Proyek Terlambat, Wawako Panggil PU

Jumat, 22 Mei 2009
Banyak proyek fisik di 2009 terancam terbengkalai. Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika akan mempertanyakan masalah ini ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam. Ia berjanji akan mengevaluasi SKPD terkait.
Prediksi rendahnya pencapaian realisasi APBD 2009 di tubuh PU terungkap saat rapat dengar pendapat di ruang Komisi III DPRD, yang menghadirkan jajaran Dinas PU, Senin (18/5) lalu. Dari 140 paket pekerjaan yang direncanakan tahun ini, ternyata baru lima yang berjalan. Selebihnya masih dalam proses lelang perencanaan dan tahap pelelangan.
Menanggapi ini, Wawako meyakinkan jika beberapa lelang sudah ada yang berjalan. Pemerintah, katanya, masih punya cukup waktu untuk melaksanakan semua perencanaan di 2009.
Jika pelaksanaan lelang saja baru dimulai April 2009, apakah 140 paket pekerjaan bisa dilaksanakan dalam tahun ini? “Saya akan minta penjelasan (ke Dinas PU), apakah masih mungkin dikejar?” katanya, Rabu (20/5) di Kantor Wali Kota Batam.
Ia akan memanggil jajaran PU untuk menjelaskan kendala yang dihadapi. “Perlu saya tanyakan kondisi detil dan alasan PU. Kalau mungkin, hari ini saya panggil,” ujarnya.
Jika memang ada masalah, katanya, langkah evaluasi harus diambil. “Karena yang bermasalah perlu diperbaiki,” tegasnya.
Buruknya kinerja Dinas PU ini mengundang kritikan dari anggota DPRD Batam. Anggota Komisi III M Zilzal mengatakan, Dewan sebelumnya mengingatkan pemerintah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Namun, kenyataannya tidak ada perubahan sama sekali.
“Akan banyak lagi proyek fisik yang tak terlaksana,” kata legislator PKS ini. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s