Nipah Jadi Tempat Parkir Kapal Dunia

Written by widodo
Kamis, 07 Mei 2009
BATAM, TRIBUN- Rasanya bukan mimpi menjadikan perairan pulau Nipah sebagai tempat parkir kapal-kapal dunia. Hal ini dimungkinkan bila perairan pulau terluar Indonesia tersebut disediakan berbagai fasilitas jadi daya tarik kapal-kapal yang labuh. Pulau Nipah secara geografis administratif masuk wilayah Kelurahan Pemping Kecamatan Belakang Padang kota Batam.

Hanya berukuran sekitar 60 hektar dengan ketinggian daratan, 5 meter di atas permukaan laut tentu masih riskan bila air laut pasang. Bahkan jika pasang tinggi pas musim angin utara, pulau ini nyaris ‘lenyap’ dari pandangan mata.

Oleh karena itu pemerintah, TNI AL dan masyarakat  Batam mendukung upaya positif menuju terwujudnya Pulau Nipah modern. Saat ini sudah ada pos TNI AL yang siaga menjaga keamanan pulau Nipah.

Sejak garis batas laut wilayah Indonesia dengan Singapura meliputi pulau Nipah dan pulau Tuas ditetapkan pada 10 Maret silam, perhatian pemerintah terhadap pulau terluar tersebut meningkat.

Pemerintah Kota Batam, TNI AL dan pramuka juga telah memantapkan pulau tersebut sebagai daerah wisata yang mempesona dengan menanami ratusan pohon awal Mei kemarin.

Pemerintah berencana menjadikan perairan pulau Nipah sebagai alternatif parkir kapal-kapal dunia. Akan diciptakan kawasan bisnis transportasi laut terpadu meliputi jasa pelayanan terhadap kapal.

Potensi perairan sepanjang 12,1 kilometer di pulau Nipah sangat besar dan bernilai ekonomis tinggi karena posisinya berada di lintasan kapal-kapal negara sedunia.

Beberapa departemen dan instansi lintas sektoral untuk hal tersebut telah dilibatkan meliputi Deplu, Dephan, Dephub, Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Markas Besar TNI, serta Bakosurtanal.

“Kita bisa mengutip kapal bila ada pelayanan, seperti lokasi parkir yang tertentu, ada penyediaan air tawar dan BBM, pemanduan lalu lintas sehingga kapal tunda bisa berhenti. Dan tentu tarifnya lebih murah daripada kapal mengantre di pelabuhan Singapura,” kata Menteri Perhubungan Jusman Sjafii Djamal di Novotel Batam, Rabu (6/5). (wid)

One thought on “Nipah Jadi Tempat Parkir Kapal Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s