Siswa-Akademisi Adu Teknologi Ciptaan

Written by anto
Selasa, 26 Mei 2009
Pemko Akan Gelar Lomba Inovasi Setiap Tahun

Siswa-Akademisi Adu Teknologi CiptaanBATAM, TRIBUN – Masa depan Indonesia akan semakin cemerlang jika generasi muda terbiasa dengan inovasi produk baru. Untuk merangsang minat warga berkarya menghasilkan produk, Pemko Batam menggelar lomba teknologi yang dilakukan setiap tahun.

Tahun ini merupakan tahun pertama lomba Teknologi Tepat Guna di BCS Mall, 23-25 Mei. Bagi juara I berhak mendapat hadiah Rp 5 juta, juara II Rp 4 juta, dan juara III Rp 3 juta. Masing-masing juara dan peserta akan mendapat sertifikat dan piagam penghargaan.

Ria Saptarika selaku Wakil Wali Kota Batam menjanjikan tahun depan akan menambah jumlah hadiah agar warga lebih agresif dan tertarik mengikuti lomba yang sama. “Insyaallah, tahun depan hadiah lebih besar akan disediakan pemerintah. Saya sudah minta disosialisasikan lomba tersebut jauh-jauh hari ke masyarakat. Tujuannya supaya pemenang benar-benar menunjukkan inovasi yang terbaik, jangan yang baik dari yang jelek,” ujar Ria.

Febrialin selaku Kepala Dinas Usaha Kecil Mikro dan Koperasi (UKMK) mengatakan, berbagai produk inovasi masyarakat hasil karya pelajar, guru, akademisi, hingga masyarakat umum dilombakan dalam kegiatan itu. “Ada tera kiloaan minyak goreng secara otomatis, kerjanya cepat 9 detik selesai,” ujar dia.

Inovasi lainnya alat pendeteksi kebocoran gas dalam ruangan, pemadam kebakaran, tenaga listrik alternatif, dan lain-lain. Kali ini ada 10 peserta ikut perlombaan, dan diharapkan tahun depan jumlahnya bisa lebih banyak.
Lomba bertujuan menseleksi peserta lomba yang sama untuk tingkat nasional yang rencananya digelar Juni nanti di Pekanbaru. Pemenang lomba merupakan seleksi terbaik untuk diikutsertakan dalam ajang tersebut.(rnd)

One thought on “Siswa-Akademisi Adu Teknologi Ciptaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s