Pulau Nipah, Wisata Bahari Mempesona

Written by widodo
Jumat, 01 Mei 2009
BATAM, TRIBUN – Nipah, pulau terluar di Kepri yang berbatasan langsung dengan perairan Singapura berpotensi menjadi objek wisata yang paling menarik. Pulau yang timbul oleh surut dan tenggelam karena air laut pasang tersebut akan disulap menjadi objek wisata bahari. Selain tempatnya yang mendukung, juga lokasinya eksotis dengan pemandangan di bawah laut yang sangat indah.

Sejak 2003 silam, pulau Nipah telah direklamasi oleh TNI AL dan pemerintah setempat hingga menjadi luasnya sekitar 60 hektar dengan ketinggian hanya 5 meter dari permukaan laut. Bisa dibayangkan jika air sedang pasang dan ombak tinggi, nyaris pulau ini lenyap dari pandangan mata.

Pemko Batam bersama TNI AL, pada Rabu dan Kamis kemarin mengadakan penanaman pohon, berkemah dengan para pemuda dan pramuka Batam di pulau tersebut. Selain kemah, juga digelar penyeleman di dasar laut Pulau Nipah. Sebagai penghargaan, para peserta dari pramuka dan pelajar SMA memperoleh sertifikat dari Komandan Lanal Batam karena telah mengunjungi pulau terluar.

Seluruh anggota pramuka menanam pohon cemara sebanyak 200 batang, sebelum melakukan penyelaman (diving).

Acara penanaman pohon tersebut melibatkan Wakil Wali Kota Ria Saptarika, Dan Lanal Batam Kolonel Muhammad Faisal, Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Batam Jefriddin, Camat Belakang padang, Danramil dan Kapolsek Belakang Padang.

Sedangkan pramuka terdiri dari Saka Bahari, Pramuka SM1 dua regu,, SMA 2 Belakang Padang dua regu, SMA 12 Baloi dua regu, SMA 12 Sengkuang dua regu dan SMA Madrasah Aliah Darul Islam dua regu dan pendukung personil Lanal Batam. Semua peserta yang mengunjungi Pulau Nipah sebanyak 250 orang.

Di pulau terluar itu, sudah berdiri rumah adat Minahasa berlantai dua. Rumah itu bisa dikunjungi para tamu-tamu besar, ada juga tower setinggi 30 meter untuk memonitor situasi di perbatasan dan berjajar barak-barak para tentara AL.

Semua jalan menuju pos TNI AL dipasangi paving blok sekeliling Pos dan ada juga lampu.
Bila malam sudah terang benderang. Pulau Nipah masuk dalam wilayah Kelurahan Pemping Kecamatan Belakang Padang kota Batam.

Batam yakin bisa mewujudkan pulau Nipah ini menjadi objek wisata bahari terutama menyelam. (sihat, foto:nyonk)

Advertisements

3 thoughts on “Pulau Nipah, Wisata Bahari Mempesona

  1. Asalamualaikum,
    sedikit koreksi untuk pemandangan bawah laut yang eksotis, Pemandangan bawah laut yang indah ? karena menurut kami yang menyelam di sana jarak pandang amat rendah yaitu kurang dari 1 m sehingga kita tidak dapat melakukan kegiatan penyelaman rekreasi (wisata).
    Jarak pandang yang rendah ini diakibatkan oleh banyak faktor, yaitu sedimentasi, dampak lalu lintas perairan internasional, dll.
    Karena jarak pandang inilah kegiatan wisata bahari khususnya kegiatan diving tidak direkomendasikan. Selain itu, untuk pemandangan bawah air yang indah kurang tepat karena keindahan bawah air diantaranya karena keanekaragaman flora dan fauna seperti terumbu karang, ikan dan lainnya. Sedangkan untuk pulau nipah kondisi yang kita lihat keadaan rusak karena banyak faktor (terutama reklamasi).
    Untuk menjadikan Pulau Nipah sebagai kawasan wisata bahari dapat saja dilakukan dengan membuat artificial reefs namun yang perlu kita perhatikan adalah peruntukan ruang lainnya yang dapat memberi dampak serius bagi pertumbuhan karang.
    Saran kami untuk wisata bahari kami merekomendasikan Kelurahan Pulau Abang dengan pemandangan bawah laut yang eksotis dan indah.
    Mohon maap dan Terima kasih

    Praktisi lingkungan dan Penyelam

  2. bisa tolong kasih tau gimana si caranya ke pulau abang, disana disewain alat selam ga ya? ada yg bisa ngajarin nyelam bagi pemula ga untuk ke pulau abang?

    Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s