Nomor Akta Dipakai Seumur Hidup

Written by anto
Kamis, 21 Mei 2009
Pemko Launching  Akta Lahir  SIAK Plus

BATAM, TRIBUN – Untuk mencegah supaya jangan muncul akta lahir bodong, dan lebih menata administrasi kependudukan, Pemko Batam terus membenahi administrasi kependudukan. Mulai dari penggunaan kartu tanda penduduk (KTP) dengan  Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK),  hingga melaunching akta lahir SIAK Plus. Launching dilakukan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika di lantai V kantor Pemko, Rabu (20/5).

“Saya terus terang bosan juga sering melakukan  launching. Sudah banyak kita launching berbagai kegiatan, sebenarnya ini bisa tinggal perintah saja.Akan tetapi launching ini merupakan pernyataan sebuah komitmen karena disaksikan banyak orang mulai dari pejabat sampai wartawan, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mau melaksanakannya,” kata Ria Saptarika.

Dengan adanya launching akta lahir SIAK Plus itu, pengurusan akta lahir  bisa lebih cepat. Namun yang terpenting lagi bisa diketahui  berapa jumlah warga Batam karena semua bisa diketahui lewat SIAK plus itu. Misalnya jumlah warga Sekupang 100 orang apabila ada yang meninggal  lima orang dan lahir dua orang maka jumlah warga Sekupang menjadi 97 orang. Selain itu nomor akta lahir akan dipakai seumur hidup termasuk dalam pengurusan KTP dan KK. Walau yang bersangkutan pindah tempat  nomornya tetap  dipakai di tempat tujuan.

Pada saat launching Dinas Kependudukan Batam langsung mempraktekkan membuat akta lahir  Waqqash Wahbatul Wakil Riasaptarika anak dari Ria Saptarika yang lahir 26 Maret 2009 di RS Awal Bross, saat Ria Saptarika berkampanye di Temanggung Abdul Jamal.

Kepala Dinas Kependudukan Batam, Sadri Kairuddin mengatakan  proses pengurusan  akta lahir seperti biasa. Diajukan ke Dinas Kependudukan dengan melengkapai persyaratannya seperti Akta Nikah, KTP, KK, surat pengantar dari Kelurahan, foto copy saksi dua orang.

Sadri menyebut berdasarkan UU No 23 tahun 2008 tentang Administrasi Kependudukan ada tiga kelompok umur untuk mendapat akta lahir.  Mulai umur 0-60 hari, umur 61 hari sampai 1 tahun dan umur diatas 1 tahun. Umur diatas satu tahun wajib mendapat penetapan dari Pengadilan Negeri.
Pengurusan Akta Lahir SIAK Plus tetap seperti biasa. Hanya saja waktu bisa lebih cepat selama tiga hari sudah selesai. Semua data yang bersangkutan masuk dalam jaringan dan server milik pemko Batam. Sejak Ria Saptarika  menjadi Wakil Wali Kota Batam, sudah banyak melakukan launching mulai dari KTP SIAK Plus, launching penggunaan barkode, launching penggunaan SMS untuk pembuatan KTP, launching  LPSE untuk pelelangan dan pengadaan barang/jasa, launching SIAP-online penerimaan siswa baru dan terakhir launching akta lahir SIAK plus. (hat)

One thought on “Nomor Akta Dipakai Seumur Hidup

  1. Pak Pak Masak sih orang mau ganti akte kelahiran setiap tahun. ya pasti seumur Hidup pake harus launching segala, kayak kaga ada kerjaan aje. pak.

    Masih banyak Jalan berlubang belum diaspal, masih lama nunggu perpanjangan KTP, masih banyak yang perlu di pikirkan.

    – Pengurusan KTP yang terlalu lama.
    – Jalan masih banyak yang berlubang
    – Pengangguran tambah.
    – Listrik bermasalah (bagian dari Infrastruktur)
    – Air bermasalah
    – Masih banyak karyawan PEMKO berkeliaran di Mal – mal pada saat jam kerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s