Batam Punya Blue Coral yang Langka

Selasa, 07 April 2009

BATAM (BP) – Tidak salah jika wisata selam Batam dimasukkan dalam salah satu objek wisata dalam agenda Visit Batam 2010. Pasalnya, perairan Batam memiliki potensi terumbu karang luar biasa. Bahkan terumbu karang langka blue coral, ada di perairan laut Pulau Abang dan di sekitar Pulau Hantu.

Pengembangan terumbu karang sebagai objek wisata, menurut Wakil Wali Kota  Batam Ria Saptarika sudah menarik minat banyak investor.

Potensi ini terbukti menarik minat ADB memperpanjang kontrak pengelolaan terumbu karang sampai 2011 mendatang. Kadis Kelautan Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (KP2K) Suhartini menyebut, pengelolaan terumbu karang awalnya dilakukan di tujuh pulau. Yakni, Pulau Abang, Pulau Air Raja, Pulau Petong, Pulau Nguan, Pulau Sembur, Pulau Karas, dan Pulau Mubud. Ketujuh pulau ini berlokasi di Kecamatan Galang.

Perairan Pulau Abang dan pulau-pulau sekitarnya  juga menyimpan banyak cerita sejarah. Beberapa pulau di sekitar Pulau Abang dipercaya sebagai jalur kapal-kapal niaga zaman kekaisaran China menuju Indonesia dan negara lain. Jalur ini kemudian terkenal dengan jalur sutera. Diyakini banyak orang, jalur sutera menyimpan harta karun peninggalan zaman Dinasti China. Akibatnya, beberapa dekade lalu banyak berburu harta karun di gugusan pulau ini.

Jejak-jejak peninggalan Jepang juga terdapat di Pulau Pengalap, sekitar 20 menit berlayar dari Pulau Abang. Di Pulau Pengalap ini terdapat benteng pertahanan Jepang. (ary)

One thought on “Batam Punya Blue Coral yang Langka

  1. Ternyata masih banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di batam ya pak…?
    benteng jepang di pulau pengalap itu bagus juga tuh pak kalo dikelola. penasaran pengen lihat goa-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s