Tifatul: SBY Lebih Disukai Kader PKS

Senin, 06 April 2009
TANJUNGPINANG- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring kembali menegaskan bahwa partainya tidak akan melakukan koalisi bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) maupun Partai Golkar pada pemilihan presiden 2009 nanti. Peluang koalisi PKS mengarah ke Partai Demokrat (PD). “Koalisi dengan SBY (Partai Demokrat-red) kayaknya lebih memungkinkan. Dan ini merupakan dukungan dari kader PKS sendiri yang rata-rata sudah menyetujuinya. Tapi kalau PKS berkoalisi dengan Golkar atau PDIP banyak kader dan konstituen kita tidak setuju,” kata Tifatul Sembiring,” usai berkampanye di Kota Tanjungpinang, Minggu (5/4).

Adapun alasannya lanjut Tifatul kenapa PKS menolak berkoalisi dengan Partai Golkar dan PDIP, pertama, untuk PDIP dinilai sepertinya tidak ada lagi tawar-menawar soal capres yang sudah dapat dipastikan mencalonkan Megawati Soekarno Putri sebagai Presiden RI.

Sedangkan, kata Tifatul kader dan konstituen PKS sudah melihat secara langsung saat bangsa ini dipimpin Ketua Umum PDIP tidak lebih baik dari pemerintahan SBY.

Begitu juga dengan Golkar alasan PKS menolak berkoalisi dengan partai berlambang pohon beringin tersebut sambung Tifatul, di samping capresnya sudah pasti Jusuf Kalla, juga dengan pertimbangan masa lalu Partai Golkar yang dikenal rakyat Indonesia. Sehingga untuk sementara peluang besar yang akan berkoalisi dengan PKS dari partai nasionalis adalah PD tetapi itu belum diputuskan.

“Semua masih dalam wacana siapa yang akan berkoalisi dengan PKS baik Demokrat sendiri karena mekanisme partai harus melalui sidang di majelis syuro guna membahas lebih lanjut masalah koalisi dan hal tersebut menunggu hasil Pemilu legislatif nanti,”tegas Tifatul kepada sejumlah wartawan seraya menyatakan koalisi yang akan dilaksanakan sifatnya bukan gagah-gagahan.

Pastinya papar Tifatul, koalisi ini intens dibahas usai pemilu legislatif. Kalau perolehan suara Partai Demokrat lebih besar dari kita, wajar dari mereka presidennya dan kita wakilnya. Kalau (perolehan suara) kita yang lebih besar (dari Demokrat), kita akan bicarakan lagi lebih lanjut.

Dalam kesempatan itu Tifatul juga menyinggung soal koalisi PKS dengan partai Islam lainnya, baik PKB, PPP atau lainnya. Dia mengatakan prioritas utama PKS akan lebih konsen dengan melakukan koalisi dengan partai-partai Islam. Tifatul menyebutkan ada dua partai Islam yakni PKB dan PPP sendiri.

Lebih lanjut Tifatul menyinggung terkait posisi PKS di Bumi Segantang Lada ini, dia menyatakan Provinsi Kepri merupakan salah satu basis PKS dalam kemenangan Pemilu 9 April 2009 nanti. Menurutnya Kepri merupakan kawasan strategis dan menjadi perhitungan partainya di samping daerah lainnya di Indonesia.

PKS pada hari Minggu (5/4) kemarin menggelar kampanye terbuka putaran terakhir di wilayah Provinsi Kepri. Presiden PKS Tifatul Sembiring pada pagi hari kemarin menghadiri kampanye terbuka di lapangan Pasar Mega Legenda Batam dan setelah itu juga menghadiri kampanye terbuka PKS di Kota Tanjungpinang.

Kampanye terbuka PKS di Batam juga dihadiri Wakil Walikota Batam Ria Saptarika, mantan Walikota Batam Nyat Kadir, Ketua DPW PKS Kepri Wildan Hadi Purnama, Ketua DPD PKS Batam Ricky Indrakari dan para caleg serta belasan ribu kader dan simpatisan PKS. (sm/mm)

2 thoughts on “Tifatul: SBY Lebih Disukai Kader PKS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s