Ria: Haram, Pungut Biaya Sekolah

Sabtu, 04 April 2009

BATAM (BP) – Waki Wali Kota (Wawako) Batam Ria Saptarika menegaskan kepada seluruh sekolah negeri di Batam untuk tidak memungut uang biaya sekolah sepeser pun kepada siswa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sekolah diharamkan untuk memungut biaya pendidikan.

”Kalau ada kesepakan pihak sekolah untuk mengadakan pakaian yang harganya lebih murah dibandingkan dengan harga pasar, itu sah-sah saja. Tetapi penentuan biaya sepihak tidak dibenarkan. Pemko Batam sudah mengalokasikan biaya pendidikan dasar tersebut melalui APBD,” ujar Ria kepada wartawan di Kantor Wali Kota Batam, kemarin (3/4).

Menurut dia, dasar tidak diperkenankan sekolah memungut biaya dari murid yaitu Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23/MPN/KU/2009, perihal Kebijakan Pendidikan Gratis Bagi Pendidikan Dasar. Surat itu ditujukan kepada Gubernur, Bupati/ Wali Kota se-Indonesia.

“Kalau ada sekolah yang melakukan pemungutan, maka akan kita berikan sanksi sesuai dengan aturan yang ada. Aturannya sudah jelas tidak boleh melakukan pemungutan kepada siswa,” ujar Ria.

Ria mengatakan untuk mengatasi keterbatasan anggaran sekolah, maka Pemko menyiapkan bantuan berupa insentif kepada pihak sekolah, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan insentif lainnya.

Dengan kebijakan baru ini, tidak ada alasan lagi siswa di Batam tidak sekolah karena tak mampu. Pemerintah menjamin biaya pendidikan sampai SMP. (rob)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s