam

Jumat, 03 April 2009
BATAM CENTRE- Walikota Batam Ahmad Dahlan bersama Apindo, PHRI, Kadin dan PLN dijadwalkan hari ini, Jumat (3/4) bertemu Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) untuk membahas penyelesaian masalah kelistrikan di Batam. “Ya, kita belum tahu hasilnya,yang jelas Pak Wali sudah berangkat untuk membahas masalah itu,” kata Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika di ruang kerjanya, Kamis (2/4) kemarin.

Masalah listrik di Batam hingga dibawa ke Mensesneg mencuat ketika PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam, Sabtu (28/3) lalu memutuskan aliran listrik di hampir semua pelanggan bisnis (hotel dan mal) yang memiliki tunggakan tagihan untuk pemakaian listrik bulan Oktober 2008 hingga Februari 2009. Langkah PLN tersebut diambil sebagai upaya terakhir untuk menyelamatkan cash flow PLN.

Sementara itu, padamnya aliran listrik ini membuat PHRI Batam tidak kehilangan akal. Ketua PHRI Batam Sigit Budiarso dan beberapa perwakilan pengusaha menghadap Gubernur Ismeth Abdullah di Tanjungpinang hingga kasus itu dibawa ke Mensesneg. Intinya, PHRI minta bantuan Gubernur agar PLN Batam menghidupkan kembali listrik pelanggan bisnis yang diputus.

Wakikota Batam, Ahmad Dahlan sebelum berangkat ke Jakarta mengatakan agenda yang akan dibawa untuk bertemu Mensesneg adalah bagaimana menekan agar harga gas yang dijual ke PT PLN Batam bisa murah sehingga masyarakat bisa membeli listrik murah dan cash flow PLN Batam bisa tertutupi.

Selain itu kata Dahlan pemerintah meminta bagaimana caranya agar pembayaran utang PLN ke PGN atau Pertamina bisa dicicil secara angsur dalam jangka waktu satu atau dua tahun. Jadi tidak selalu ada ancaman ke PLN, begitu juga PLN ke pelanggannya,” ujarnya.

Ketika disinggung kemungkinan pembahasan ulang tarif listrik di Batam yang mengancam akan menaikkan tarif listrik rumah tangga, Dahlan mengaku pembahasan belum sampai kesana. (sm/ik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s