Ria Banggakan Lelang Online

Written by anto
Kamis, 30 April 2009
Sudah Tender Rp 29 M dalam Dua Bulan

BATAM, TRIBUN – Pemko Batam semakin percaya diri menggunakan sistem online dalam pelelangan proyek-proyek pembangunan. Dua bulan setelah diluncurkan, Layanan Pengadaan Lelang Secara Elektronik (LPSE), ini telah berhasil melayani 27 paket tender proyek.

Wakil Wali Kota Ria Saptarika yang melakukan evaluasi sistem ini mengaku bangga karena proyek-proyek besar sudah dilelang lewat sistem online tersebut. Dengan sistem ini para kontraktor bisa mendaftar ikut tender secara online melalui internet.

Sedangkan 27 paket proyek yang dilelang itu nilainya mencapai Rp 29 miliar. Proyek terbesar adalah peningkatan jalan dua jalur dari simpang lampu merah Baloi Centre menuju simpang UIB senilai Rp 10,3 miliar. Disusul peningkatan jalan Simpang Mesjid Quba sampai Perum Duta Mas (Kampung Air RW XI) Kelurahan Baloi sebesar Rp 6,8 miliar.

Proyek lain diantaranya normalisasi saluran drainase di tujuh lokasi sebesar Rp 186 juta, peningkatan jalan keluar SMPN 08 Batam Kelurahan Sambau Nongsa Rp 467,2 juta, peningkatan jalan Kampung Baru Tanjung Riau Sekupang sebesar Rp 1,4 miliar. Juga peningkatan jalan dua jalur Bengkong Seken sebesar Rp 1,4 miliar, pembangunan gedung workshop sebesar Rp 2,1 miliar, rehabilitasi sumur dangkal dan bangunan pelengkap di Tanjung Kalok dan Pulau Jemara tiga unit sebesar Rp 187,5 juta.

Termasuk proyek peningkatan jalan Mangsang Tanjung Piayu sebesar Rp 4,8 miliar, peningkatan jalan Tiban I RT.03 RW.03 sebesar Rp 442 juta, dan peningkatan jalan Perum Mekar Sari RT 01 s/d 05 Sekupang sebesar Rp 2,4 miliar. Ria mengaku Minggu lalu rombongan Pemko diundang LPSE ke Korea Selatan untuk mengikuti workshop.

“Beberapa negara yang ikut diundang dalam acara ini yaitu Cina, Mongolia, Urbekistan, Amerika, dan Korea Selatan. Dipilihnya Korea Selatan sebagai tuan rumah karena penerapan LPSE e-government-nya yang terbaik,” jelas Ria.

Ria meminta kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melakukan lelang pengadaan barang lewat LPSE. Sistem ini jauh lebih mudah, efisiensi, dan aman dari intervensi pihak lain.

Kepala Badan Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Muramis menambahkan, tidak ada alasan bagi SKPD menunda pelelangan secara elektronik. “Betapa pentingnya teknologi informasi, siapa yang menguasai teknologi informasi ia akan menguasai dunia,” tegas Muramis.(hat)

4 thoughts on “Ria Banggakan Lelang Online

  1. salam kenal pak. saya mampir malam minggu sambil baca-baca
    ———–
    Pak Syaiful, Sy malah sudah blogwalking ke Blog Bapak kemarin, pls ceck my comment🙂
    Salam kompak selalu.
    Wassalam
    Ria

  2. Selamat pak, Tapi judul diatas kok Bangga. Judulnya kalau bisa “mengenalkan lelang online”. Ujub gak boleh pak. Mohon Maaf ya.
    ———–
    Hi Pak Alan, Thanks atas koreksinya, “Banggakan” itu adalah bahasa dari media koran lokal! yg sy clip apa adanya.
    Maksud sesungguhnya adalah: kami sangat senang dengan kerjasama tim selama ini telah berhasil meningkatlkan transfaransi & pelayanan dengan Tender elektronik atau e-procurement.

  3. Selamat ya Pak, smoga semakin bagus dan dapat mengurangi kkn. Kami selalu memonitor dan berada dibelakang bapak. tetapi kami merasa sedikit kecewa ketika bapak tidak dapat hadir pada saat kami undang ke PJB 2 Sagulung Kota.

    Kami juga ikut berperan walaupun msh secara tdk langsung dalam membesarkan PKS, moga2 kedepan bisa ikut berperan secara langsung yang pada akhirnya mendorong bapak untuk maju menjadi Wali Kota Batam yang akan datang.

    Mohon dikawal lebih ketat pengurusan ktp SIAK yang masih terseok2. sempatkan untuk selalu sidak ke kecamatan dan kantor lurah untuk mengetahui bgmn kinerja mereka. terus terang kami msh kecewa dgn efisiensinya yg msh sgt jeblok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s